- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Tantangan Belajar dan Sosial Anak dengan Disleksia di Panti Asuhan : Studi Fenomenologi dengan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6763Keywords:
Dyslexia, Interpretative phenomenological analysis (IPA), Orphanages, Learning Challenges, Social ChallengesAbstract
Disleksia adalah kondisi yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis anak, yang menjadi lebih kompleks bagi anak di panti asuhan akibat keterbatasan fasilitas dan dukungan individu. Penelitian ini mengisi kesenjangan studi sebelumnya yang lebih banyak berfokus pada perspektif guru, orang tua, dan pengasuh dengan mengeksplorasi pengalaman langsung anak-anak dengan disleksia di panti asuhan. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA), penelitian ini melibatkan enam partisipan berusia 7–12 tahun melalui wawancara mendalam. Hasilnya mengidentifikasi lima tema utama: tantangan belajar, strategi coping, hubungan sosial, dukungan lingkungan, serta aspirasi dan harapan. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran interaktif, dukungan sosial positif, dan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak dengan disleksia di panti asuhan. Temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan menjadi landasan kebijakan pendidikan yang mendukung kebutuhan anak dengan disleksia di panti asuhan.
Downloads
References
Abdalloh, F., & Kusumawati, I. R. (2024). Pemenuhan Hak Anak Oleh Panti Asuhan Di Kabupaten Jombang. Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 7(1), 133–156. https://doi.org/10.21111/jicl.v7i1.11354
Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 995. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3564
Adinda, A., & Afrida, Y. (2024). Peran Pengurus Panti Asuhan dalam Menunjang Keberlanjutan Pendidikan Anak di Panti Asuhan An-Nur Pasanehan Candung. Journal Innovation In Education, 2(1), 89–98. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i1.844
Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 152–158. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.452
Asih, S. R., Riska, N., & Alim, J. A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7974
Azhari, M. F., Helmi, J., & Syarif, A. (2023). Pendampingan Pendidikan Panti Asuhan Attan’im di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. EL-MADANI, 1(1), 37–56. https://journal.marwah-madani-riau.id/index.php/EMDN/article/view/73
Diego, L. A. B. (2017). Friends with Benefits: Causes and Effects of Learners’ Cheating Practices During Examination. IAFOR Journal of Education, 5(2). https://doi.org/10.22492/ije.5.2.06
Eatough, V., & Smith, J. A. (2017). Interpretative Phenomenological Analysis. The Sage Handbook of Qualitative Research in Psychology, 193-209. https://www.torrossa.com/en/resources/an/5018781#page=226
Finanda, H. T., & Syam, H. (2023). Peran Pengurus Panti Asuhan dalam Menunjang Keberlanjutan Pendidikan Anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Cingkariang. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1215
Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035
Handayani, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 06(01). https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/916
Hukul, K., Jumaeda, S., & Husein, S. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.882
Isya, D., Ramadhan, S., & Syarifuddin, S. (2022). Gerakan Literasi Bahasa Arab Di SDIT Imam Sya-Fi’i. eL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 11–22. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i1.780
Janaris, A., Syamsudduha, S., & Jamilah, J. (2024). The Influence of the Application of Vygotsky’s Theory on Primary School Students’ Learning Outcomes in Natural Sciences Learning in Sumbawa Besar Regency. Pinisi Journal of Education, 4(2), 254–261. https://journal.unm.ac.id/index.php/PJE/article/view/1644
Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.12
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50–56. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1435
Oktafiani, E. (2023). Komunikasi Pada Keluarga Dalam Motivasi Belajar (studi Kasus Pada Keluarga Anak Disleksia Di Kabupaten Sleman). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60973/
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Permatasari, G., Ernawati, D., & Anggoro, S. D. (2021). Pengaruh Terapi Bermain (mewarnai) Terhadap Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Physical Distancing Di RW 03 Kelurahan Kedungdoro Kecamatan Tegalsari Surabaya. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i2.255
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693
Rahmah, S. (2016). Masalah-Masalah yang dialami Anak Panti Asuhan dalam Penyesuaian Diri dengan Lingkungan. ResearchGate. https://doi.org/10.24036/02014332993-0-00
Rahmawati, E., Marhayani, D. A., & Wijaya, A. K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Menulis Karangan Dintinjau Dari Kepercayaan Diri siswa kelas IV SDN 23 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 332–343. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2574
Rahmawati, E., & Muhroji, M. (2024). Pengaruh Media Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1408–1413. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1103
Rani, S. (2022). Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Anak Kelas Iii Di Sd Negeri 24 Kota Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9694/
Safitri, T. A., & Rahmawati, F. M. (2024). Analisis SWOT Panti Asuhan Aisyiyah Putri Yogyakarta. Community Development Journal. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13534
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Saiful, A., & Witono, H. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Anak Disleksia Kelas 3 di SDN 31 Cakranegara. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2716
Shaywitz, S. E., Shaywitz, J. E., & Shaywitz, B. A. (2020). Dyslexia in the 21st Century. Current Opinion in Psychiatry, 34((2)), 80–86.
Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative Phenomenological Analysis: Theory, Method and Research. SAGE Publications Ltd, 6(4), 346–347. https://doi.org/10.1080/14780880903340091
Smith, J. A., & Shinebourne, P. (2012). Interpretative Phenomenological Analysis. Dalam APA handbook of research methods in psychology, Vol 2: Research designs: Quantitative, qualitative, neuropsychological, and biological (hlm. 73–82). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/13620-005
Snowling, M. J., Hulme, C., & Nation, K. (2020). Defining and Understanding Dyslexia: Past, Present and Future. Oxford Review of Education, 46(4), 501–513. https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1765756
Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590
Ullumiya, U. (2024). Learning Motivation of Aisyiyah Sidoarjo Orphanage Students: A Case Study at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage. ResearchGate. https://doi.org/DOI: 10.21070/ups.2684
Wibowo, M. W., & Susanto, D. Y. (2014). Dinamika Dukungan Sosial Pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Indigenous Psychology. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), Article 1. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/230
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rasyid Ridlo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: