
Author
Maria Fatima Mardina Angkur(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(3)

Published : 2025-02-03
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 6 times
PDF Downloaded: 0 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh guru dalam membina perkembangan sosial dan emosional anak usia 5-6 tahun. Studi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan satu orang guru sebagai partisipan utama. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi untuk mendorong perkembangan sosial dan emosional anak. Strategi tersebut meliputi metode pembiasaan, pendekatan pembelajaran kolaboratif, kegiatan kerja kelompok, keterlibatan anak dalam pembuatan aturan kelas, serta penciptaan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Implementasi strategi-strategi ini membantu anak dalam mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan kesadaran emosional, serta membangun hubungan yang positif dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar.
Keywords
References
Akbar, R. W. dan M. R. (2016). Kompetensi Pedagogis Guru dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Gugus Sekolah 11 Arjowinangun Kota Malang. Jurnal Pedagogi, 2(3), 27–45. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v2i2.528
Angkur, M. F. M. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287–4296. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2587
Aqidah, A. (2020). Strategi Guru Dalam Membina Perkembangan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Dialek Yang Baik Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Belo. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 169–183. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i2.394
Burhamzah, M., Novia, L., Fatimah, S., & Alam, A. (2023). Pelatihan Guru Untuk Masa Depan: Mengembangkan Kecerdasan Emosional Di Kelas Sebagai Kunci Sukses Pendidikan Abad 21. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1335–1344.
Fauziddin, M., & Ningrum, M. A. (2024). Symantic Literature Review : Manfaat Artificial Intelligence ( AI ) pada Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1475–1488. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6236
Hadi, S. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Permainan Menjaring Ikan. Palapa, 9(2), 210–220. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i2.1077
Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291
Hidayah, R. N. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2), 1. https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i2.89
Isbah, F., Taufiq, A., Jamaludin, A., & Munir, M. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Pendidikan Anak Usia Dini. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5751
Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47–58.
Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572
Rajiman, R. (2016). Increasing Student’S Social Skill Through Playing Method. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 215–326. https://doi.org/10.21009/jpud.102.07
Ramadan, S. (2024). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(01), 19–30. /10.46963/mas h.v7i01.1396 Korespondensihttps://doi.org/https://doi.org
Sri Rika Amriani, & Halifah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 24–37. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19868
Su’ud, F. M. (2017). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Analisis Psikologi Pendidikan Islam. Al-Manar, 6(2), 227–253. https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.11
Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Raba-raba pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https:/doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58
Refbacks
- There are currently no refbacks.