Pengembangan dan Validasi Media Audiovisual Big Book Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Keterampilan Menyimak di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Rully Irawati Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Farida Nugrahani Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Veronika Unun Pratiwi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6926

Keywords:

big book, keterampilan menyimak, media audiovisual, taman kanak-kanak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media audiovisual big book bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa Taman Kanak-kanak. Metode penelitian menggunakan model R&D Borg and Gall yang dimodifikasi, dengan fokus pada integrasi pendidikan karakter dalam media. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi dari 3 validator ahli, guru, dan siswa. Validasi media dilakukan oleh ahli media, materi, dan bahasa. Efektivitas media diukur dengan uji-t sampel independen dalam desain eksperimen dua kelompok. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual big book layak dan efektif meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Media ini juga dinilai dibutuhkan oleh guru dan siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Pengembangan media ini diharapkan menjadi inovasi pembelajaran menyimak di Taman Kanak-kanak, memperkuat pendidikan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rully Irawati, Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

Farida Nugrahani, Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

Veronika Unun Pratiwi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Adistiarachma, N., & Alia, D. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Al-Abyadh, 7(1), 35–41.

Al-Ma’ruf, A. I., Arifin, Z., & Nugrahani, F. (2024). Exploring Ethical Frontiers: Moral Dimensions in the Tapestry of Contemporary Indonesian Literature. Studies in English Language and Education, 11(1), 587–604. https://doi.org/10.24815/siele.v11i1.35142

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodjijah, I., & Takwin, B. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Ayu, D. P., Iriyanto, T., & Damayani Twinsari, R. (2020). Media Big Book Portable berbasis Audio-visual dalam Pembelajaran Tematik pada Anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–27.

Brown, H. D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Pearson Education, Inc, 28.

Cahyani, R. P., Samawi, A., & Maningtya, R. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Audiovisual Tentang Tata Cara Berwudhu Untuk Anak Tk Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 117–122. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28281

Cresswell, J. W. (2014). Research Design. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Sage.

Cusnaki, A., & Syamsudin, A. (2022). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini melalui Permainan Blind Ball. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2544–2552. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1994

Ermiwati, S., & Mayar, F. (2023). Pengembangan Video Animasi Putri Tujuh untuk Penanaman Nilai Karakter di Taman Kanak-Kanak Melati. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 8019–8034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5308

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research (An Introduction). Pearson Education.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY?: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Kuku, A., & Arsyad, L. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook terhadap Kemampuan Menyimak Anak TK Al-Wathaniyah Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.20

Lamere, N., Asdam, M., & Angreani, A. V. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunakan Metode Listening on Action Dan Teknik Rangsang Teks Rumpang Melalui Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 35 Makassar. Klasikal?: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3(2), 51–60. https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i2.97

Lestari, E. P., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(2), 182–201. https://doi.org/10.36709/jpkim.v9i1.75

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana.

Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 12.

Maharani, N. P. L., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Media Big Book: Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 56–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58055

Mirnawati, L. B., Faradita, M. N., & Anggraenie, B. T. (2023). Pengembangan Media Big Book Tema Kebersamaan dalam Mendukung Pembelajaran Keterampilan Menyimak Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 2023: Prosiding Conference of Elementary Studies (CES) 2023, 1, 401–410.

Munar, A. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207

Nugrahani, F., Pratiwi, V. U., Widayati, M., Purbosari, P. M., Supyan, I. S., Mudawanah, S., & Sofyan, A. S. (2024). The Importance of Parents Understanding of Parenting and Its Relevance to Early Childhood Character Building. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH), 2(5), 541–552.

Nugrahani, F., Widayati, M., & Imron, A. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Film. Jurnal Belajar Bahasa, 4(1).

Nurhasanah, S., & Zunidar. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3497–3504. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1123

Oktariana, R., & Herlina, W. Y. (2020). Analisis Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B TK Bungong Seuleupok Syiah Kuala Banda Aceh Berbantukan Media Audio Visual. Jurnal Buah Hati, 7(2), 224–236. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1169

Oktavia, A. D., & Jupri, A. R. (2022). Penggunaan Media Film Animasi Kartun Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Tentang Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 846–852. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2664

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Pratiwi, V. U., Andayani, Winarni, R., & Anindyarini, A. (2022). Digital Storybook to Transform Character Education of Local Wisdom Figures for Elementary School Students. Journal of Social Studies Education Research, 13(4), 250–264.

Pratiwi, V. U., Nugrahani, F., Widayati, M., Purbosari, P. M., & Lindriany, J. (2024). Training On Making Pop-Up Book Media Based On Punokawan Stories In Embedding Student Character. International Journal of Community Care of Humanity (IJCCH) Vol, 2(03), 252–259.

Putri, A. A. A. D. (2019). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini Mengenai Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246–250. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/23233/14266

Rizanti, R. P., Hidayatullah, S., Indonesia, S., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2024). Pengaruh Model Membaca Interaktif melalui Media Big Book terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Huruf Alfabet. 5(2), 268–281. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.846

Rizkiya, D. F., Azhar, A. P., & Latifah, N. (2023). Penggunaan Media Audiovisual Pada Keterampilan Menyimak Vidio Dongeng Kelas III SDN Pegadungan 02 Pagi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 4857–4866.

Rossy, Rini, C. O., & Enawar. (2024). Pengaruh Media Audiovidual Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III SDN Sindangsari III Kabupate Tangerang. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1681–1687.

Rupnidah, R. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58.

Sabillah, B. M. (2020). Peningkatan keterampilan menyimak cerita fiksi anak menggunakan media audio pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu Ii Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 28–38.

Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067

Suarsana, I. M., Lestari, I. A. P. D., & Mertasari, N. M. S. (2019). The effect of online problem posing on students’ problem-solving abilitiy in mathematics. International Journal of Instruction, 12(1), 809–820. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12152a

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD). Alfabeta.

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suriadi, Kamil, & Mujahidin. (2019). Pendidikan Karakter Anak Dalam Keluarga. Jurnal Madaniyah, 9(2), 251–267.

Tarigan, H. G. (2013). Menyimak?: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2012). Product Design and Development. In International Editions: McGraw-Hill.

Wahfiyah, I. Al, & Pamungkas, J. (2023). Membentuk Karakter Anak Usia Dini: Integrasi Segitiga Cinta Maiyah dalam Inovasi Kurikulum. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7214–7230. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5685

Wahono, W., Retnasari, H., & Machmudah, M. (2023). Media Audio Visual?: Pendampingan Guru dan Orang Tua Untuk Optimalisasi Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7800–7799. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5786

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Winanto, Farida, N., & Suwarto. (2024). Pengaruh Keterampilan Menyimak Media Audio Visual Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas X AKL 1 SMK Sultan Agung Tirtomoyo. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, XV. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/4488

Yudhitiar, N., Sundari, N., & Mashudi, E. A. (2024). Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Berbasis Media Big Book Interaksional sebagai Solusi Gangguan Speech Delay. 5(2), 562–575. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.824

Downloads

Published

08-04-2025

How to Cite

Irawati, R., Nugrahani, F., & Pratiwi, V. U. (2025). Pengembangan dan Validasi Media Audiovisual Big Book Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Keterampilan Menyimak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 888–904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6926

Issue

Section

Articles