Tantangan dan Strategi Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta

Author


Afif Khoirul Hidayat(1), Nurlayli Hasanah(2Mail), Martha Betaubun(3),
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Musamus, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Musamus, Indonesia(2)
Pendidikan Profesi Guru, Universitas Musamus, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 561KB]

Published : 2024-11-17

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 42 times PDF Downloaded: 20 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data survey. Lokasi penelitian adalah Taman Kanak-Kanak Negeri yang tersebar di Kota Yogyakarta. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan keterlibatan mereka dalam pengelolaan kurikulum pendidikan inklusif. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah, serta pihak manajemen sekolah yang memiliki peran langsung dalam pelaksanaan dan pengelolaan kurikulum inklusif. Menggunakan instrumen angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum inklusif di Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta masih menghadapi banyak tantangan di berbagai aspek. Data penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif aspek perencanaan, pengorganisasian, stuffing, pengarahan, pelaksanaan, dan pengendalian masih terbilang rendah. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan, keterlibatan pihak eksternal, dan penyusunan panduan yang lebih terstruktur untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusif.


Keywords


Manajemen Kurikulum; Pendidikan Inklusif; Taman Kanak-Kanak

References


Alkasih, Z. (2024). Pentingnya Kepemimpinan dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education and Development, 6(1), 42–52. . https://doi.org/10.15642/jeced.v6i1.3793

Amadi, A. S. M., & Anwar, N. (2023). Ragam Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22026–22033. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10022

Angkarini, T., Widyawati, W. Y., & Suhendra, S. (2024). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Pengelolaan Kelas Iqra’pada Yayasan Masjid Baitul Hikmah Cimanggis. Research and Development Journal of Education, 10(2), 953–966. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23364

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arifin, B., Handayani, E. S., Yunaspi, D., Erda, R., & Dhaniswara, E. (2023). Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1–10. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4746

Azkia, L., & Rahman, I. K. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), 1499–1507. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.381

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650

Doringin, F. (2022). Penyesuaian Kurikulum dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(2), 255–260. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.7495

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature Review: Analisis Data Kualitatif Tahap Pengumpulan Data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(2), 34–46.

Fitriani, F., Kurniati, N., Yusuf, D., & Mildasari, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Memahami Pendidikan Inklusi di TK Negeri Pembina Batumandi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 417–425. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.417-425.2024

Fitriani, F., Trisnamansyah, S., & Insan, H. S. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 929–938. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.514

Hadi, H., Suprapto, S., Djuita, W., & Muhtar, F. (2024). Mengintegrasikan Pendidikan Multikultural dalam Upaya Resolusi Konflik Etnis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 148–159. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1937

Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.265-276.2020

Herwina Aprila, Feida Noorlaila Isti’adah, Salis Iklima, Isma Nurul Barokah, Lusi Susanti, Nazwa Ramadhani, & Lutfi Raihan. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Efektivitas Konsultasi dan Kolaborasi di SMP Yayasan Islam Kota Tasikmalaya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 167–175. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3079

Jofipasi, R. A., Efendi, J., & Asri, R. (2023). Membangun Kesadaran Orang Tua terhadap Keberagaman dalam Pendidikan Inklusi pada Anak Usia Dini. Journal Of Special Education Lectura, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31849/jselectura.v1i2.18246

Kholis, N., Zamroni, Z., & Sumarno, S. (2014). Mutu Sekolah dan Budaya Partisipasi Stakeholder. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 130–142. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2639

Lalita, A. C. , Haikal, D. R. , Aswati, D. , & Jaya, I. (2024). Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4763–4769. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14317

Lubis, Z., Ritonga, A. A., Darlis, A., Kholila, A., & Rahman, K. I. (2023). Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 191–197. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5278

Maolana, I., Darmiyanti, A., & Abidin, J. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 83–94. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3493

Mustika, D. (2024). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu. 2(6), 100–110. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.500

Muttaqien, M. D. (2023). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(2), 75–81. https://doi.org/10.30631/jdsr.v2i2.2078

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55. https://doi.org/10.32509/pustakom.v1i1.544

Nilamsari, N. (2018). Komunikasi Antarpribadi Orangtua dan Guru dalam Memahami Pendidikan Inklusi di TK Jasmien Jakarta Utara. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 71–82.

Putra, W. L. B. (2024). Mewujudkan Kota Inklusi: Inklusivitas dan Aksesibilitas Ruang Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Yogyakarta. The Journalish: Social and Government, 5(2), 203–214. https://doi.org/10.55314/tsg.v5i2.780

Riyadi, S., Nuswantoro, P., Merakati, I., Sihombing, I., Isma, A., & Abidin, D. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Pendidikan Inklusif di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 130–137. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18731

Rohmad, B., Suriansyah, A., & Novitawati, N. (2024). Penyelarasan Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Inklusi di Taman Kanak-Kanak Banjarmasin. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 501–512. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18731

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077

Sakti, S. A. (2020a). Implementasi Pendidikan Inklusif pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249.

Tugiah, T., & Trisoni, R. (2022). Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak-Anak Inklusif Di Kamang Baru. Jurnal Sosial Teknologi, 2(12), 1387–1397. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i12.518

Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152–161. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p152-161

Yuniarni, D., & Amalia, A. (2022). Pengembangan Buku Saku Panduan Layanan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6710–6722. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3473


Refbacks

  • There are currently no refbacks.