Efektivitas Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam Mengembangkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Zahrina Amelia Amelia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al- Azhar Indonesia, Indonesia
  • Anisa Rahmadani Rahmadani Bimbingan Konseling Islam, Universitas Al- Azhar Indonesia, Indonesia
  • Astri Lestari Lestari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al- Azhar Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6240

Keywords:

pema, efektivitas media, pramembaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas PEMA dalam meningkatkan kemampuan pra-membaca pada anak usia 5-6 tahun. Menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian single subject research, subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di BKB PAUD Bina Bangsa, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap baseline 1, tahap intervensi, dan tahap baseline 2, dengan menggunakan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji One Sample t-Test untuk membandingkan hasil pra dan pasca intervensi, dengan nilai acuan sebesar 100. Hasil uji menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Rata-rata perbedaan skor pada pre-test adalah 34, sedangkan pada post-test mencapai 51. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa PEMA efektif dalam meningkatkan kemampuan pra-membaca pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menyarankan agar media PEMA dapat diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran di lembaga PAUD untuk mendukung perkembangan pra-membaca, serta memiliki potensi untuk dipasarkan secara komersial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alipanahi, F., & Mahmoudi, R. (2014). Pre-reading activities and reading comprehension. Advances in Environmental Biology, 742–748.

Amelia, Z., & Rahmadani, A. (2023). Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) untuk Meningkatkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5143–5154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4066

Ariyati, T. (2015). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

Christianti, M. (2013). Membaca dan menulis permulaan untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Dhieni, N. (2013). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Harsono, dan P. (2023). Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran PAUD. Deepublish.

Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan awal anak usia dini. Penerbit NEM.

Khofiyah, A. N., Frestava, V. I., & Azifa, L. R. N. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1425–1431.

Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., Whiren, A. P., & Rupiper, M. (2015). Developmentally appropriate curriculum: Best practices in early childhood education. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera.

Mariani, D., & Rizawati, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca pada AUD melalui Media Kartu Bergambar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6112–6119.

Mustafida, F. (2016). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik Sd/Mi. Madrasah, 6(1), 20. https://doi.org/10.18860/jt.v6i1.3291

Nurul Hidayah, N. (2016). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IIC Semester II Di MIN 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 88.

Osei, A. M., Liang, Q. J., Natalia, İ., & Stephen, M. A. (2016). The use of pre-reading activities in reading skills achievement in preschool education. European Journal of Educational Research, 5(1), 35–42.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187.

Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan. In PT Raja Grafindo Persada.

Safira, R. A. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (1st ed.). Caremedia Communication.

Santrock, J. W. (2017). Psikologi pendidikan : educational psychology.

Santrock, J. W. (2021). Child Development: An Introduction.

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trimantara, H., Mulya, N., & Liyana, U. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfal: Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.

Wildova, R., & KropáÄková, J. (2015). Early childhood pre-reading literacy development. Procedia-Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/191, 878-883

Yuliani, D., & Sutrisno, H. (2019). Teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Bumi Aksara.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

23-12-2024

How to Cite

Amelia, Z. A., Rahmadani, A. R., & Lestari, A. L. (2024). Efektivitas Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam Mengembangkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1742–1756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6240

Issue

Section

Articles