Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini

Author


Cindy Tri Kusumawardani(1Mail), Puji Yanti Fauziah(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 420KB]

Published : 2020-09-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1280 times PDF Downloaded: 780 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan pola asuh orangtua tentara nasional indonesia terhadap perkembangan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan teknik triangulasi dan kecukupan referensial. Teknik analisis data yang dilakukan dengan teknik analisis data Model Milles dan Huberman. Langkah-langkah dalam teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, simpulan. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh yang digunakan oleh orangtua Tentara Nasional Indonesia adalah pola asuh authoritarian. Pola asuh ini menjelaskan bahwa pola asuh menggunakan arahan terhadap anak dan komunikasi dua arah sehingga adanya kehangatan di dalam keluarga. Kehangatan dari pola asuh authoritarian memberikan dampak positif bagi perkembangan anak. Perkembangan anak berkembangan sesuai dengan tahapan usia anak. Hal ini terlihat aspek perkembangan anak yang meliputi aspek fisik motorik, kognitif, sosial, dan emosi.


Keywords


pola asuh orangtua; tentara nasional indonesa ; perkembangan anak

References


Abu Taleb, T. F., & AlZoubi, R. R. (2015). Jordanian mothers perceptions of their childrens social competence: an examination of family factors and demographic variables. Early Child Development and Care, 185(6), 895908. https://doi.org/10.1080/03004430.2014.963067

Allen, Eileen; Marotz, L. (2003). Developmental Profiles Pre-Birth Through Twelve. 4.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode penelitian kualitatif. CV Jejak.

Baumrind, D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 37(4), 887. https://doi.org/10.2307/1126611

Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 5695. https://doi.org/10.1177/0272431691111004

Chamidah, A. N. (2012). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 4(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v4i3.789

Chandra, S. M. Y. (2011). Tinjauan tentang anak, pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, iq, eq, cq dan konsep ruang bagi anak.

Coyle, J. (2004). Mendidik anak menjadi pemenang. Pustaka tangga.

Crain, W. (2007). Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. In Pustaka Pelajar (Vol. 45, Issue 1). Pustaka Belajar. https://doi.org/10.7202/1016404ar

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, V3.i2, 7387. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1320

Effiana Yuriastien, S.Psi, Psikologi, Daisy Prawitasari, S.Psi, Psikologi, Ayu Bulan Febry K.D, S. K. (2009). Games Therapy untuk Kecerdasan Bayi & Balita. Wahyu Media.

Elisabet, H. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga (lima). Erlangga.

Erawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforcement Secara Variatif Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kepahiang. Ilmiah Potnsia, 3(1), 3643. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Erna Damayanti, F., Ratnawati, R., & Imavike Fevriasanty, F. (2016). Pengalaman istri tentara (tni-ad) yang tinggal di batalyon saat suami bertugas di daerah rawan konflik. Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Science), 4(2), 127144. https://doi.org/10.21776/ub.jik.2016.004.02.4

Farida, F. (2018). Upaya Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263

Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 2534.

Gabrieli, P., Mgonda, N. L., Nsolezi, F. S., Jeremiah, G., Tibenda, J. L., & Bub, K. L. (2018). Respect is an Investment: Community Perceptions of Social and Emotional Competencies in Early Childhood from Mtwara, Tanzania. Tanzania. Global Education Review, 5(2), 160188.

Hanfstingl, B., Benke, G., & Zhang, Y. (2019). Comparing variation theory with Piagets theory of cognitive development: more similarities than differences? Educational Action Research, 27(4), 511526. https://doi.org/10.1080/09650792.2018.1564687

Hati, F. S., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(1), 44. https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).44-48

Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan anak (Jakarta). Erlangga.

Hurlock, B. E. (2002). Perkembangan anak. Erlangga.

Hurlock, B. E. (2012). Review Of Children, Growth And Development Of Early Age, IQ, EQ, CQ And Space Concepts For Children. Tinjauan Tentang Anak, Pertumbuhan, Dan Perkembangan, 928.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, 131.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 1528. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Perkembangannya. Kencana.

Megawangi, R. (2016). Pendidikan karakter: solusi yang tepat untuk membangun bangsa. 173.

Moleong, L. J. (2007). Metodelogi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Ojose, B. (2008). Piaget and Maths. The Matematics Educator, 18(1), 2630.

Priambudi, I., Purnama, H., & Prasetio, A. (2015). Konsep Diri Atas Profesionalisme Anggota Tentara Nasional Indonesia. Jurnal Telekomunikasi, 2, 21882196.

RI, K. K. (2014). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Depkes RI dan IDAI.

RI, K. P. dan K. (2003). Penjelasan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Vol. 4, p. 147).

Richard, W. (2005). No Mengapa anakku begitu : Panduan Praktis Menuju Pola Asuh Positif. Erlangga.

Saghir, A., Hussain, A., Batool, A., Sittar, K., & Malik, M. (2016). Play and Cognitive Development: Formal Operational Perspective of Piagets Theory. Journal of Education and Practice, 7(28), 7279. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sanjiwani, N. L. P. Y., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2014). Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di Sma Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 344352. https://doi.org/10.24843/jpu.2014.v01.i02.p13

Santrock, J. (2012). Perkembangan masa hidup jilid II (edisi ke 13). (13th ed., pp. 219; 5). Erlangga.

Santrock, J. W. (2011). Child development (13th ed.). McGraw-Hill Companies.

Sardiman, A. M. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, cet. 16, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 51.

Sathananthan, K., & Tellambura, C. (2002). Partial transmit sequence and selected mapping schemes to reduce ICI in OFDM systems. IEEE Communications Letters, 6(8), 313315. https://doi.org/10.1109/LCOMM.2002.802067

Siswina, T., Shahib, N., & Rasyad, A. S. (2016). Terhadap Perkembangan Kecerdasan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Bidan, 1(2), 2733.

Siswoyo, D., Sulistyono, T., Dardiri, A., Rohman, A., Hendrowibowo, L., & Sidharto, S. (2013). Ilmu pendidikan. UNY Press.

Spruit, A., Goos, L., Weenink, N., Rodenburg, R., Niemeyer, H., Stams, G. J., & Colonnesi, C. (2020). The Relation Between Attachment and Depression in Children and Adolescents: A Multilevel Meta-Analysis. In Clinical Child and Family Psychology Review (Vol. 23, Issue 1, pp. 5469). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10567-019-00299-9

Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793

Subakti, E. . (2012). Parenting anak-anak. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sujiono. (2016). Metode pengembangan fisik. Universitas Terbuka.

Sujiono, B., & Sujjiono, Y. (2005). Mencerdaskan perilaku anak usia dini. Elex Media Komputindo.

Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Tampiomas, E. S., Rahayu, A. Y., & Syamsiatin, E. (n.d.). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.

Sukmadinata, N. . . (2010). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (1978). Metode penelitian. Rajawali.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. In Biomass Chem Eng (Vol. 49, Issues 236). Kencana Prenada Media.

Tadjuddin, S. N. (2014). Meneropong perkembangan anak usia dini persepektif al-quran. Herya Medika.

Tridhonato, & Agency, B. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Elex Media Komputindo.

Vinayastri, A. (2015). Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 3342.

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pemebentukan Moral Pada AUD. Departeen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.