Representasi Edukasi dan Estetika Budaya dalam Cerita Rakyat Misteri Pulau Imam

Authors

  • Wiwin R Redjeb Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Supartinah Supartinah Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Setiawan Edi Wibowo Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Iwan Irawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Indonesia
  • Nur Amalia Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6911

Keywords:

Cerita Rakyat, Edukasi dan Estetika, Misteri Pulau Imam, Budaya Maluku Utara.

Abstract

Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang mencerminkan identitas suatu masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi nilai edukasi dan estetika budaya  yang terkandung dalam cerita rakyat Misteri Pulau Imam. Dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan metode analisis isi, penelitian ini menyoroti elemen-elemen budaya, pesan moral, serta estetika sastra dalam cerita tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerita Misteri Pulau Imam merepresentasikan nilai edukasi melalui pesan-pesan moral seperti keikhlasan, toleransi, gotong royong, dan kepedulian sosial. Dari sisi estetika, cerita ini menggambarkan keindahan tradisi , seperti praktik kuliner khas (gohu ikan), keunikan interaksi sosial, serta penggunaan simbol-simbol religius dan mistis. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya kajian budaya dan literasi lokal, sekaligus memperkuat pentingnya pelestarian cerita rakyat sebagai media pembelajaran dan pengembangan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiwin R Redjeb, Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta

Supartinah Supartinah, Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta

Dosen Universitas Negeri Yogyakarta

Setiawan Edi Wibowo, Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta

Dosen Universitas Negeri Yogyakarta

Iwan Irawan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Dosen Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

Nur Amalia, Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta

References

Agusta, A. R., Hanum, S., Simaremare, J. A., Wahab, A., Tobing, M. T., Owon, R. A. S., ... & Saputra, N. (2021). Inovasi pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=i8o5EAAAQBAJ

Djauhar, R. (2016). Misteri Pulau Imam. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://repositori.kemdikbud.go.id/4073/1/Cerita%20Misteri%20Pulau%20Imam%20comp.pdf

Effendi, T. N. (2013). Budaya gotong-royong masyarakat dalam perubahan sosial saat ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1–16. https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/download/23403/pdf

Endraswara, S. (2013). Metodologi penelitian sastra. Media Pressindo. https://digilib.uinsgd.ac.id/31676/1/Metodologi%20Penelitian.pdf

Eriksson, K., Strimling, P., Gelfand, M., Wu, J., Abernathy, J., Akotia, C. S., ... & Van Lange, P. A. (2021). Perceptions of appropriate responses to norm violations in 57 societies. Nature Communications, 12, Article 1481. https://www.nature.com/articles/s41467-021-21602-9

Fauzan, R., & Nashar, N. (2017). Mempertahankan tradisi, melestarikan budaya: Kajian historis dan nilai budaya lokal kesenian Terebang Gede di Kota Serang. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 3(1), 1–9. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/2882

Gunawan, H. (2018). Cerita rakyat Maluku: Kajian nilai budaya dan sosial. Jurnal Kebudayaan Indonesia, 12(1), 21–32.

Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi lisan sebagai media pembelajaran nilai sosial dan budaya masyarakat. Jurnal Ilmiah Fonema, 4(1), 48–66. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3232

Inawati, A. (2017). Strategi pengembangan moral dan nilai agama untuk anak usia dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64. https://core.ac.uk/download/pdf/230724555.pdf

Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 26–41. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/190

Kustyarini, K. (2014). Sastra dan budaya. Likhitaprajna, 16(2), 1–13. https://www.neliti.com/publications/235006/sastra-dan-budaya

Masnunah, M., Saputra, S., & Wandiyo, W. (2023). Nilai moral dan nilai budaya cerita rakyat populer 34 provinsi karya Widya Ross: Kajian sosiologi sastra. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5837–5846. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6956

Mulder, N. (1990). Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongéng, dan lain-lain [Review of the book Folklor Indonesia by J. Danandjaja]. Journal of Southeast Asian Studies, 21(2), 439–440. https://doi.org/10.1017/S0022463400012766

Rondiyah, A. A., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2017). Pembelajaran sastra melalui bahasa dan budaya untuk meningkatkan pendidikan karakter kebangsaan di era MEA. Education and Language International Conference Proceedings, 1(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/elic/article/view/1230

Simanjuntak, J. (2020). Budaya dan moral dalam cerita rakyat sebagai media pendidikan karakter. Jurnal Etnopedagogi Indonesia, 8(2), 76–88.

Sodik, F. (2020). Pendidikan toleransi dan relevansinya dengan dinamika sosial masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.372

Trisnasasti, A. (2020). Nilai-nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat Nusantara. Journal of Language Learning and Research, 3(2), 99–106. https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7405

Wikayanto, A. (2018). Representasi budaya dan identitas nasional pada animasi Indonesia. International Conference ARTESH, 2018(3). https://www.researchgate.net/publication/329414296

Yusnan, M. (2022). Nilai pendidikan: Intertekstualitas dalam cerita rakyat Buton. Rena Cipta Mandiri. https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10713

Downloads

Published

02-06-2025

How to Cite

Redjeb, W. R., Supartinah, S., Wibowo, S. E., Irawan, I., & Amalia, N. (2025). Representasi Edukasi dan Estetika Budaya dalam Cerita Rakyat Misteri Pulau Imam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1335–1345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6911

Issue

Section

Articles