- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Metode Belajar dengan Loose Part dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6805Keywords:
Loose Part, Bermain Kreatif, Anak Usia DiniAbstract
Melalui studi ini, diharapkan bisa didapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai penggunaan Loose Part sebagai pendekatan pembelajaran yang efisien dalam meningkatkan ketertarikan belajar anak-anak yang masih berusia dini. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini melalui metode belajar dengan Loose Part. PTK dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kenaikan yang signifikan, terutama antara siklus I dan II, menggarisbawahi pentingnya perbaikan berkelanjutan dalam metode pembelajaran. Kolaborasi yang erat antara pendidik dan orang tua berperan krusial dalam mendukung dan meningkatkan minat belajar anak. Selain itu, pendekatan melalui metode penggunaan Loose Part dalam pembelajaran membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode belajar dengan menggunakan media Loose Part dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang efektivitas metode belajar dengan Loose Part dan menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik dan orang tua.
Downloads
References
Ahmad Karisman, V. (2021). Program Outdoor education dalam mengembangkan Sosial Skills. Journal of Physical and Outdoor Education, 3(2), 194–199. https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i2.195
Ateş, A. (2021). The Relationship Between Parental Involvement in Education and Academic Achievement: A Meta-analysis Study. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(3), 50–66. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00
Casey, T., & Robertson, J. (n.d.). Loose Parts Play: A toolkit. Scottist Goverment.
Duncan, G., Kalil, A., Mogstad, M., & Rege, M. (2023). Investing in early childhood development in preschool and at home. In Handbook of the Economics of Education (Vol. 6, pp. 1–91). https://doi.org/10.1016/bs.hesedu.2022.11.005
Engelen, L., Wyver, S., Perry, G., Bundy, A., Chan, T. K. Y., Ragen, J., Bauman, A., & Naughton, G. (2018). Spying on children during a school playground intervention using a novel method for direct observation of activities during outdoor play. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 18(1), 86–95. https://doi.org/10.1080/14729679.2017.1347048
Hammond, L. D., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development in the evolution of human and non-human animals. Learning Policy Institute, June.
Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513
Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi (Creativity Development Through Exploration). Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05
Hill, M., & McCoy, R. (2018). The Impact of Play-Based Learning on Early Childhood Development. Early Childhood Education Journal, 46(4), 341–349. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0897-5.
Istanti, E., Debibik, D. N. F., & Rina, R. S. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4-5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5035
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Juliandini, A. I., Rahman, T., & Respati, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf
Kahn Jr., P. H. (2022). In moral relationship with nature: Development and interaction. Journal of Moral Education, 51(1), 73–91. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.2016384
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 451–461. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/158
Loppies, M., Kulyasin, & Ayesma, P. (2024). The Effectiveness of the Problem Based Learning Model on Elementary School Students’ Mathematics Learning Outcomes. Journal of Indonesian Primary School, 1(2), 27–31. https://doi.org/10.62945/jips.v1i2.91
Mariyati, L. I., Fahmawati, Z. N., Indahyanti, U., Pertiwi, B. P., & Putra, R. J. P. (2024). Enhancing Childrens Cognitive Abilities Through “Jelajah Alam†Apllication : Promoting Well-being. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 435–446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5680
Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Napitu, I. R. S., & Cendana, W. (2024). Penerapan Metode Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Penguasaan Kosakata Dan Sikap Percaya Diri …. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan …, 5(April), 74–79. http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/1929
Pradipta, K. N. Y., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Project Based Learning Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 375–384. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47545
Pratiwi, N., Nurani, Y., & Novianti, R. (2023). Implementation of Project-Based Play Activities in Early Childhood Character Stimulation. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 18(2), 126–130. https://doi.org/10.21009/jiv.1802.7
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Rahmanda, I., & Zulkarnaen, Z. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua dalam Jam Belajar Sekolah Usia 4-5 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.428
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46
Ulfa, J. S. (2016). Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa DI MTS Mazaakhirah Baramuli Kelas VIII Pinrang. SAO Jurnal, 1–23. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/view/1709
Vandenplas-Holper, C. (1993). Theories of developmental psychology. Behavioural Processes, 29(1–2), 155–156. https://doi.org/10.1016/0376-6357(93)90081-2
Wortham, S. (2005). Learning identity: The joint emergence of social identification and academic learning. Learning Identity: The Joint Emergence of Social Identification and Academic Learning, 1–305. https://doi.org/10.1017/CBO9780511810015
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zikra, A. (2021). Analisis Penggunaan E-learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Bhayangkari Tapaktuan [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20492/
Zulkarnaen, Z., Wardhani, J. D., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951