Disiplin Positif dalam Meningkatkan Regulasi Emosi dan Perilaku Sosial Anak: Studi Kualitatif pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Magelang

Authors

  • Hermahayu Hermahayu Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Rasidi Rasidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Aning Az Zahra Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6909

Keywords:

Positive Discipline, Emotional Regulation, Early Childhood Social Behavior

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan disiplin positif dalam meningkatkan pengendalian emosi dan perilaku sosial anak usia dini. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua di PAUD Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin positif meningkatkan regulasi emosi anak, memperbaiki interaksi sosial, dan meningkatkan motivasi akademik. Namun, kendala seperti kurangnya pemahaman orang tua dan ketidakkonsistenan penerapan di rumah masih menjadi tantangan utama. Strategi efektif meliputi edukasi orang tua, kolaborasi sekolah dan keluarga, serta penerapan aturan fleksibel berbasis pemahaman anak. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan disiplin positif secara konsisten dapat mendukung pembentukan karakter mandiri, meningkatkan hubungan interpersonal, serta menciptakan lingkungan belajar kondusif di PAUD. Hasil ini dapat menjadi dasar bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam merancang intervensi berbasis disiplin positif guna mengoptimalkan perkembangan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almutairi, S., Scambler, S., & Bernabe, E. (2021). Family functioning and dental behaviours of pre-school children. Community Dental Health, 38(4), 235–240. https://doi.org/10.1922/CDH_00037Almutairi06

Candan, H. D., & Doğan, S. (2023). Effectiveness of the positive discipline program applied to parents of preschool children: A randomized-controlled trial. Journal of Pediatric Nursing, 72, e87–e97. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2023.06.013

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.

Denham, S. A., Bassett, H. H., & Zinsser, K. (2012). Early Childhood Teachers as Socializers of Young Children’s Emotional Competence. Early Childhood Education Journal, 40(3), 137–143. https://doi.org/10.1007/s10643-012-0504-2

Fulgencio, R. G., & Maguate, G. S. (2023). Awareness and Implementation of the Public Elementary School Teachers of the Positive Discipline Model: Basis for a Guidance Program. 06(08).

Gershoff, E. T., & Grogan-Kaylor, A. (2016). Spanking and child outcomes: Old controversies and new meta-analyses. Journal of Family Psychology, 30(4), 453–469. https://doi.org/10.1037/fam0000191

Jazriyah, H. H. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas dan Tingkat Kemandirian Terhadap Pengelolaan Emosi pada Anak Usia Dini: The Influence of Classroom Management and Level of Independence on Emotional Management in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2462

Lestari, F. G., & Aziz, T. (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Tingkah Laku Negatif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 886–882.

Meyer, D. K., & Schutz, P. A. (2020). Why talk about qualitative and mixed methods in educational psychology? Introduction to special issue. Educational Psychologist, 55(4), 193–196. https://doi.org/10.1080/00461520.2020.1796671

Murray, A. E. (2015). Study Evaluating a Cognitive Behavioral Play Intervention for Kindergarten Students with Externalizing Behaviors—Blacklight [Dissertation, Department of Educational Psychology, Counseling, and Special Education, The Pennsylvania State University]. https://etda.libraries.psu.edu/catalog/25813

Nur’zahra, A. N., & Wulandari, H. (2023). Analisis Permasalahan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini: Analysis Of Social Emotional Problems In Early Childhood. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no2.a8397

Nyumba, T. O., Wilson, K., Derrick, C. J., & Mukherjee, N. (2018). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution, 9(1), 20–32. https://doi.org/10.1111/2041-210X.12860

Oxley, L., & Holden, G. W. (2021). Three positive approaches to school discipline: Are they compatible with social justice principles? Educational and Child Psychology, 38(2), 71–81. https://doi.org/10.53841/bpsecp.2021.38.2.71

Rahma, S. A., Ikhsan, A. P. P., & Yemima, D. (2024). Dampak Pengabaian Orang Tua Terhadap Regulasi Emosi Anak. Jurnal Psikologi, 1(4), 18–18. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2649

Rasmini, N. W. (2023). Penyimpangan Perilaku Sosial-Emosional Anak pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal Korban Perceraian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5300

Ritonga, R. S., Nofianti, R., Arifin, D., & Patuzahra, S. (2024). Efektivitas Play Therapy dalam Pengendalian Emosi Anak Usia 3 sampai 5 Tahun. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 19–26. https://doi.org/10.36706/jkk.v11i1.14

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68

Setyawan, V. (2018). Keterampilan Sosial Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku Di Sekolah Inklusi. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 7(6), Article 6.

Sumiati, C., & Patilima, H. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Disiplin Positif Pada Anak Tk. Journal of Early Childhood Education (JECE), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/jece.v5i1.34415

Wijaya, P. R., Noviyanti, A. I., & Hidayanto, N. E. (2024). Implementasi Disiplin Positif untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1901

Yusmashfiyah, 17913107. (2019). Implentasi Disiplin Positif Dalam Pendidikan Parenting Berbasis Masyarakat Bagi Orang Tua Di Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta [Master Thesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17022

Downloads

Published

09-04-2025

How to Cite

Hermahayu, H., Rasidi, R., & Zahra, A. A. (2025). Disiplin Positif dalam Meningkatkan Regulasi Emosi dan Perilaku Sosial Anak: Studi Kualitatif pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Magelang . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 905–920. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6909

Issue

Section

Articles