- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Ayah dalam Bedtime Story: Sarana Efektif Penanaman Nilai-Nilai Keislaman pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6639Keywords:
Bedtime Story, Nilai Keislaman, Peran AyahAbstract
Kebersamaan anak bersama ayah mempunyai dampak positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas kegiatan bercerita sebelum tidur yang dilakukan oleh ayah terhadap penanaman nilai-nilai Islami pada anak. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan member check. Data dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana melalui tiga tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bedtime story oleh ayah merupakan metode efektif dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada anak. Aktivitas ini juga berdampak positif pada hubungan kelekatan emosional antara ayah dan anak, mempererat ikatan emosional serta mendukung pengembangan karakter anak. Para ayah menyatakan metode ini efektif untuk penanaman nilai-nilai keislaman sekaligus memperkuat hubungan keluarga. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian tentang peran ayah dalam pendidikan karakter anak, khususnya melalui tradisi bercerita. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah mendorong ayah untuk lebih terlibat dalam kegiatan sehari-hari anak, seperti bedtime story, sebagai sarana pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai keislaman.
Downloads
References
Aerila, J.-A., Kauppinen, M., & Siipola, M. (2023). Parents’ Experiences on a Family Literacy Program in Finland. European Journal of Education and Pedagogy, 4(6). https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.6.762
Aritonang, S. D., Hastuti, D., & Puspitawati, H. (2020). Mothering, Father Involvement in Parenting, and Cognitive Development of Children Aged 2-3 Years in the Stunting Prevalence Area. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 38–48. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.38
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Bila, S., & Ramadhana, M. R. (2021). Komunikasi Orangtua-Anak Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Perbandingan Komunikasi Kelekatan Orangtua Asuh dan Orangtua Kandung). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 72–89. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.1007
Dhiu, K. D., Fono, Y. M., Ngao, T., & Rita, F. (2023). Optimasi Pola Pengasuhan Orang Tua: Fondasi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7204–7213. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5673
Elvia, F., Suyadi, S., Farijah, D., Najiha, N., & Rukmana, T. (2023). Penggunaan Metode Bercerita Islamiyah dalam Menanamkan Nilai Adab Makan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4479–4490. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3867
Faqihuddin, A., & Nugraha, R. H. (2023). Model Pendidikan Muslim Millennial Parents dalam Membina Akhlak Generasi Alpha. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7785–7799. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4884
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062
Hasanah, R. (2018). Kisah Islami Sebelum Tidur (Bedtime Stories) sebagai Penanaman Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 3(Volume 3, November 2018), 19–28. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/80
Hasbi, M., & Esa ganesha, R. (2020). Pengasuhan Positif (F. Amrullah, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Direktorat PAUD Kemdikbud. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/cms_9_20201109_115621.pdf
Hedo, D. J. P. K. (2020). Father Involvement di Indonesia (I. Hariastuti, Ed.; Vol. 1). Airlangga University Press.
Hendriani, W., Tedjadipura, A. A., Khaerunnisa, S. M., Khaerunnisa, S. M., Wulandari, P. Y., & Cahyono, R. (2024). Peran Ayah dalam Pengasuhan yang Memperkuat Resiliensi Digital Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 17(2), 132–145. https://doi.org/10.24156/jikk.2024.17.2.132
Hidayati, N. (2013, June 1). Dongeng Sebelum Tidur (Bedtime Stories) sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Seminar Nasional Psikologi UMS 2013. http://hdl.handle.net/11617/3985UC
Kemala, S., Erhamwilda, E., & Mulyani, D. (2022, July 29). Hubungan Kegiatan Bercerita sebelum Tidur dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Mekar Rahayu, RW 02. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.4085
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Kisna, N. A. W., & Junaidi, J. (2022). Proses Transformasi Nilai Sosial Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran oleh Guru IPS di SMP. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4). https://doi.org/10.24036/sikola.v3i4.184
Koelsch, L. E. (2013). Reconceptualizing the member check interview. International Journal of Qualitative Methods, 12(1). https://doi.org/10.1177/160940691301200105
Marwany, & Kurniawan, H. (2023). Mendongeng Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak (S. Wulandari, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615
Mil, S., & Qothrunnada, F. (2023). Pengaruh Pengasuhan Ayah terhadap Perilaku Insecure Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4752–4763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4877
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Edition 3 (3rd ed., Vol. 1). Sage.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Vol. cetakan 36 (edisi revisi). Remaja Rosdakarya.
Nursyahbani, C., Arbarini, M., & Pranoto, Y. K. S. (2023). Efikasi Diri Ayah dalam Keterlibatan Pengasuhan Anak Usia Dini Ditinjau dari Value of Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5045–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5121
Pidjar. (2018, March 27). Enam Manfaat Memberikan Bedtime Stories Kepada Anak. Pidjar.Com. https://pidjar.com/enam-manfaat-memberikan-bedtime-stories-kepada-anak/2094
Praditama, A. G., Kusmiatun, A., & Rahayu, D. H. (2023). Dongeng sebagai Media Pembentuk Karakter Anti Perundungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6764–6776. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4264
Ramadhani, F., Kholifah, U. N., Hektapujaya, R. G., & Iskandar, K. (2024). Ayah dan Pembentukan Karakter Anak Perempuan. International Conference On Tradition and Religious Studies, 591–599. https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/article/view/1231
Robinson, M. J., & Knobloch-Westerwick, S. (2017). Bedtime Stories that Work: The Effect of Protagonist Liking on Narrative Persuasion. Health Communication, 32(3), 339–346. https://doi.org/10.1080/10410236.2016.1138381
Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700
Sufiati, V., & Paramita, M. V. A. (2021). Bagaimana Literasi Dini dengan Cerita Sebelum Tidur? Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.32837
Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523
Widiastuti, S., & Cholimah, N. (2023). Berkisah untuk Mengembangkan Nilai Karakter Anak Usia Dini Menuju Era Sosiety 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4797
Writer, S. (2018). The Bedtime Story : A New Chapter. Indian Journal of Health and Wellbeing, 9(1). https://www.researchgate.net/publication/324506782_The_Bedtime_Story_A_New_Chapter