Efektivitas Metode Belajar dengan Loose Part dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Parmi Parmi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Zulkarnaen Zulkarnaen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6805

Keywords:

Loose Part, Bermain Kreatif, Anak Usia Dini

Abstract

Melalui studi ini, diharapkan bisa didapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai penggunaan Loose Part sebagai pendekatan pembelajaran yang efisien dalam meningkatkan ketertarikan belajar anak-anak yang masih berusia dini. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini melalui metode belajar dengan Loose Part. PTK dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kenaikan yang signifikan, terutama antara siklus I dan II, menggarisbawahi pentingnya perbaikan berkelanjutan dalam metode pembelajaran. Kolaborasi yang erat antara pendidik dan orang tua berperan krusial dalam mendukung dan meningkatkan minat belajar anak. Selain itu, pendekatan melalui metode penggunaan Loose Part dalam pembelajaran membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode belajar dengan menggunakan media Loose Part dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang efektivitas metode belajar dengan Loose Part dan menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik dan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Karisman, V. (2021). Program Outdoor education dalam mengembangkan Sosial Skills. Journal of Physical and Outdoor Education, 3(2), 194–199. https://doi.org/10.37742/jpoe.v3i2.195

Ateş, A. (2021). The Relationship Between Parental Involvement in Education and Academic Achievement: A Meta-analysis Study. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(3), 50–66. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00

Casey, T., & Robertson, J. (n.d.). Loose Parts Play: A toolkit. Scottist Goverment.

Duncan, G., Kalil, A., Mogstad, M., & Rege, M. (2023). Investing in early childhood development in preschool and at home. In Handbook of the Economics of Education (Vol. 6, pp. 1–91). https://doi.org/10.1016/bs.hesedu.2022.11.005

Engelen, L., Wyver, S., Perry, G., Bundy, A., Chan, T. K. Y., Ragen, J., Bauman, A., & Naughton, G. (2018). Spying on children during a school playground intervention using a novel method for direct observation of activities during outdoor play. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 18(1), 86–95. https://doi.org/10.1080/14729679.2017.1347048

Hammond, L. D., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development in the evolution of human and non-human animals. Learning Policy Institute, June.

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi (Creativity Development Through Exploration). Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05

Hill, M., & McCoy, R. (2018). The Impact of Play-Based Learning on Early Childhood Development. Early Childhood Education Journal, 46(4), 341–349. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0897-5.

Istanti, E., Debibik, D. N. F., & Rina, R. S. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4-5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5035

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Juliandini, A. I., Rahman, T., & Respati, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf

Kahn Jr., P. H. (2022). In moral relationship with nature: Development and interaction. Journal of Moral Education, 51(1), 73–91. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.2016384

Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 451–461. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/158

Loppies, M., Kulyasin, & Ayesma, P. (2024). The Effectiveness of the Problem Based Learning Model on Elementary School Students’ Mathematics Learning Outcomes. Journal of Indonesian Primary School, 1(2), 27–31. https://doi.org/10.62945/jips.v1i2.91

Mariyati, L. I., Fahmawati, Z. N., Indahyanti, U., Pertiwi, B. P., & Putra, R. J. P. (2024). Enhancing Childrens Cognitive Abilities Through “Jelajah Alam†Apllication : Promoting Well-being. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 435–446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5680

Marlina, S., Qolbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturrida Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Imiah Potensia, 5(2), 83–90.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Napitu, I. R. S., & Cendana, W. (2024). Penerapan Metode Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Penguasaan Kosakata Dan Sikap Percaya Diri …. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan …, 5(April), 74–79. http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/1929

Pradipta, K. N. Y., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Project Based Learning Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 375–384. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47545

Pratiwi, N., Nurani, Y., & Novianti, R. (2023). Implementation of Project-Based Play Activities in Early Childhood Character Stimulation. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 18(2), 126–130. https://doi.org/10.21009/jiv.1802.7

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500

Rahmanda, I., & Zulkarnaen, Z. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua dalam Jam Belajar Sekolah Usia 4-5 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.428

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Ulfa, J. S. (2016). Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa DI MTS Mazaakhirah Baramuli Kelas VIII Pinrang. SAO Jurnal, 1–23. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/view/1709

Vandenplas-Holper, C. (1993). Theories of developmental psychology. Behavioural Processes, 29(1–2), 155–156. https://doi.org/10.1016/0376-6357(93)90081-2

Wortham, S. (2005). Learning identity: The joint emergence of social identification and academic learning. Learning Identity: The Joint Emergence of Social Identification and Academic Learning, 1–305. https://doi.org/10.1017/CBO9780511810015

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zikra, A. (2021). Analisis Penggunaan E-learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Bhayangkari Tapaktuan [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20492/

Zulkarnaen, Z., Wardhani, J. D., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model Pembelajaran Project Based Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951

Downloads

Published

19-02-2025

How to Cite

Parmi, P., & Zulkarnaen, Z. (2025). Efektivitas Metode Belajar dengan Loose Part dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 253–262. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6805

Issue

Section

Articles