Refleksi Perlindungan Hak Anak Butuh Kasih di Kota Gorontalo

Mutia Cherawaty Thalib(1Mail),
(1) Hukum, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Mutia Cherawaty Thalib

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.672

Download Full Text:   [File Size  : 503KB]  Language : ID
Received : 2020-07-19  |  Published : 2020-07-26

Abstract


Fenomena anak butuh kasih merupakan salah satu masalah di daerah yang memerlukan perhatian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perlindungan hak anak butuh kasih untuk mendapatkan pendidikan dengan memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban Anak Jalanan sebagian dari warga Negara, membekali Anak Butuh Kasih dengan pendidikan karakter dalam rangka membangun masa depan melalui pendekatan belajar sambil bermain melalui permainan dan membekali anak kalanan dengan keterampilan tentang kreativitas seni dalam membangun sikap kerja keras dan kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu eksistensi anak-anak butuh kasih adalah anak jalanan, anak korban penelantaran rumah tangga akibat perkawinan diluar nikah dan anak broken home, serta anak pekerja. Perlindungan preventif anak butuh kasih di Gorontalo adalah dengan menggunakan metode pendekatan yang tepat untuk anak, prosedur kerja yang meliputi pendidikan hukum bagi anak jalanan melalui metode sosialisasi, pendidikan karakter anak butuh kasih, dan kegiatan kreativitas seni anak butuh kasih


Keywords


anak usia dini; hak; perlindungan

References


Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Andari, S. (2016). Analisis terhadap Masterplan Penanganan Anak Jalanan. Jurnal PKS, 15(1), 77–88.

Apriza, A. (2017). Pengaruh Biblioterapi Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 105. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.21

Armita, P. (2018). Improving Street Children Welfare with Self Esteem Theory. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 15(4), 377–386. https://doi.org/10.31105/jpks.v15i4.1374

Arofat, S. (2014). Diskursus Peminggiran Anak Jalanan. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 3(1), 23–33. https://doi.org/10.15408/empati.v3i1.9760

Ashton, S. (2014). The Rights of Children and Young People in State Care. Educational Philosophy and Theory, 46(9), 1082–1088. https://doi.org/10.1080/00131857.2014.931432

Departemen Of Education. (2017). Education for Homeless Children and Youths Program Non-Regulatory Guidance (Vol. 2016, Issue March). United States Of America.

Drozdova, A. M., Gulakova, V. Y., Ivanchenko, E. A., Lesnichenko, I. P., & Tereshchenko, E. A. (2016). The current state of the system of mechanisms of realisation and protection of the rights of the child: Conceptual and legal aspects. International Journal of Environmental and Science Education, 11(18), 10713–10728.

Fiorvanti, C. M., & Brassard, M. R. (2014). Advancing Child Protection Through Respecting Children’s Rights: A Shifting Emphasis for School Psychology. School Psychology Review, 43(4), 349–366. https://doi.org/10.17105/SPR-13-0115.1

Herlina, A. (2014). Kehidupan anak jalanan di Indonesia : faktor penyebab, tatanan hidup dan kerentanan berperilaku menyimpang. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data Dan Informasi (P3DI) Sekretariat, 5, 145–155.

Howland, A., Chen, L., Chen, M., Min, M., Howland, A., Chen, L., Chen, M., & Exploring, M. M. (2017). Preventing School Failure : Alternative Education for Children and Youth Exploring socio-demographics , mobility , and living arrangement as risk factors for academic performance among children experiencing homelessness. 4387(June). https://doi.org/10.1080/1045988X.2016.1272541

Indriati, N. Y., Wahyuningsih, K. K., S, S., & S, S. (2018). Perlindungan dan Penemunuhan Hak Anak (Studi Tentang Orangtua Sebagai Buruh Migran Di Kabupaten Banyumas). Mimbar Hukum - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 29(3), 474. https://doi.org/10.22146/jmh.24315

Korth, B. B., Erickson, L., & Hall, K. M. (2009). Defining Teacher Educator Through the Eyes of Classroom Teachers. The Professional Educator, 33(1), 1–12. http://myaccess.library.utoronto.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/194687907?accountid=14771%5Cnhttp://bf4dv7zn3u.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ:educationalumni&rft_val_fmt=in

Laurensius Arliman S. (2016). Peranan Filsafat Hukum Dalam Perlindungan Hak Anak Yang Berkelanjutan Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia. Doctrinal, 1(2).

Menteri Dalam Mengeri dan Otonomi Daerah. (2001). Keputusan Menteri Dalam Negeri Dan Otonomi Daerah Nomor 5 Tahun 2001. Menteri Dalam Negeri Dan Otonomi Daerah. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis (Terjemah). UI Press.

Muench, K., Diaz, C., & Wright, R. (2017). Children and Parent Participation in Child Protection Conferences: A Study in One English Local Authority. Child Care in Practice, 23(1), 49–63. https://doi.org/10.1080/13575279.2015.1126227

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nott, B. D., & Vuchinich, S. (2016). Homeless Adolescents’ Perceptions of Positive Development: A Comparative Study. Child & Youth Care Forum, 45(6), 865–886. https://doi.org/10.1007/s10566-016-9361-2

Osler, A., & Solhaug, T. (2018). Children’s human rights and diversity in schools: Framing and measuring. Research in Comparative and International Education, 13(2), 276–298. https://doi.org/10.1177/1745499918777289

Presiden Republik Indonesia. (1974). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. 1–15.

Presiden Republik Indonesia. (1979). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak. Sekretaris Negara.

Presiden Republik Indonesia. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Seketariat Negara Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Kementerian Sektretariat Negara Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Vol. 4, Issue 1, pp. 1–12). Seketariat Negara.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 20. Seketariat Negara.

Rybski, D., Israel, H., Mshca, D. R., & Israel, H. (2018). Social Skills and Sensory Processing in Preschool Children Who are Homeless or Poor Housed Social Skills and Sensory Processing in Preschool Children Who are Homeless or Poor Housed. Journal of Occupational Therapy, Schools, & Early Intervention, 0(0), 1–12. https://doi.org/10.1080/19411243.2018.1523768

Swick, K. J., Williams, R., & Fields, E. (2014). Parenting While Being Homeless. Early Childhood Education Journal, 42(6), 397–403. https://doi.org/10.1007/s10643-013-0620-7

Wasiati, C. (2020). Partisipasi Orang Tua Terhadap Perlindungan Anak Sebagai Suatu bentuk Perlindungan Hak Asasi Manusia. Widya Pranata Hukum : Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 3(1), 119–144. https://doi.org/10.37631/widyapranata.v3i1.93

Young, S., McKenzie, M., Schjelderup, L., Omre, C., & Walker, S. (2014). What Can We Do to Bring the Sparkle Back into this Child’s Eyes? Child Rights/Community Development Principles: Key Elements for a Strengths-based Child Protection Practice. Child Care in Practice, 20(1), 135–152. https://doi.org/10.1080/13575279.2013.847052

Zuchowski, I., Miles, D., Woods, C., & Tsey, K. (2019). Continuous Quality Improvement Processes in Child Protection: A Systematic Literature Review. Research on Social Work Practice, 29(4), 389–400. https://doi.org/10.1177/1049731517743337


Article Metrics

 Abstract Views : 59 times
 PDF Downloaded : 25 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.