- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Mendongeng dengan Media Boneka dalam Mengembangkan Karakter Prososial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6806Keywords:
Efektivitas Mendongeng, Karakter prososial, Anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah strategi mendongeng dapat mengembangkan karakter prososial anak usia dini dan mendeskripsikan bagaimana strategi mendongeng diterapkan di BA Aisyiyah Dagas. Subyek dalam penelitian ini adalah 13 anak (8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan),berusia 4-5 tahun yang terdaftar sebagai siswa pada tahun 2024/2025 dan seorang guru perempuan. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan karakter prososial pada anak Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik penelitian kualitatif, yang merupakan proses mencari dan menyusun data secara sistematis yang diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan dan studi dokumentasi. Dan kebaruan dalam penelitian ini terletak pada pendekatan intervensi mendongeng yang dirancang untuk menumbuhkan sifat prososial secara spesifik, memberikan kontribusi unik yang belum banyak diteliti.
Downloads
References
Agustin, N. L. F. B., Muthohar, S., & Hasanah, S. (2023). Penggunaan Metode Mendongeng Kreatif dalam Meningkatkan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 876–885.
Angelia, N., Afiati, E., & Conia, P. D. D. (2022). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Berburu Harta Karun untuk meningkatkan Perilaku Prososial anak usia dini. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 70–83.
Apriani, D. (2023). Manfaat dan Tujuan Mendongeng dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di Balai Layanan Perpustakaan DPAD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). SIGNIFICANT: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(02), 78–87.
Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358–366.
Ardhiani, N. R., & Darsinah, D. (2023). Strategi Pengembangan Perilaku Prososial Anak dalam Menunjang Aspek Sosial Emosional. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 540–550.
Fardani, R. (2023). Pengaruh Aktivitas Mendongeng Terhadap Kecerdasan Linguistik Dan Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 23–32.
Farhani, R., Suwandi, S. A., Putri, S. A., & Siregar, M. (2023). Persepsi Guru Terhadap Pengaruh Dongeng Pada Otak Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 1–10.
Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng sebagai media penanaman karakter pada anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 95–105.
Herwati, J. C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Mendongeng pada Anak Usia Dini di PAUD Siera Pertiwi. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 207–2019.
Jurahman, Y. D. (2022). Implementasi Mendongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Penanaman Karakter Anak Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 161–167.
Kartini, K., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2022). Metode mendongeng kisah nabi dalam penanaman moral anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 13–28.
Kartini, N. (2020). Efektivitas Mendongeng dalam Meningkatkan Empati Anak (Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School). UIN Ar-Raniry.
Latifah, S. A., Sutejo, S., & Suprayitno, E. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dan Pesan Edukatif dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(2).
Mahzumah, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Moral Anak Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Usia 3-4 Tahun Di Pos Paud Hasanah Terpadu Kecamatan Sambikerep Surabaya.
Maknun, L., & Adelia, F. (2023). Penerapan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Di Mi/Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(1), 34–41.
Martiyani, S. (2019). Hubungan Kemampuan Komunikasi Verbal dengan Keterampilan Sosial Anak Ditinjau dari Attachment Orangtua dengan Anak. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Rufaedah, E. A., & Masruroh, L. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Prososial Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 400–413.
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3550–3557.
Salamah, S. (2019). Bercerita dengan buku bergambar sebagai media peningkatan keterampilan literasi dini. Jurnal Universitas Ahmad Dahlan.
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24–39.
Shofwan, A. M. S. (2022). Manfaat Dan Tujuan Mendongeng Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tila (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 2(2), 270–280.
Sinaga, R. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31–37.
Sulastri, N. M., Maharani, J. F., & Sarilah, S. (2020). Mendongeng bersama anak sebagai upaya pencegahan covid-19. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 34–38.
Syafrina, R. (2020). Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(2), 83–85.
Trisnawati, A., & Karta, I. W. (2024). Pengaruh Metode Mendongeng Menggunakan Boneka Jari Dan Metode Bercerita Menggunakan Kartu Bergambar Terhadap Perkembangan Bicara Anak. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(1), 20–29.
Utomo, S. B. (2013). Mendongeng dalam perspektif pendidikan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 3(01).