- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengajar di Kelas Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6857Keywords:
anak usia dini, kompetensi pedagogik, PAUD inklusiAbstract
Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam memberikan stimulasi bagi perkembangan siswa di sekolah. Selama proses pembelajaran, guru memiliki berbagai tanggung jawab, terlebih ketika mengajar di sekolah inklusi, yang mana siswa tipikal dan atipikal belajar di satu kelas. Dengan adanya tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan guru kelas reguler, guru PAUD yang mengajar di kelas inklusi perlu memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kompetensi pedagogik guru PAUD yang mengajar di kelas inklusi. Partisipan penelitian mixed method ini adalah empat orang guru. Pengambilan data dilakukan dengan mengisi alat ukur, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa para guru memiliki kompetensi pedagogik yang tergolong baik. Namun, berdasarkan data kualitatif diketahui bahwa terdapat kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan terkait tipe anak berkebutuhan khusus, desain pembelajaran yang universal dan program pembelajaran individual, serta melatih kemampuan berkomunikasi positif.
Downloads
References
Adibah. (2019). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sumbula, 4(1), 108-128.
Agustin, I. (2019). Permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di sdn se-kecamatan soko kabupaten tuban. Elementary School Educational Journal, 3(2), 17- 26. http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i2.3104
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23-30.
Amir, M. T. (2022). Role of leaders’ positive communication in facilitating change.
Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 6(1), 87-96.
Anggraini, E. S. (2022). Peningkatan kompetensi keprofesionalan guru PAUD. Jurnal Usia dini, 8(2), 110-118. https://doi.org/10.24114/jud.v8i2.41474
Apriyanti, H. (2017). Pemahaman guru pendidikan anak usia dini terhadap perencanaan pembelajaran tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111- 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22
Arriani, F., Agustiyawati, Rizki., A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti. T. (2022). Panduan pelaksanaan pendidikan inklusif. Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Penelitian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Begum, A. (2016). Inclusive education: Issues and challenges. Scholarly Research Journal of Interdisciplinary Studies, 4(35), 6563-6571.
Bengtsson, M. (2016). How to plan and perform a qualitative study using content analysis. NursingPlus Open, 2. 8-14. https://doi.org/10.1016/j.npls.2016.01.001
Chauhan, N., & Mantry, S. (2018). Inclusive education: Need of the day. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 7(10), 24-32.
Creswell, J. W. (2022). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson.
Damayanti, T., Hamdan, S. R., & Khasanah, A. N. (2017). Kompetensi guru dalam proses pembelajaran inklusi pada guru sd negeri kota bandung. SCHEMA: Journal of Psychological Research, 3(1), 79-88.
Fadilah, N. (2015). Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran ppkn untuk pencapaian kompetensi sikap spiritual dan sosial peserta didik. (Studi deskriptif analitis di smp negeri 1 pekanbaru). Universitas Pendidikan Indonesia.
Festiyed, F., & Iswari, M. (2018). The in-deep study problems organizers inclusive education of medium school in learning science in padang. Journal of International Conference on Special Education in Southeast Asia Region, 2(2). http://dx.doi.org/10.17977/um005v2i22018p112
Indriani, F. D., & Kuswanto. (2021). Pengaruh latar belakang pendidikan dan kompetensi guru paud terhadap proses pembelajaran. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 218-225. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i2.8261
Komariyah, S. N., Bagaskorowati, R., & Lianty, L. (2017). Pemahaman guru terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif wilayah kepulauan seribu. Jurnal Parameter, 29(2). https://doi.org/10.21009/parameter.292.09
Lestari, Y. A., & Purwanti, M. (2018). Hubungan kompetensi pedagogik, profesional, dan kepribadian pada guru sekolah nonformal x. Jurnal Kependidikan, 2(1), 197-208. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v2i1.10207
Margiani, K., Mundiarti, V., & Bali, E. N. (2021). Pemahaman guru tentang komunikasi positif dan pengaruhnya terhadap perilaku guru. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2), 131- 138.
Nada, R. K. (2022). Studi Analisis Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Inklusi SD Internasional Islamic School Yogyakarta. Jurnal As Sibyan: Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, 5(1), 56-78.
NAEYC. (2020). Developmentally appropriate practice national association for the education of young children position statement. NAEYC National Governing, April.
Nurramadhani, A. Z., Pratama, K. P. S., Amelia, L., Kusuma, A., & Erika, F. (2024). Literature review: Universal Design for Learning (UDL) approach of chemistry learning in inclusion schools. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 12(6), 1324- 1337. https://doi.org/10.33394/hjkk.v12i6.13636
Nurrochmah, S., & Sontani, U. T. (2020). Kontribusi kompetensi terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 14-30. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Rahman, A. (2022). Analisis pentingnya pengembangan kompetensi guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455-8466. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3726
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, & Mauizdati, N. (2022). Peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak pada masa golden age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905-4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Tan, E. H. F., & Mohamad, Z. S. (2019). Early intervention services for special needs children: An exploration of the effectiveness of early special education in malaysia. Psychological Research and Intervention, 2(1), 11-20.
Whetzel, D. L., Sullivan, T. S., & McCloy, R. A. (2020). Situational judgment tests: An overview of development practices and psychometric characteristics. Personal Assessment and Decisions, 6(1), 1-16. https://doi.org/10.25035/pad.2020.01.001
Yufiarti., Yetti, E., Juriana., & Jafar, F. S. (2022). PAUD inklusi sebagai implementasi dari pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia, 1(1), 87-103.
Yusuf, M., Choiri, S., & Gunarhadi. (2018). The effectiveness of inclusive education and child protection training on understanding inclusive education subject matter. Journal of International Conference on Special Education in Southeast Asia Region, 2(1), 82- 87.
Zulfikri., & Marwan. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi dan Implementasinya pada Profesionalisme Guru. Jurnal Kebangsaan, 9(17), 13-23.