- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Penggunaan Gim Edukasi terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i2.6300Keywords:
website gim edukasi, motivasi belajar, pengenalan kosa kataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak media situs web permainan edukatif (arcademics.com) terhadap motivasi belajar dan keterampilan mengingat kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental yang mencakup pengamatan terhadap dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 42 anak berusia 4 hingga 6 tahun, dengan 21 anak dalam kelompok eksperimen dan 21 anak dalam kelompok kontrol. Metode pengumpulan data meliputi observasi, pengujian, survei, dan pendokumentasian, yang menghasilkan data deskriptif. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji sampel berpasangan digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media permainan edukatif secara signifikan memengaruhi motivasi belajar dan keterampilan pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini.
Downloads
References
Agung, G. (2023). Peningkatan kosakata bahasa inggris melalui gamesbagi siswa smp negeri 1 penebel. Journal Of Civil Society, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1705
Asmadi, A. (2022). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Proses Belajar Online. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 945–962. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.1048
Azizah, F. H. L., & Wardhani, J. D. (2022). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6245–6257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3325
Badawi, M., & Zumrotun, E. (2023). Pengaruh Media Arcademics terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di SD Miftahussadah. 14. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i2.1384
Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 124–130. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885
Dian Yuliani Paramita, P. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Implementasi Aplikasi E-Learning. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1799–1804. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.508
Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 03(June), 363–368. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1955
Faila Shofa, M. (2022). Dukungan Orang Tua dalam Bermain Gadget pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6469–6477. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2485
Gutierrez, A., Mills, K., Scholes, L., Rowe, L., & Pink, E. (2023). What do secondary teachers think about digital games for learning: Stupid fixation or the future of education? Teaching and Teacher Education, 133(June), 104278. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104278
Hidayat, A., & Nur, M. (2022). Game Animasi Animal Karambol Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5863–5872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3277
Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98
Indarini, A. D., & Rusnilawati, R. (2022). Media Terivestor Karakter Animasi untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5463–5475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3035
Jusslin, S., Korpinen, K., Lilja, N., Martin, R., Lehtinen-Schnabel, J., & Anttila, E. (2022). Embodied learning and teaching approaches in language education: A mixed studies review. Educational Research Review, 37(September), 100480. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100480
Khadijah, Pulungan, E. N., Hariati, R., & Maisarah. (2022). Developing the Educational Game Tool to Improve Reading Ability of Early Childhood. International Journal of Language Education, 6(1), 25–35. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i1.20145
Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198
Lee, S. H., & Aspiranti, K. B. (2023). Using multimodal educational apps to increase the vocabulary of children with and without reading difficulties. International Journal of Child-Computer Interaction, 36, 100579. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2023.100579
Leona, N. L., van Koert, M. J. H., van der Molen, M. W., Rispens, J. E., Tijms, J., & Snellings, P. (2021). Explaining individual differences in young English language learners’ vocabulary knowledge: The role of Extramural English Exposure and motivation. System, 96, 102402. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102402
Mahardika, E. K. (2022). Little Bee Circuit As A Stimulation Aspect of Early Childhood Development. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5641–5647. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2878
Mansur, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bervariasi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa. 1(2), 88–99. https://e-journal.staialgazalisoppeng.ac.id/index.php/pelita/article/view/20
Muir, R. A., Howard, S. J., & Kervin, L. (2024). Supporting early childhood educators to foster children’s self-regulation and executive functioning through professional learning. Early Childhood Research Quarterly, 67, 170–181. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.12.001
Mulyani, D., Intem, D. N., & Aziz, H. (2022). Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6450–6461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2976
Mulyani, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(03), 5–10. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.29
Rahmadani, P., & Muryanti, E. (2023). Pengaruh Game Edukasi “Secil†terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. As-Sabiqun, 5(4), 948–956. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3520
Rahmawati, H., & Muhroji, M. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6384–6394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176
Rifqi, A. H., Predina, S. S., & Rusdianto. (2024). Inovasi Pembelajaran : Exploting Arcademics Digital Games untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 161–169. http://repository.um.ac.id/id/eprint/4702
Rintaningrum, R., Mahfud, C., Trisyanti, U., Saifulloh, M., & Prasetyo, B. (2022). Home-Based Practical Parents Involvement in Assisting Children Learn English. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6429–6442. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3343
Riswanto, N. V., & Soraya, S. Z. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Desa Kadipaten Ponorogo. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 317. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4887
Rumpoko, A. U. T., & Diana, D. (2022). Kesiapan Kompetensi Guru PAUD dalam Menyongsong Pendidikan AUD di Era Society 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6641–6650. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3023
Sandri, P. R., Trisnadoli, A., & Nugroho, E. S. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Dasar untuk Anak TK. Smatika Jurnal, 9(02), 59–64. https://doi.org/10.32664/smatika.v9i02.384
Sari, C. A. P., Faridah, F., Kertapati, Y., & Chabibah, N. (2022). Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Game Online dengan Perilaku Agresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6559–6568. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1946
Taylor, G., Sala, G., Kolak, J., Gerhardstein, P., & Lingwood, J. (2024). Does adult-child co-use during digital media use improve children’s learning aged 0–6 years? A systematic review with meta-analysis. Educational Research Review, 44(September 2023), 100614. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2024.100614
Ummulkhair, H. N., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game Vocabulary Quiz Terhadap Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 155–162. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1921
Uti, H., Munir, & Said, S. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game pada Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring dan Luring di MTs N 1 Gorontalo. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 10–17. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/106
Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961–6969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2300
Wahyuni, S. R. I., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Indonesia, U. P., Upi, K., & Serang, D. I. (2021). Penerapan Game Edukasi Educandy Dalam Siswa Sd Kelas V Pada Materi Shape. https://repository.upi.edu/67715/1/S_PGSD_1700260_Title.pdf
Wardana, I. K., Sri Astuti, P., & Sukanadi, N. (2022). Sikap Kebahasaan Guru sebagai Pemodelan Pendidikan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6777–6790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2574
Wijayanto, B. P., & Widyasari, C. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit I My Body untuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6322–6331. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3287