Pengaruh Penggunaan Gim Edukasi terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Authors

  • Yulia Nurmasita Devi Pendidikan Nonformal, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia http://orcid.org/0009-0001-3789-2183
  • Sujarwo Sujarwo Pendidikan Nonformal, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Tristanti Tristanti Pendidikan Nonformal, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i2.6300

Keywords:

website gim edukasi, motivasi belajar, pengenalan kosa kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak media situs web permainan edukatif (arcademics.com) terhadap motivasi belajar dan keterampilan mengingat kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental yang mencakup pengamatan terhadap dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 42 anak berusia 4 hingga 6 tahun, dengan 21 anak dalam kelompok eksperimen dan 21 anak dalam kelompok kontrol. Metode pengumpulan data meliputi observasi, pengujian, survei, dan pendokumentasian, yang menghasilkan data deskriptif. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji sampel berpasangan digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media permainan edukatif secara signifikan memengaruhi motivasi belajar dan keterampilan pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yulia Nurmasita Devi, Pendidikan Nonformal, Universitas Negeri Yogyakarta

Student at Yogyakarta State University

References

Agung, G. (2023). Peningkatan kosakata bahasa inggris melalui gamesbagi siswa smp negeri 1 penebel. Journal Of Civil Society, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1705

Asmadi, A. (2022). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Proses Belajar Online. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 945–962. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.1048

Azizah, F. H. L., & Wardhani, J. D. (2022). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6245–6257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3325

Badawi, M., & Zumrotun, E. (2023). Pengaruh Media Arcademics terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di SD Miftahussadah. 14. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i2.1384

Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), 124–130. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885

Dian Yuliani Paramita, P. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Implementasi Aplikasi E-Learning. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1799–1804. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.508

Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 03(June), 363–368. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1955

Faila Shofa, M. (2022). Dukungan Orang Tua dalam Bermain Gadget pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6469–6477. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2485

Gutierrez, A., Mills, K., Scholes, L., Rowe, L., & Pink, E. (2023). What do secondary teachers think about digital games for learning: Stupid fixation or the future of education? Teaching and Teacher Education, 133(June), 104278. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104278

Hidayat, A., & Nur, M. (2022). Game Animasi Animal Karambol Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5863–5872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3277

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98

Indarini, A. D., & Rusnilawati, R. (2022). Media Terivestor Karakter Animasi untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5463–5475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3035

Jusslin, S., Korpinen, K., Lilja, N., Martin, R., Lehtinen-Schnabel, J., & Anttila, E. (2022). Embodied learning and teaching approaches in language education: A mixed studies review. Educational Research Review, 37(September), 100480. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100480

Khadijah, Pulungan, E. N., Hariati, R., & Maisarah. (2022). Developing the Educational Game Tool to Improve Reading Ability of Early Childhood. International Journal of Language Education, 6(1), 25–35. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i1.20145

Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198

Lee, S. H., & Aspiranti, K. B. (2023). Using multimodal educational apps to increase the vocabulary of children with and without reading difficulties. International Journal of Child-Computer Interaction, 36, 100579. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2023.100579

Leona, N. L., van Koert, M. J. H., van der Molen, M. W., Rispens, J. E., Tijms, J., & Snellings, P. (2021). Explaining individual differences in young English language learners’ vocabulary knowledge: The role of Extramural English Exposure and motivation. System, 96, 102402. https://doi.org/10.1016/j.system.2020.102402

Mahardika, E. K. (2022). Little Bee Circuit As A Stimulation Aspect of Early Childhood Development. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5641–5647. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2878

Mansur, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bervariasi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa. 1(2), 88–99. https://e-journal.staialgazalisoppeng.ac.id/index.php/pelita/article/view/20

Muir, R. A., Howard, S. J., & Kervin, L. (2024). Supporting early childhood educators to foster children’s self-regulation and executive functioning through professional learning. Early Childhood Research Quarterly, 67, 170–181. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.12.001

Mulyani, D., Intem, D. N., & Aziz, H. (2022). Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6450–6461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2976

Mulyani, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(03), 5–10. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.29

Rahmadani, P., & Muryanti, E. (2023). Pengaruh Game Edukasi “Secil†terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. As-Sabiqun, 5(4), 948–956. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3520

Rahmawati, H., & Muhroji, M. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Usia Dini Berprestasi Akademik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6384–6394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3176

Rifqi, A. H., Predina, S. S., & Rusdianto. (2024). Inovasi Pembelajaran : Exploting Arcademics Digital Games untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 161–169. http://repository.um.ac.id/id/eprint/4702

Rintaningrum, R., Mahfud, C., Trisyanti, U., Saifulloh, M., & Prasetyo, B. (2022). Home-Based Practical Parents Involvement in Assisting Children Learn English. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6429–6442. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3343

Riswanto, N. V., & Soraya, S. Z. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Game Edukasi Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Desa Kadipaten Ponorogo. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 317. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4887

Rumpoko, A. U. T., & Diana, D. (2022). Kesiapan Kompetensi Guru PAUD dalam Menyongsong Pendidikan AUD di Era Society 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6641–6650. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3023

Sandri, P. R., Trisnadoli, A., & Nugroho, E. S. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahasa Inggris Dasar untuk Anak TK. Smatika Jurnal, 9(02), 59–64. https://doi.org/10.32664/smatika.v9i02.384

Sari, C. A. P., Faridah, F., Kertapati, Y., & Chabibah, N. (2022). Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Game Online dengan Perilaku Agresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6559–6568. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1946

Taylor, G., Sala, G., Kolak, J., Gerhardstein, P., & Lingwood, J. (2024). Does adult-child co-use during digital media use improve children’s learning aged 0–6 years? A systematic review with meta-analysis. Educational Research Review, 44(September 2023), 100614. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2024.100614

Ummulkhair, H. N., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game Vocabulary Quiz Terhadap Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 155–162. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1921

Uti, H., Munir, & Said, S. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game pada Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring dan Luring di MTs N 1 Gorontalo. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 10–17. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/106

Wahyuni, A., & Sari, N. F. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Kooperatif Tipe Make A Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6961–6969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2300

Wahyuni, S. R. I., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Indonesia, U. P., Upi, K., & Serang, D. I. (2021). Penerapan Game Edukasi Educandy Dalam Siswa Sd Kelas V Pada Materi Shape. https://repository.upi.edu/67715/1/S_PGSD_1700260_Title.pdf

Wardana, I. K., Sri Astuti, P., & Sukanadi, N. (2022). Sikap Kebahasaan Guru sebagai Pemodelan Pendidikan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6777–6790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2574

Wijayanto, B. P., & Widyasari, C. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit I My Body untuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6322–6331. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3287

Downloads

Published

24-03-2025

How to Cite

Devi, Y. N., Sujarwo, S., & Tristanti, T. (2025). Pengaruh Penggunaan Gim Edukasi terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 653–662. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i2.6300

Issue

Section

Articles