Manajemen Strategis Program Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Afrida Afrida Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Amir Masruhim Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Akhmad Akhmad Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6916

Keywords:

Program Sekolah Penggerak, PAUD, Keterlibatan Orang Tua, Evaluasi, Berkelanjutan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan manajemen strategik Program Sekolah Penggerak Pendidikan Anak Usia Dini (PSP PAUD) mulai dari perencanaan strategik, pelaksanaan program sekolah penggerak, sampai evaluasi dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan mengumpulkan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah penggerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PSP PAUD  berhasil meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan anak melalui keterlibatan aktif guru dan orang tua, serta kolaborasi antar sekolah, (2) Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan sumber daya, teknologi, dan pemahaman program, (3) Evaluasi menyeluruh diperlukan untuk mengukur efektivitas program dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, termasuk hasil belajar (4) Langkah strategis, seperti pelatihan guru, peningkatan infrastruktur, dan sosialisasi kepada orang tua, penting untuk memperkuat pelaksanaan program, (5) Pengembangan kurikulum dan rencana keberlanjutan juga diperlukan untuk memastikan keberhasilan dan keberlanjutan program dalam jangka panjang. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan program sekolah penggerak dalam kualitas pendidikan anak usia dini dan perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, M. I. (2023). Asesmen dan Evaluasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. At- Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1.

Agusnawati, R., Nurfadillah, Wiradama, N., & Muktamar, A. (2024). Efektivitas Evaluasi Strategi dalam Manajemen Pengendalian Mutu Organisasi. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.69693/ijim.v2i1.148

Agustiningsih, R., Dardiri, A., & Suardiman, S. P. (2024). Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak di Era Digital. Jurnak Pendidikan Anak, 3.

Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif pendidikan multikultural. FOUNDASIA, 13(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444

Basri, D., & Suryana, D. (2023). Analisis Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4126

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Journal of Chemical Information and Modeling, 53.

Elok Endang Rasmani, U., Siti Wahyuningsih, Jumiatmoko, J., Eka Nurjanah, N., Agustina, P., Kristiani Wahyu Widiastuti, Y., Diah Putri Nazidah, M., & Ayu Sekar Prashanti, N. (2023). Pentingnya Guru Penggerak bagi Guru PAUD dalam Eksistensi Kurikulum Merdeka. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.257

Fatmawiyati, J., & Permata, R. S. R. E. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD. Flourishing Journal, 2(8). https://doi.org/10.17977/um070v2i82022p567-582

Fitriawati. (2024). Pentingnya Pelatihan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Kini. Jurnal Pendidikan Tematik, 5.

Hermawan, H., Alfat, L., Anwar, C., Rahmat, R., & Makarena, M. R. K. (2024). Pelatihan Kompetensi Guru PAUD Khairani Tangerang Selatan dalam Pembuatan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Google Slides. Jurnal Ikraith-Abdimas, 3. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i3.4402

Hibana, Adinda, W. N., & Samiaji, M. H. (2021). Manajemen Lembaga Paud Konsep, Karakteristik, Dan Implementasi Manajemen Paud. In CV. Rumah Kreatif Wadah Kelir.

Hidayah, H., Sutarto, J., & Aeni, K. (2023). Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692

Kartini, K. (2023). Keterlibatan Orang Tua dalam Program PAUD Di TK IT Insan Kamil Nanga Pinoh. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i2.1291

KEMENDIKBUD. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas (1st ed.). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/download/2022/Pedoman_Umum_Penyelenggaraan_PAUD_Berkualitas.pdf

Lestari, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Tinjauan Kritis dari Perspektif Guru. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15582

Livianti, L., Chaniago, N. S., & Sari, W. (2024). Implementasi Analisis SWOT dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Swasta An-Nizam Medan. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial , Ekonomi, Dan Pendidikan, 1.

Miles, M.B & Huberman, A. . (1994). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis (2nd Edition). In Sage Publications (Issue 2nd Edition).

Mumu, M., Majid, A., & Rohyana, A. (2019). Hubungan Kualitas Kerja Sama Sekolah Dan Orang Tua Dengan Intensitas Usaha Belajar Siswa Di Smp Negeri Kota Tasikmalaya. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v1i1.980

Nababan, M. L., Gaol, N. T. L., & Agustina, W. (2023). Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Pengelolaan Lembaga Pendidikan AnakUsia Dini pada Era 4.0. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 5. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/6879

Okello, M. (2023). The Role of Parents in Their Children’s Education. African Journal of Education and Practice, 9(1). https://doi.org/10.47604/ajep.1883

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods. Thousand Oaks. Cal.: Sage Publications.

Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua dalam Program Sekolah di TK Khalifah. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2).

Prasetyo, N., & Hidayati, N. (2024). Analisis SWOT Pentingnya Fasilitas dan Layanan Lembaga Keuangan Bank Konvensional di Kecamatan Singojuruh. Momentum: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 13. https://doi.org/10.58472/momentum.v13i2.158

Purnama, D. T., Chainar, C., & Niko, N. (2021). Partisipasi masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia dalam melanjutkan pendidikan: Studi di perbatasan Aruk Kabupaten Sambas. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 6(2). https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i2.10459

Putra, Z. Z., Fuddah, L., Indriani, R., Wulandari, R., Mahardika, I. K., Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengaruh Teknologi Internet Dalam Perkembangan Karakter Siswa SMPN 3 Jember. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(24).

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Sava, I. B., & Harianto, S. (2024). Esensi Budaya Permainan Tradisional pada Anak-anak di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6030

Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira, 2. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854

Sirjon, Mamma, A. T., & Olua, E. (2023). Analisis Hambatan Penggunaan TIK dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid19 Tahap II di Papua. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3597

Stamatoglou, M. (2024). The role of play in early childhood education curricula in Greece and the world: A systematic literature review. Mediterranean Journal of Social & Behavioral Research, 8(1), 3–12. https://doi.org/10.30935/mjosbr/14184

Suharyat, Y., Nurhayati, S., Januliawati, D., Haryono, P., Muthi, I., & Zubaidi, M. (2023). Tantangan Pemberdayaan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3827

Suryati, L., Giatman, Maksum, H., & Ramadhani, S. (2022). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6.

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Wijayanti, E. T. N. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini di RA PAS Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo. Jurnal Cikal Cendekia.

Zamjani, Irsyad, Anindito Aditomo, Indah Pratiwi, and D. (2020). Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. In Pusat Penelitian Kebijkan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemdikbud.

Zuhro, N. S., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., & Winarji, B. (2023). Penerapan KSE dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Sekolah Penggerak di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4991

Downloads

Published

11-04-2025

How to Cite

Afrida, A., Masruhim, A., & Akhmad, A. (2025). Manajemen Strategis Program Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 972–982. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6916

Issue

Section

Articles