Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Finger Painting

Authors

  • Yusrilla Aura Mei Ditha Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Wilda Isna Kartika Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Manurrima Heriansyah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6198

Keywords:

anak usia dini, finger painting, motorik halus

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran guru dalam mendukung perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 03 Tenggarong melalui finger painting. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data dikumpulkan melalui tiga teknik: (1) observasi pasif, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dalam empat tahap: pengumpulan, penyederhanaan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Peran guru sangat penting dalam kegiatan ini, karena dukungan dan arahan yang tepat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa finger painting efektif dalam meningkatkan koordinasi tangan dan -mata anak di TK Negeri 03 Tenggarong. Anak dapat menggambar sesuai gagasan, meniru bentuk, melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan, dan mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. (2019). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lukisan Jari Pada Anak Kelompok B Di Taman KanakKanak Raudhatul Aneli Sukabumi Bandar Lampung. (Disertasi Doktor, Uin Raden Intan Lampung, Tahun 2019).

Astria, N., Made Sulastri, M. P., & Magta, M. (2015). Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).

Ating, A., & Santika, T. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Lukisan Jari Pada Kelompok A Di Pos Paud Anggrek Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Joce (Jurnal Pendidikan Masyarakat) , 2 (2), 21-26.

Bidakwati, Z. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. ECEIJ (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia), 1 (3).

Darmastuti, T. (2013). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik–Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Khadijah 2 Surabaya. Paud Teratai, 2(1).

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini , 5 (1), 23-31.

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24

Hamdian, MA, Robingatin, R., & Sunanik, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting. BOCAH : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kemanusiaan Borneo, 29-37.

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.

Lisdayanti, R., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2004). Pembelajaran Melukis Teknik Finger Painting Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Di TK Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8 (3).

Mona, D., Zulhendri, Z., & Nurmalina, N. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2 (2), 20-29.

Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Pada Anak Kelompok Bermain Di TK Advent Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7 (2), 518-524.

Nurjanah, N. (2017). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah Di Tk At-Taqwa Cimahi. Jurnal Keperawatan Bsi, 5(2).

Octaviani, SOS (2019, Desember). Analisis Perkembangan Halus Motorik Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di RA Karakter Semarang. Dalam Seminar Nasional PAUD 2019 (hlm. 41-47).

Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1411-1418.

Roekmanasari, M., Abidin, R., & Suweleh, W. (2017). Peran Guru Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Kelompok A TK PKK Kalijudan Surabaya. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Tahun 2017).

Santoso, A., Anak, P., Dini, U., & Santoso, A. (2009). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Sari, MM,. Sariah, S., & Heldanita, H. (2020). Kegiatan Finger Painting Dalam Motorik Halus Anak Usia Dini. TK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Islam, 3 (2), 136-145.

Sukarini, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Teknik Finger Painting Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 86-93.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Ditha, Y. A. M., Kartika, W. I., & Heriansyah, M. (2025). Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 1087–1092. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6198

Issue

Section

Articles