Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak
Rinda Nikenindiana Sukamto(1

(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Copyright (c) 2020 Rinda Nikenindiana Sukamto
Article Analytic |
Received : 2020-07-05 | Published : 2020-09-11
Article can trace at:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola asuh pada anak usia 4-8 tahun di kota Pontianak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang diteliti adalah 90 responden yang memiliki anak berusa 4-8 tahun yang ada di sekitar kota Pontianak. Data penelitian tersebut dikumpulkan dengan menggunakan angket yang di sebar secara online atau biasa di sebut google form. Hasil penelitian adalah dari 90 responden yang tersebar di kota Pontianak yang menerapkan pola asuh demokratis adalah sebesar 88,80% atau sekitar 80 responden yang menggunakan pola asuh demokratis, sedangkan pola asuh otoriter ada 4,44% atau sebanyak 4 responden dan untuk pola asuh permisif ada 4,44% atau sebanyak 6 responden. Hasil tersebut di dapat dari membandingkan ke tiga jenis pola asuh tersebut mana yang lebih dominan untuk gaya pengasuhannya. Dapat di simpulkan bahwa dari 90 responden 80 orang tua menerapkan pola asuh demokratis dalam pola asuh di Kota Pontianak.
Keywords
References
Bhayangkara, U., & Raya, J. (2020). Parenting , islamic moral and obedience. Yuarini Wahyu Pertiwi 1, Amirul Muminin 2, 6(1), 1628. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/psikis.v6i1.3921
Candra, A. N., Sofia, A., Anggraini, G. F., Lampung, F. U., Prof, J., & Brojonegoro, S. (n.d.). No Title, (1). https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dayak, M., & Kabupaten, H. (2017). Terhadap pendidikan anak, 7, 3348.
Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa, 8, 5060. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578
Education, E., Pola, H., Orang, A., Terhadap, T., Bahasa, P., Prasekolah, A., Guru, P. (2015). Jurnal paud tambusai, 1(6), 4248. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.54
Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat, 2(1), 7684.
Hasanah, N. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini Abstrak, 4(2), 913922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456
Hazizah, N. (2019).Permisivve parenting effect toward emotional development of early childhood. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.17
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 1928. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Kemandirian, D., Sd, A., & Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua , Kecerdasan Emosi , 3(01). https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364
Masni, H. (2016). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 5874.
Olla, M. B., Helena, N., Daulima, C., Susanti, Y., & Putri, E. (2018). Enfermera Clnica. Enfermera clnica, 28, 122125. https://doi.org/10.1016/S1130-8621(18)30050-0
Osborn, K., & White, B. L. (2018). Analisis faktor oprimalisasi golden age anak usia, 4(1), 4856.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Persepsi, P., Asuh, P., Setelah, P., Program, M., Ibu, S., Calon, D. A. N., & Banjarmasin, K. (2019). Perubahan persepsi pola asuh peserta setelah mengikuti program sekolah ibu dan calon ibu kota banjarmasin, 3(1), 1125.
Pratiwi, K. E. (2020). pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di sd negeri 38 Kota Parepare The Influence Of Parents on Children s Independence in Primary School 38 State Parepare City, 1(1).
Rahmah, S. (2019). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 13. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2369
Rakhmawati, I. (n.d.). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak, 6(1), 118. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037
Santosa, A. I., Rafli, Z., & Lustyantie, N. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman The Influence of Parenting Style and Language Attitude toward the Reading Comprehension Achievement, 18(April), 6980.
Sofiani, I. K., & Sumarni, T. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini Abstrak, 4(2), 766777. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300
Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). Pengaruh gawai dalam pola asuh orang tua terhadap anak usia dini ( Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis ), 11(1), 96113. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i104
Suteja, J. (2017). Dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Village, W., Regency, L., Nur, Y., & Sary, E. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in, 2(2), 137142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93
Vogt, W. (2015). Proportional Stratified Random Sample. Dictionary of Statistics & Methodology, 02(01). https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1534
Yunita, R., Syarifuddin, H., Fitria, Y., Padang, U. N., & Barat, S. (2020). Jurnal basicedu, 4(3), 571576. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu. v4i3.390
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.