Pemerataan Akses Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini di Indonesia: A Scoping Review

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6450

Keywords:

anak usia dini, peluang, pendidikan inklusi, tantangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam memperluas akses pendidikan inklusi bagi anak usia dini di Indonesia. Metode yang digunakan adalah scoping review dengan seleksi artikel berbasis metode PRISMA. Terdapat 7 artikel yang dibahas pada penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan utama berupa kurangnya pelatihan guru, keterbatasan sarana dan prasarana, serta stigma masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK). Selain itu, kurikulum yang tidak fleksibel dan dukungan transportasi yang minim. Namun, peluang signifikan ditemukan melalui kebijakan pemerintah, peningkatan kualitas guru, dukungan dari komunitas lokal serta organisasi internasional. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi antara pihak terkait untuk menciptakan sistem pendidikan inklusi yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, M. Kemdikbudristek Dorong Pertumbuhan Jumlah Sekolah Inklusi. From JURNAS.com: https://www.jurnas.com/artikel/133548/Kemdikbudristek-Dorong-Pertumbuhan-Jumlah-Sekolah-Inklusi/

Arksey, H., & O’Malley, L. (2005). Scoping studies: Towards a methodological framework. International Journal of Social Research Methodology: Theory and Practice, 8(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/1364557032000119616

Baroroh, E., & Rukiyati, R. (2022). Pandangan Guru dan Orang Tua tentang Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3944–3952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi sebagai Alternatif Solusi mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Journal Ijtimaiya, 1(1), 23-38. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ijtimaia/article/viewFile/3099/2308

Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). MODEL LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA. In ANWARUL?: Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul

Kurniawati, R., Setyorini, W., Ahdaniyah, D. M., Buton, M., & Yunitasari, S. E. (2023). Kurikulum dan Pembelajaran Program Pendidikan Inklusi PAUD. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1307–1312. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1307-1312.2023

Mustika Dewi Muttaqien. (2023). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Of Disability Studies And Research, 2023(2), 12–23.

Nilamsari, N. (2018). Komunikasi Antarpribadi Orangtua Dan Guru Dalam Memahami Pendidikan Inklusi Di Tk Jasmien Jakarta Utara. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 71–82.

Nurhadipa, S., Ratna, P. L., Ulhasanah, N., & Andriani, O. (2023). Tantangan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Peraturan Perundangan Di Indonesia. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 148–154. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2353

Nur Maghfiroh, M., Septa Andika, D., Tyas Pratiwi, L., Nur Marcela, I., & Faza Afifah, A. (2022). Permasalahan yang Dihadapi dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314–318. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Paramansyah, H. A., Muhammad, M. M., & Parojai, R. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam Era Digital. www.freepik.com

Pasiningsih. (2024). Challenges In Implementing Inclusive Education In An Indonesian Kindergarten; A Case Study. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal , 12(1), 67–80. https://doi.org/10.21043/thufula.v11i2.25699

Rahmi, F. N., & Wijayanti, S. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Improving Teachers Capability To Implement Inclusive Education In Preschool Institutions. 6(1), 67–79. https://doi.org/10.25105/jamin.v6i1.18848

Sulistyadi, H. K. (2014). Kebijakan dan Manajemen Publik Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Inklusif di Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(1), 1–10. www.kominfo.jatimprov.go.id

Tarlam, A., Ernawati, & Azizah, F. (n.d.). Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tricco, A. C., Lillie, E., Zarin, W., O’Brien, K. K., Colquhoun, H., Levac, D., Moher, D., Peters, M. D. J., Horsley, T., Weeks, L., Hempel, S., Akl, E. A., Chang, C., McGowan, J., Stewart, L., Hartling, L., Aldcroft, A., Wilson, M. G., Garritty, C., … Straus, S. E. (2018). PRISMA extension for scoping reviews (PRISMA-ScR): Checklist and explanation. In Annals of Internal Medicine (Vol. 169, Issue 7, pp. 467–473). American College of Physicians. https://doi.org/10.7326/M18-0850

Utami, M. N., & Putra, W. B. (2020). Fasilitas Ruang Khusus pada Sekolah Inklusi Binar Indonesia (Bindo) di Bandung. Jurnal Arsitektur TERRACOTTA |, 2(1), 34–43.

Wahyu, E., & Indira, M. (2019). Kurikulum PAUD Inklusi Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES Seminar Nasional Pascasarjana.

Yuniarni, D., Linarsih, A., Miranda, D., Halida, H., & Seli, S. (2023). Persepsi Guru TK terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 629–636. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3615

Yunitasari, S. E., Farista, D., Palupi, D. I., Yusnita, E., & Rohmah, S. (2022). Strategi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Satuan Paud. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(12), 1063–1071. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i12.1397

Downloads

Published

01-04-2025

How to Cite

Asdhar, H. J., & Yoenanto, N. H. (2025). Pemerataan Akses Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini di Indonesia: A Scoping Review . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 779–788. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6450

Issue

Section

Articles