- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam Mengembangkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6240Keywords:
pema, efektivitas media, pramembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas PEMA dalam meningkatkan kemampuan pra-membaca pada anak usia 5-6 tahun. Menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian single subject research, subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di BKB PAUD Bina Bangsa, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap baseline 1, tahap intervensi, dan tahap baseline 2, dengan menggunakan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji One Sample t-Test untuk membandingkan hasil pra dan pasca intervensi, dengan nilai acuan sebesar 100. Hasil uji menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Rata-rata perbedaan skor pada pre-test adalah 34, sedangkan pada post-test mencapai 51. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa PEMA efektif dalam meningkatkan kemampuan pra-membaca pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menyarankan agar media PEMA dapat diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran di lembaga PAUD untuk mendukung perkembangan pra-membaca, serta memiliki potensi untuk dipasarkan secara komersial.
Downloads
References
Alipanahi, F., & Mahmoudi, R. (2014). Pre-reading activities and reading comprehension. Advances in Environmental Biology, 742–748.
Amelia, Z., & Rahmadani, A. (2023). Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) untuk Meningkatkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5143–5154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4066
Ariyati, T. (2015). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).
Christianti, M. (2013). Membaca dan menulis permulaan untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).
Dhieni, N. (2013). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.
Harsono, dan P. (2023). Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran PAUD. Deepublish.
Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan awal anak usia dini. Penerbit NEM.
Khofiyah, A. N., Frestava, V. I., & Azifa, L. R. N. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1425–1431.
Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., Whiren, A. P., & Rupiper, M. (2015). Developmentally appropriate curriculum: Best practices in early childhood education. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera.
Mariani, D., & Rizawati, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca pada AUD melalui Media Kartu Bergambar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6112–6119.
Mustafida, F. (2016). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik Sd/Mi. Madrasah, 6(1), 20. https://doi.org/10.18860/jt.v6i1.3291
Nurul Hidayah, N. (2016). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IIC Semester II Di MIN 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 88.
Osei, A. M., Liang, Q. J., Natalia, İ., & Stephen, M. A. (2016). The use of pre-reading activities in reading skills achievement in preschool education. European Journal of Educational Research, 5(1), 35–42.
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187.
Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan. In PT Raja Grafindo Persada.
Safira, R. A. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (1st ed.). Caremedia Communication.
Santrock, J. W. (2017). Psikologi pendidikan : educational psychology.
Santrock, J. W. (2021). Child Development: An Introduction.
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Trimantara, H., Mulya, N., & Liyana, U. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfal: Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.
Wildova, R., & KropáÄková, J. (2015). Early childhood pre-reading literacy development. Procedia-Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/191, 878-883
Yuliani, D., & Sutrisno, H. (2019). Teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Bumi Aksara.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489