- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pemerataan Akses Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini di Indonesia: A Scoping Review
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6450Keywords:
anak usia dini, peluang, pendidikan inklusi, tantangan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam memperluas akses pendidikan inklusi bagi anak usia dini di Indonesia. Metode yang digunakan adalah scoping review dengan seleksi artikel berbasis metode PRISMA. Terdapat 7 artikel yang dibahas pada penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan utama berupa kurangnya pelatihan guru, keterbatasan sarana dan prasarana, serta stigma masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK). Selain itu, kurikulum yang tidak fleksibel dan dukungan transportasi yang minim. Namun, peluang signifikan ditemukan melalui kebijakan pemerintah, peningkatan kualitas guru, dukungan dari komunitas lokal serta organisasi internasional. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi antara pihak terkait untuk menciptakan sistem pendidikan inklusi yang berkelanjutan.
Downloads
References
Alim, M. Kemdikbudristek Dorong Pertumbuhan Jumlah Sekolah Inklusi. From JURNAS.com: https://www.jurnas.com/artikel/133548/Kemdikbudristek-Dorong-Pertumbuhan-Jumlah-Sekolah-Inklusi/
Arksey, H., & O’Malley, L. (2005). Scoping studies: Towards a methodological framework. International Journal of Social Research Methodology: Theory and Practice, 8(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/1364557032000119616
Baroroh, E., & Rukiyati, R. (2022). Pandangan Guru dan Orang Tua tentang Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3944–3952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi sebagai Alternatif Solusi mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Journal Ijtimaiya, 1(1), 23-38. Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ijtimaia/article/viewFile/3099/2308
Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). MODEL LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA. In ANWARUL?: Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul
Kurniawati, R., Setyorini, W., Ahdaniyah, D. M., Buton, M., & Yunitasari, S. E. (2023). Kurikulum dan Pembelajaran Program Pendidikan Inklusi PAUD. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1307–1312. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1307-1312.2023
Mustika Dewi Muttaqien. (2023). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Of Disability Studies And Research, 2023(2), 12–23.
Nilamsari, N. (2018). Komunikasi Antarpribadi Orangtua Dan Guru Dalam Memahami Pendidikan Inklusi Di Tk Jasmien Jakarta Utara. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 71–82.
Nurhadipa, S., Ratna, P. L., Ulhasanah, N., & Andriani, O. (2023). Tantangan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Peraturan Perundangan Di Indonesia. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 148–154. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2353
Nur Maghfiroh, M., Septa Andika, D., Tyas Pratiwi, L., Nur Marcela, I., & Faza Afifah, A. (2022). Permasalahan yang Dihadapi dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314–318. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
Paramansyah, H. A., Muhammad, M. M., & Parojai, R. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam Era Digital. www.freepik.com
Pasiningsih. (2024). Challenges In Implementing Inclusive Education In An Indonesian Kindergarten; A Case Study. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal , 12(1), 67–80. https://doi.org/10.21043/thufula.v11i2.25699
Rahmi, F. N., & Wijayanti, S. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Improving Teachers Capability To Implement Inclusive Education In Preschool Institutions. 6(1), 67–79. https://doi.org/10.25105/jamin.v6i1.18848
Sulistyadi, H. K. (2014). Kebijakan dan Manajemen Publik Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Layanan Pendidikan Inklusif di Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(1), 1–10. www.kominfo.jatimprov.go.id
Tarlam, A., Ernawati, & Azizah, F. (n.d.). Peningkatan Kualitas Guru PAUD Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Inklusif di Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. BAKTI MIFDA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Tricco, A. C., Lillie, E., Zarin, W., O’Brien, K. K., Colquhoun, H., Levac, D., Moher, D., Peters, M. D. J., Horsley, T., Weeks, L., Hempel, S., Akl, E. A., Chang, C., McGowan, J., Stewart, L., Hartling, L., Aldcroft, A., Wilson, M. G., Garritty, C., … Straus, S. E. (2018). PRISMA extension for scoping reviews (PRISMA-ScR): Checklist and explanation. In Annals of Internal Medicine (Vol. 169, Issue 7, pp. 467–473). American College of Physicians. https://doi.org/10.7326/M18-0850
Utami, M. N., & Putra, W. B. (2020). Fasilitas Ruang Khusus pada Sekolah Inklusi Binar Indonesia (Bindo) di Bandung. Jurnal Arsitektur TERRACOTTA |, 2(1), 34–43.
Wahyu, E., & Indira, M. (2019). Kurikulum PAUD Inklusi Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES Seminar Nasional Pascasarjana.
Yuniarni, D., Linarsih, A., Miranda, D., Halida, H., & Seli, S. (2023). Persepsi Guru TK terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 629–636. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3615
Yunitasari, S. E., Farista, D., Palupi, D. I., Yusnita, E., & Rohmah, S. (2022). Strategi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Satuan Paud. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(12), 1063–1071. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i12.1397
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Haztika Jihadania Asdhar, Nono Hery Yoenanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: