Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak di TK Ihsan Kids

Authors

  • Eva Tri Nengsih Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Eddissyah Putra Pane Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Roki Hardianto Teknik Informatika, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Sri Wahyuni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6308

Keywords:

Learning media, ICT, Ispring Suite, Cognitive abilities, and Experiments

Abstract

Untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT (Ispring Suite) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ihsan Kids dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, yaitu kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, sebelum diberikan perlakuan (treatment) untuk kelas eksperimen dilakukan pretest terlebih dahulu setelah itu baru dilanjutkan dengan memberikan perlakukan sebanyak tiga kali pertemuan dan terakhir ditutup dengan posttes. Data yang diperoleh dari hasil pembelajaran pada kelas eksperimen yaitu memperoleh rerata skor 3,41 dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh skor 1,83 dengan kriteria  mulai berkembang (MB). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Withney. Hasil uji hipotesis yang diperoleh yaitu dengan Asymp sig.2 tailed 0,003. Dimana hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis ICT (Ispring Suite) terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Ihsan Kids.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Tarbawi, 6(2), 141–156. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970

Alexander, A., Rahayu, H.M., & Kurniawan, A.D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, 6(2). https://doi.org/10. 53958/wb.v6i12.104

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi. v4i1. 254

Gat. (2019). E-Learning: Mengembangkan Konten Standarisasi Scorm Dengan Ispring Suite. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknik Informatika.

Hamdanah, & Hasanuddin, I. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pare-pare: IAIN Pare Pare Nusantara Press.

Jurave, A. . (2019). Using The Ispring Sui Using The Ispring Suite Software To Evaluate Future Teachers’ Professional Competencies. Central Asian Problems of Modern Science and Education, 4(2), 752–759.

Kusuma, N. R., Mustami, M. K., & Jumadi, O. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 pada Konsep Sistem Ekskresi di Sekolah Menengah Atas. Universitas Makassar. https://doi.org/10.17977/um052v12i2p108-113

Marisa, Pribadi, B. A., Noviyanti, M., Ario, & Andayani. (2019). Komputer dan Media Pembelajaran. In Buku Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuraini, I., Sutama, S., & Narimo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar. Jurnal varidika, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220

Nurrahmawati, E. (2018). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3380

Odinokaya, M., & Zhigadlo, A. (2018). Ispring suite as a new tool of e-learning. In ?????. ??????????????. ??????????. ???????????: halaman 152157.

Oktavia, A., & Nuraeni, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Audiovisual. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 1–7.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini lampiran I, (2014).

Prasetyo, B. (2014). Metode penelitian kuantitatif teori dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Putri, A. A., & Reswita. (2021). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Pres

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di Sma Wisuda Kota Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194

Rochma, A. V., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Bakteri Untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 312–320.

Downloads

Published

01-04-2025

How to Cite

Nengsih, E. T., Pane, E. P., Hardianto, R., & Wahyuni, S. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak di TK Ihsan Kids. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 753–766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6308

Issue

Section

Articles