- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Representasi Edukasi dan Estetika Budaya dalam Cerita Rakyat Misteri Pulau Imam
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6911Keywords:
Cerita Rakyat, Edukasi dan Estetika, Misteri Pulau Imam, Budaya Maluku Utara.Abstract
Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang mencerminkan identitas suatu masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi nilai edukasi dan estetika budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Misteri Pulau Imam. Dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan metode analisis isi, penelitian ini menyoroti elemen-elemen budaya, pesan moral, serta estetika sastra dalam cerita tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerita Misteri Pulau Imam merepresentasikan nilai edukasi melalui pesan-pesan moral seperti keikhlasan, toleransi, gotong royong, dan kepedulian sosial. Dari sisi estetika, cerita ini menggambarkan keindahan tradisi , seperti praktik kuliner khas (gohu ikan), keunikan interaksi sosial, serta penggunaan simbol-simbol religius dan mistis. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya kajian budaya dan literasi lokal, sekaligus memperkuat pentingnya pelestarian cerita rakyat sebagai media pembelajaran dan pengembangan karakter.
Downloads
References
Agusta, A. R., Hanum, S., Simaremare, J. A., Wahab, A., Tobing, M. T., Owon, R. A. S., ... & Saputra, N. (2021). Inovasi pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=i8o5EAAAQBAJ
Djauhar, R. (2016). Misteri Pulau Imam. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://repositori.kemdikbud.go.id/4073/1/Cerita%20Misteri%20Pulau%20Imam%20comp.pdf
Effendi, T. N. (2013). Budaya gotong-royong masyarakat dalam perubahan sosial saat ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1–16. https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/download/23403/pdf
Endraswara, S. (2013). Metodologi penelitian sastra. Media Pressindo. https://digilib.uinsgd.ac.id/31676/1/Metodologi%20Penelitian.pdf
Eriksson, K., Strimling, P., Gelfand, M., Wu, J., Abernathy, J., Akotia, C. S., ... & Van Lange, P. A. (2021). Perceptions of appropriate responses to norm violations in 57 societies. Nature Communications, 12, Article 1481. https://www.nature.com/articles/s41467-021-21602-9
Fauzan, R., & Nashar, N. (2017). Mempertahankan tradisi, melestarikan budaya: Kajian historis dan nilai budaya lokal kesenian Terebang Gede di Kota Serang. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 3(1), 1–9. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/2882
Gunawan, H. (2018). Cerita rakyat Maluku: Kajian nilai budaya dan sosial. Jurnal Kebudayaan Indonesia, 12(1), 21–32.
Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi lisan sebagai media pembelajaran nilai sosial dan budaya masyarakat. Jurnal Ilmiah Fonema, 4(1), 48–66. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3232
Inawati, A. (2017). Strategi pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64. https://core.ac.uk/download/pdf/230724555.pdf
Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 26–41. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/190
Kustyarini, K. (2014). Sastra dan budaya. Likhitaprajna, 16(2), 1–13. https://www.neliti.com/publications/235006/sastra-dan-budaya
Masnunah, M., Saputra, S., & Wandiyo, W. (2023). Nilai moral dan nilai budaya cerita rakyat populer 34 provinsi karya Widya Ross: Kajian sosiologi sastra. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5837–5846. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6956
Mulder, N. (1990). Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongéng, dan lain-lain [Review of the book Folklor Indonesia by J. Danandjaja]. Journal of Southeast Asian Studies, 21(2), 439–440. https://doi.org/10.1017/S0022463400012766
Rondiyah, A. A., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2017). Pembelajaran sastra melalui bahasa dan budaya untuk meningkatkan pendidikan karakter kebangsaan di era MEA. Education and Language International Conference Proceedings, 1(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/elic/article/view/1230
Simanjuntak, J. (2020). Budaya dan moral dalam cerita rakyat sebagai media pendidikan karakter. Jurnal Etnopedagogi Indonesia, 8(2), 76–88.
Sodik, F. (2020). Pendidikan toleransi dan relevansinya dengan dinamika sosial masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372
Trisnasasti, A. (2020). Nilai-nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat Nusantara. Journal of Language Learning and Research, 3(2), 99–106. https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405
Wikayanto, A. (2018). Representasi budaya dan identitas nasional pada animasi Indonesia. International Conference ARTESH, 2018(3). https://www.researchgate.net/publication/329414296
Yusnan, M. (2022). Nilai pendidikan: Intertekstualitas dalam cerita rakyat Buton. Rena Cipta Mandiri. https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10713
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wiwin R Redjeb, Supartinah Supartinah, Setiawan Edi Wibowo, Iwan Irawan, Nur Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: