Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini

Sita Husnul Khotimah(1Mail), Titin Sunaryati(2), Sri Suhartini(3),
(1) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam AlHikmah Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
(3) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam AlHikmah Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Sita Husnul Khotimah

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Download Full Text:   [File Size  : 490KB]  Language : ID
Received : 2020-07-26  |  Published : 2020-08-09

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Media gambar dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak di Raudhatul Athfal (RA) Annajmah Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan sesuatu teknik pembelajaran yang diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat tercapai. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan prosedur tindakan sebagai berikut, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar anak setelah mengikuti pelaksanaan kegiatan dengan media gambar pada siklus 1 yang mulanya hanya mencapai 70% mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni mencapai 84%. Hal ini menunjukkan bahwa media gambar dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak kelompok B di RA Annajmah Kebayoran Lama


Keywords


konsentrasi belajar; media gambar; anak usia dini

References


Amir, Almira. 2016. “Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Eksakta 2(1):34–40.

Aviana, Ria, and Fatichatul Fitria Hidayah. 2015. “Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang.” Jurnal Pendidikan Sains 03:1–4.

Dewi, Kurnia. 2017. “Pentingnya Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2):1–4.

Dwi P, R. A., and FX. M. Subagio. 2013. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tema Tanaman Dan Binatang Di Sekolah Dasar [The Use of Image Media to Improve Learning Proccess in Animal and Tree Themes in Elementary Schools.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(2):1–19.

Emda, Amna. 2011. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Didaktika 12(1):149.

Erwiza, Erwiza, Sri Kartiko, and Gimin Gimin. 2019. “Factors Affecting the Concentration of Learning and Critical Thinking on Student Learning Achievement in Economic Subject.” Journal of Educational Sciences 3(2):205.

Falahudin, Iwan. 2014. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran.” Jurnal Lingkar Widyaiswara 1(4):104–17.

Fauziah, Nadia. 2013. “Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak.” Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUD NI 8(1):23–30.

Febriani, Fricilia, Syafdaningsih Syafar, and Rukiyah. 2019. “PENGEMBANGAN PERMAINAN PESAN BERANTAI UNTUK KONSENTRASI ANAK DI KELOMPOK A TK KARTIKA II-1 PALEMBANG.” Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD.

Febriyantika, Fenny P. 2013. “Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Word Square (PTK Pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Suarakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013).”

Godvany, Nilla, I. Gede Nuryana, and Gede Gunatama. 2014. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Kegiatan Belajar Di Luar Kelas Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 6(1).

Gusmita, Dewi Elia. 2018. “Penggunaan Media Gambar Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Di PAUD WITRI 1 Kota Bengkulu.” Instititut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hasanah, Ummi, Riska Ahmad, and Yeni Karneli. 2017. “Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa.” International Conseling and Education Seminar 143–48.

Julianto, I. Nyoman Larry, I. Wayan Agus, Eka Cahyadi, and Cokorda Alit Artawan. 2019. “Interaktivitas Warna Sebagai Rangsang Visual Pada Ruang Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 – 3 Di Kota Denpasar.” Seminar Nasional Sandyakala 56–64.

Latifah, Khuzaimatul, and Zainal Habib. 2014. “Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan Guru Mengajar Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 11(1):15–22.

Lestariningrum, Anik. 2017. “Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini.” Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan Iv 81–87.

Madiarti. 2013. “Summary for Policymakers.” Pp. 1–30 in Climate Change 2013 - The Physical Science Basis. Vol. 53, edited by Intergovernmental Panel on Climate Change. Cambridge: Cambridge University Press.

Miftahillah. 2017. “Relasi Pendidikan Orang Tua Dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Kabupaten Pasuruan.” Proceedings Ancoms (110):920–31.

Nurhayani, Evana, and Masengut Sukidi. 2013. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Sekolah Dasar Pekanbaru.” JPGSD2 1(2):44.

Nuryana, Aryati. 2010. “Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak.” Indigenous, Ilmiah Berkala Psikologi VOl.12 No.:88–98.

Rahmawati, Lisa Nor, Pitadjeng, and Nursiwi Nugraheni. 2014. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Melalui Kepala Bernomor Terstruktur Berbantuan Media Audio Visual.” Joyful Learning Journal 2(5):10–17.

Setiani, Amalia Cahya, Ninik Setyowani, and Kusnarto Kurniawan. 2014. “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling 3(1):39–44.

Simatupang, Dorlince, Rizki Ramadhani, and Mariana Putri Manurung. 2019. “An Effort to Increase the Concentration of Children at 5-6 Years Old Using the Storytelling Methods at ST Theresia Kindergarten Binjai T . A 2014 / 2015.” 0:68–74.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):103.

Wanti, Andi Sri Wahyu, and Hasnawi Haris. 2013. “Peranan Media Gambar (Visual) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP N 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa.” Journal of Petrology 369(1):1689–99.

Zaman, Badru, M. Pd, and Hj Cucu Eliyawati. 2010. “Media Pembelajaran Anak Usia Dini.” Media Pembelajaran Anak Usia Dini 34.


Article Metrics

 Abstract Views : 154 times
 PDF Downloaded : 40 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.