- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Kemampuan Kognitif pada Anak di TK Ihsan Kids
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6308Keywords:
Learning media, ICT, Ispring Suite, Cognitive abilities, and ExperimentsAbstract
Untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT (Ispring Suite) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ihsan Kids dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, yaitu kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, sebelum diberikan perlakuan (treatment) untuk kelas eksperimen dilakukan pretest terlebih dahulu setelah itu baru dilanjutkan dengan memberikan perlakukan sebanyak tiga kali pertemuan dan terakhir ditutup dengan posttes. Data yang diperoleh dari hasil pembelajaran pada kelas eksperimen yaitu memperoleh rerata skor 3,41 dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh skor 1,83 dengan kriteria mulai berkembang (MB). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Withney. Hasil uji hipotesis yang diperoleh yaitu dengan Asymp sig.2 tailed 0,003. Dimana hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis ICT (Ispring Suite) terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Ihsan Kids.
Downloads
References
Afifuddin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Tarbawi, 6(2), 141–156. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970
Alexander, A., Rahayu, H.M., & Kurniawan, A.D. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.
Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, 6(2). https://doi.org/10. 53958/wb.v6i12.104
Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi. v4i1. 254
Gat. (2019). E-Learning: Mengembangkan Konten Standarisasi Scorm Dengan Ispring Suite. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknik Informatika.
Hamdanah, & Hasanuddin, I. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pare-pare: IAIN Pare Pare Nusantara Press.
Jurave, A. . (2019). Using The Ispring Sui Using The Ispring Suite Software To Evaluate Future Teachers’ Professional Competencies. Central Asian Problems of Modern Science and Education, 4(2), 752–759.
Kusuma, N. R., Mustami, M. K., & Jumadi, O. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 pada Konsep Sistem Ekskresi di Sekolah Menengah Atas. Universitas Makassar. https://doi.org/10.17977/um052v12i2p108-113
Marisa, Pribadi, B. A., Noviyanti, M., Ario, & Andayani. (2019). Komputer dan Media Pembelajaran. In Buku Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nuraini, I., Sutama, S., & Narimo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar. Jurnal varidika, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220
Nurrahmawati, E. (2018). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3380
Odinokaya, M., & Zhigadlo, A. (2018). Ispring suite as a new tool of e-learning. In ?????. ??????????????. ??????????. ???????????: halaman 152157.
Oktavia, A., & Nuraeni, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Audiovisual. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 1–7.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini lampiran I, (2014).
Prasetyo, B. (2014). Metode penelitian kuantitatif teori dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Putri, A. A., & Reswita. (2021). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Pres
Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di Sma Wisuda Kota Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194
Rochma, A. V., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Bakteri Untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 312–320.
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Roki Hardianto Hardianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: