- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Finger Painting
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6198Keywords:
anak usia dini, finger painting, motorik halusAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru dalam mendukung perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 03 Tenggarong melalui finger painting. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data dikumpulkan melalui tiga teknik: (1) observasi pasif, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dalam empat tahap: pengumpulan, penyederhanaan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Peran guru sangat penting dalam kegiatan ini, karena dukungan dan arahan yang tepat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa finger painting efektif dalam meningkatkan koordinasi tangan dan -mata anak di TK Negeri 03 Tenggarong. Anak dapat menggambar sesuai gagasan, meniru bentuk, melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan, dan mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci.
Downloads
References
Anggraini, D. (2019). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lukisan Jari Pada Anak Kelompok B Di Taman KanakKanak Raudhatul Aneli Sukabumi Bandar Lampung. (Disertasi Doktor, Uin Raden Intan Lampung, Tahun 2019).
Astria, N., Made Sulastri, M. P., & Magta, M. (2015). Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Ating, A., & Santika, T. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Lukisan Jari Pada Kelompok A Di Pos Paud Anggrek Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Joce (Jurnal Pendidikan Masyarakat) , 2 (2), 21-26.
Bidakwati, Z. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. ECEIJ (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia), 1 (3).
Darmastuti, T. (2013). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik–Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Khadijah 2 Surabaya. Paud Teratai, 2(1).
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini , 5 (1), 23-31.
Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24
Hamdian, MA, Robingatin, R., & Sunanik, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting. BOCAH : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kemanusiaan Borneo, 29-37.
Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.
Lisdayanti, R., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2004). Pembelajaran Melukis Teknik Finger Painting Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Di TK Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8 (3).
Mona, D., Zulhendri, Z., & Nurmalina, N. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2 (2), 20-29.
Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok Bermain Di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7 (2), 518-524.
Nurjanah, N. (2017). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah Di Tk At-Taqwa Cimahi. Jurnal Keperawatan Bsi, 5(2).
Octaviani, SOS (2019, Desember). Analisis Perkembangan Halus Motorik Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di RA Karakter Semarang. Dalam Seminar Nasional PAUD 2019 (hlm. 41-47).
Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1411-1418.
Roekmanasari, M., Abidin, R., & Suweleh, W. (2017). Peran Guru Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Kelompok A TK PKK Kalijudan Surabaya. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Tahun 2017).
Santoso, A., Anak, P., Dini, U., & Santoso, A. (2009). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Sari, MM,. Sariah, S., & Heldanita, H. (2020). Kegiatan Finger Painting Dalam Motorik Halus Anak Usia Dini. TK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Islam, 3 (2), 136-145.
Sukarini, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknik Finger Painting Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 86-93.
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusrilla Aura Mei Ditha, Wilda Isna Kartika, Manurrima Heriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: