Tantangan Belajar dan Sosial Anak dengan Disleksia di Panti Asuhan : Studi Fenomenologi dengan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6763

Keywords:

Dyslexia, Interpretative phenomenological analysis (IPA), Orphanages, Learning Challenges, Social Challenges

Abstract

Disleksia adalah kondisi yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis anak, yang menjadi lebih kompleks bagi anak di panti asuhan akibat keterbatasan fasilitas dan dukungan individu. Penelitian ini mengisi kesenjangan studi sebelumnya yang lebih banyak berfokus pada perspektif guru, orang tua, dan pengasuh dengan mengeksplorasi pengalaman langsung anak-anak dengan disleksia di panti asuhan. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA), penelitian ini melibatkan enam partisipan berusia 7–12 tahun melalui wawancara mendalam. Hasilnya mengidentifikasi lima tema utama: tantangan belajar, strategi coping, hubungan sosial, dukungan lingkungan, serta aspirasi dan harapan. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran interaktif, dukungan sosial positif, dan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak dengan disleksia di panti asuhan. Temuan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan menjadi landasan kebijakan pendidikan yang mendukung kebutuhan anak dengan disleksia di panti asuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Rasyid Ridlo, Psikologi Pendidikan, Universitas Airlangga

master students of educational psychology

References

Abdalloh, F., & Kusumawati, I. R. (2024). Pemenuhan Hak Anak Oleh Panti Asuhan Di Kabupaten Jombang. Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 7(1), 133–156. https://doi.org/10.21111/jicl.v7i1.11354

Adella, M., & Lestari, M. R. D. W. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Anak Disleksia di Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 995. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3564

Adinda, A., & Afrida, Y. (2024). Peran Pengurus Panti Asuhan dalam Menunjang Keberlanjutan Pendidikan Anak di Panti Asuhan An-Nur Pasanehan Candung. Journal Innovation In Education, 2(1), 89–98. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i1.844

Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 152–158. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.452

Asih, S. R., Riska, N., & Alim, J. A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7974

Azhari, M. F., Helmi, J., & Syarif, A. (2023). Pendampingan Pendidikan Panti Asuhan Attan’im di Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. EL-MADANI, 1(1), 37–56. https://journal.marwah-madani-riau.id/index.php/EMDN/article/view/73

Diego, L. A. B. (2017). Friends with Benefits: Causes and Effects of Learners’ Cheating Practices During Examination. IAFOR Journal of Education, 5(2). https://doi.org/10.22492/ije.5.2.06

Eatough, V., & Smith, J. A. (2017). Interpretative Phenomenological Analysis. The Sage Handbook of Qualitative Research in Psychology, 193-209. https://www.torrossa.com/en/resources/an/5018781#page=226

Finanda, H. T., & Syam, H. (2023). Peran Pengurus Panti Asuhan dalam Menunjang Keberlanjutan Pendidikan Anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Cingkariang. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1215

Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035

Handayani, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 06(01). https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/916

Hukul, K., Jumaeda, S., & Husein, S. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat Ambon Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.882

Isya, D., Ramadhan, S., & Syarifuddin, S. (2022). Gerakan Literasi Bahasa Arab Di SDIT Imam Sya-Fi’i. eL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 11–22. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i1.780

Janaris, A., Syamsudduha, S., & Jamilah, J. (2024). The Influence of the Application of Vygotsky’s Theory on Primary School Students’ Learning Outcomes in Natural Sciences Learning in Sumbawa Besar Regency. Pinisi Journal of Education, 4(2), 254–261. https://journal.unm.ac.id/index.php/PJE/article/view/1644

Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.12

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50–56. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1435

Oktafiani, E. (2023). Komunikasi Pada Keluarga Dalam Motivasi Belajar (studi Kasus Pada Keluarga Anak Disleksia Di Kabupaten Sleman). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60973/

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Permatasari, G., Ernawati, D., & Anggoro, S. D. (2021). Pengaruh Terapi Bermain (mewarnai) Terhadap Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah Yang Menjalani Physical Distancing Di RW 03 Kelurahan Kedungdoro Kecamatan Tegalsari Surabaya. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i2.255

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Rahmah, S. (2016). Masalah-Masalah yang dialami Anak Panti Asuhan dalam Penyesuaian Diri dengan Lingkungan. ResearchGate. https://doi.org/10.24036/02014332993-0-00

Rahmawati, E., Marhayani, D. A., & Wijaya, A. K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Menulis Karangan Dintinjau Dari Kepercayaan Diri siswa kelas IV SDN 23 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 332–343. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2574

Rahmawati, E., & Muhroji, M. (2024). Pengaruh Media Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1408–1413. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1103

Rani, S. (2022). Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Anak Kelas Iii Di Sd Negeri 24 Kota Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9694/

Safitri, T. A., & Rahmawati, F. M. (2024). Analisis SWOT Panti Asuhan Aisyiyah Putri Yogyakarta. Community Development Journal. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13534

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938

Saiful, A., & Witono, H. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Anak Disleksia Kelas 3 di SDN 31 Cakranegara. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2716

Shaywitz, S. E., Shaywitz, J. E., & Shaywitz, B. A. (2020). Dyslexia in the 21st Century. Current Opinion in Psychiatry, 34((2)), 80–86.

Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative Phenomenological Analysis: Theory, Method and Research. SAGE Publications Ltd, 6(4), 346–347. https://doi.org/10.1080/14780880903340091

Smith, J. A., & Shinebourne, P. (2012). Interpretative Phenomenological Analysis. Dalam APA handbook of research methods in psychology, Vol 2: Research designs: Quantitative, qualitative, neuropsychological, and biological (hlm. 73–82). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/13620-005

Snowling, M. J., Hulme, C., & Nation, K. (2020). Defining and Understanding Dyslexia: Past, Present and Future. Oxford Review of Education, 46(4), 501–513. https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1765756

Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590

Ullumiya, U. (2024). Learning Motivation of Aisyiyah Sidoarjo Orphanage Students: A Case Study at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage. ResearchGate. https://doi.org/DOI: 10.21070/ups.2684

Wibowo, M. W., & Susanto, D. Y. (2014). Dinamika Dukungan Sosial Pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Indigenous Psychology. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), Article 1. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/230

Downloads

Published

04-04-2025

How to Cite

Ridlo, M. R., & Suryanto, S. (2025). Tantangan Belajar dan Sosial Anak dengan Disleksia di Panti Asuhan : Studi Fenomenologi dengan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 822–835. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6763

Issue

Section

Articles