Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Zoo Math Pack

Authors

  • Fidesrinur Fidesrinur Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia
  • Nila Fitria Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia
  • Astri Lestari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia
  • Eva Riza Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6748

Keywords:

numerasi, zoo math pack, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi awal anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media Zoo Math Pack. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 16 anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Bina Bangsa. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi dan dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerasi awal anak usia 5-6 tahun setelah diberikan tindakan dengan media Zoo Math Pack. Pada Siklus 1, rata-rata capaian kemampuan numerasi awal anak sebesar 53%, yang termasuk dalam klasifikasi cukup, kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 87,5%, yang termasuk dalam klasifikasi sangat baik. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa media Zoo Math Pack terbukti dapat meningkatkan kemampuan numerasi awal anak usia 5-6 tahun. Oleh karena itu, media ini dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran bagi guru dalam pengajaran numerasi di sekolah. Penggunaan media yang menarik seperti Zoo Math Pack diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa di Indonesia, yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada peningkatan hasil PISA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chalesworth, R. (2000). Experiences in Math for Young Children (4th ed.). Delmar Thomson Learning.

Coulier, D. T. D. d. L. J. (1999). Creative Curriculum for Early Chilhood (3rd ed.). Teaching Strategies.

Coulier. (1999). Creative Curriculum for Early Chilhood (3rd ed.). Teaching Strategies.

Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki

E.-M. a. S. B. F. Arce. (2013). Curriculum for Young Children: an Introduction. WADSWORTH Cengange Learning.

E. M. Arce. (2000). Curriculum for Young Children: An Introduction. Delmar Thomson Learning.

Gould, D. N. a. K. (1999). Emerging Child Development in the Fisrt Three Years. Social Science Press.

Henniger, M. L. (2013). Teaching Young Children: An Introduction. (5Th ed.). Pearson.

Latief, M dan Gewati, M. (2018). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatinkan, Solusinya? Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/21/09211381/kemampuan-matematika-siswa-indonesia-memprihatikan-solusinya

Napitupulu, E. L. (2018). Dunia Kian Butuh Kaum Muda yang Gandrungi Eksakta. Kompas. https://www.kompas.id/baca/utama/2018/06/27/dunia-kian-butuh-kaum-muda-yang-gandrungi-eksakta

Pengelola Web Kemdikbud. (2019). Menyongsong Generasi Emas 2045, Pemerintah Pusat dan Daerah Berupaya Tingkatan Budaya Literasi. kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/04/menyongsong-generasi-emas-2045-pemerintah-pusat-dan-daerah-berupaya-tingkatkan-budaya-literasi

Rae, P. (2007). Moving and Learning Across the Curriculum: More than 300 Games and Activities to make Learning Fun Aged 4-8. Thomson.

Riley, J. (2004). Learning in the Early Years: A Guide for Teacher of Children 3-7. Paul Chapman Publishing A Sage Publication Company.

Downloads

Published

04-04-2025

How to Cite

Fidesrinur, F., Fitria, N., Lestari, A., & Riza, E. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Zoo Math Pack. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 809–821. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6748

Issue

Section

Articles