Optimalisasi Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Penggunaan Aplikasi Sekolah Enuma

Authors

  • Dewinta Tri Suciawati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Aini Loita Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6357

Keywords:

anak usia dini, Aplikasi Sekolah Enuma, Keaksaraan

Abstract

Kemampuan keaksaraan menjadi hal yang sangat penting bagi anak karena dapat membantu anak untuk memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif, serta untuk berkomunikasi sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Aplikasi Sekolah Enuma terhadap perkembangan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design quasi eksperiment. Dalam penelitian ini, terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 6 anak, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik menggunakan uji t berpasangan. Hasil dari perhitungan uji t berpasangan dilihat dari rata-rata selisih antara pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 10,97 dan 4,16. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menerima perlakuan menggunakan Aplikasi Sekolah Enuma mengalami peningkatan yang lebih signifikan dalam kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Agustini, D. R., & Masudah, M. (2020). Pengaruh media dadu putar terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai

Anggraini, N. (2020). Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43–54. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187–196. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24544

Hapsari, P. N. F., Rahmawati, A., & Jumiatmoko, J. (2020). Hubungan Antara Relasi Guru-Anak Dengan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.42603

Harris, I., & Isyanti, S. (2021). Pengembangan Game Edukatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini. ASGHAR?: Journal of Children Studies, 1(1), 81–91. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4190

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Ismawati, N., Widayati, S., & Khumairoh, L. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 10–20. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.1986

Mangkuwibawa, H., Mufie, Z., & Aulia, D. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Permainan Memancing Huruf Pada Anak Usia Dini. In Gunung Djati Conference Series, 13(3), 51–59.

Pratiwi, A. W., & Mas’udah, M. (2019). PENGARUH Media Kartu Pintar terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A di TK Kenanga Lumbungsari Bululawang Malang. Jurnal PAUD Teratai, 08(3), 1–6.

Rahakabauw, H., & Budiarti, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini. 5, 5–8.

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Setyaningsih, U., Indrawati, I., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yusrina, S. H. (2021). Analisis Empat Aplikasi Game Edukasi Untuk Mengenalkan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 4-6 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Downloads

Published

31-03-2025

How to Cite

Suciawati, D. T., & Loita, A. (2025). Optimalisasi Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini melalui Penggunaan Aplikasi Sekolah Enuma . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 745–752. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6357

Issue

Section

Articles