- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Zoo Math Pack
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6748Keywords:
numerasi, zoo math pack, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi awal anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media Zoo Math Pack. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 16 anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Bina Bangsa. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi dan dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerasi awal anak usia 5-6 tahun setelah diberikan tindakan dengan media Zoo Math Pack. Pada Siklus 1, rata-rata capaian kemampuan numerasi awal anak sebesar 53%, yang termasuk dalam klasifikasi cukup, kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 87,5%, yang termasuk dalam klasifikasi sangat baik. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa media Zoo Math Pack terbukti dapat meningkatkan kemampuan numerasi awal anak usia 5-6 tahun. Oleh karena itu, media ini dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran bagi guru dalam pengajaran numerasi di sekolah. Penggunaan media yang menarik seperti Zoo Math Pack diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa di Indonesia, yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada peningkatan hasil PISA.
Downloads
References
Chalesworth, R. (2000). Experiences in Math for Young Children (4th ed.). Delmar Thomson Learning.
Coulier, D. T. D. d. L. J. (1999). Creative Curriculum for Early Chilhood (3rd ed.). Teaching Strategies.
Coulier. (1999). Creative Curriculum for Early Chilhood (3rd ed.). Teaching Strategies.
Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki
E.-M. a. S. B. F. Arce. (2013). Curriculum for Young Children: an Introduction. WADSWORTH Cengange Learning.
E. M. Arce. (2000). Curriculum for Young Children: An Introduction. Delmar Thomson Learning.
Gould, D. N. a. K. (1999). Emerging Child Development in the Fisrt Three Years. Social Science Press.
Henniger, M. L. (2013). Teaching Young Children: An Introduction. (5Th ed.). Pearson.
Latief, M dan Gewati, M. (2018). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatinkan, Solusinya? Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/21/09211381/kemampuan-matematika-siswa-indonesia-memprihatikan-solusinya
Napitupulu, E. L. (2018). Dunia Kian Butuh Kaum Muda yang Gandrungi Eksakta. Kompas. https://www.kompas.id/baca/utama/2018/06/27/dunia-kian-butuh-kaum-muda-yang-gandrungi-eksakta
Pengelola Web Kemdikbud. (2019). Menyongsong Generasi Emas 2045, Pemerintah Pusat dan Daerah Berupaya Tingkatan Budaya Literasi. kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/04/menyongsong-generasi-emas-2045-pemerintah-pusat-dan-daerah-berupaya-tingkatkan-budaya-literasi
Rae, P. (2007). Moving and Learning Across the Curriculum: More than 300 Games and Activities to make Learning Fun Aged 4-8. Thomson.
Riley, J. (2004). Learning in the Early Years: A Guide for Teacher of Children 3-7. Paul Chapman Publishing A Sage Publication Company.
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fidesrinur Fidesrinur, Nila Fitria, Astri Lestari, Eva Riza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: