Analisis Bibliometrik : Tren Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini

Author


Fitri Fitri Annisa(1Mail), Rina Wulandari(2),
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2025-03-02

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 0 times PDF Downloaded: 0 times

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis 199 dokumen yang bersumber dari Scopus dengan ekstensi file CSV menggunakan RStudio dan VOSViewer. Dari data yang sudah dianalisis, rentang tahun 2004 s.d 2024 laju peningkatan jumlah publikasi dari tahun ke tahun mencapai 18.73% mencerminkan tren pertumbuhan yang signifikan. Journal of Early Childhood Literacy yang diterbitkan oleh SAGE Publication menjadi sumber paling berkontribusi dengan total 18 publikasi. Empat penulis paling berkontribusi dengan h-index 4, salah satunya adalah Neuman SB. Afiliasi paling berkontribusi adalah University of Virginia dengan total 13 artikel terbit. Artikel yang paling banyak disitasi ditulis oleh Nicolopoulou A (2015) yang terbit di Early Child Reasearch Quarterly, sebanyak 114 sitasi. Tiga negara eropa, AS, Inggris, dan Australia menjadi negara dengan tingkat kolaborasi tertinggi dalam penelitian literasi anak usia dini. Kata digital literacy dan media literacy menjadi kebaruan kata kunci untuk penelitian selanjutnya.

Keywords


Bibliometrics; Early Childhood; Literacy

References


Aulia, E. S., & Rusli, R. P. (2020). Kajian Bibliometrik sebagai Penunjang Analisis Kebutuhan Kurikulum Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Kajian Bibliometrik sebagai Penunjang Analisis Kebutuhan Kurikulum Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Inovasi Kurikulum, 17. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK Awalya. (2012). Benefits of Early Childhood Education for Personal Development and Children Social. IndonesianJournalofEarlyChildhoodEducationStudies, 1(2). Azijah, I., & Adawiyah, R. A. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak: Bayi, Balita, dan Usia Prasekolah. Lindan Bestari. Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070 Dwi Rahayu, P., Turuy, S., & Nifia Husen, W. (2024). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengembangan Peraga Multimedia Huruf untuk Pengenalan Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 964–975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5877 Fitri_Annisa , & Delfi_Eliza. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Selama Covid-19 Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakra Fraillon, Julian., Schulz, Wolfram., Friedman, Tim., Ainley, John., Gebhardt, Eveline., Carstens, Ralph., Cortes, Diego., Ebbs, David., Jung, Michael., Korsnakova, Paulina., & Meinck, Sabine. (2015). ICILS 2013 : technical report. IEA Secretariat. Harold, G. T. ., Acquah, Daniel., Sellers, Ruth., & Chowdry, Haroon. (2016). What works to enhance inter-parental relationships nad improve outcomes for children. Department for Work & Pensions. Institute for Literacy, N., & Center for Family Literacy, N. (n.d.). Developing Early Literacy RepoRt of the NatioNal eaRly liteRacy paNel A Scientific Synthesis of Early Literacy Development and Implications for Intervention. Karim, A. (2022). Analisis Bibliometrik Menggunakan Vosviewer Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scholar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 23–33. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22264 Khalli, M. N. M., & Halmi, M. F. A. (2023). Analisis Bibliometrik Kajian Sains Sosial di Universitas Malaysia Sabah (UMS) dalam Pangkalan Data Scopus Sehingga Thaun 2021. MANUBil, 34(1). Koch, H., & Spörer, N. (2017). Students Improve in Reading Comprehension by Learning How to Teach Reading Strategies. An Evidence-based Approach for Teacher Education. Psychology Learning and Teaching, 16(2), 197–211. https://doi.org/10.1177/1475725717700525 Komisi Penyiaran Indonesia. (2012, November 22). Anak Indonesia Kedapatan Paling Lama Menonton TV. KPI. https://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/30944-anak-indonesia-kedapatan-paling-lama-menonton-tv Kurnia, R., Ummah, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Buku Cerita Rakyat Melayu Riau terhadap Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3253–3265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441 Lingappa Sangam, S., Sangam, S. L., & Mogali, S. (2009). The Concept of H-Index. https://www.researchgate.net/publication/260244570 Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476 Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan dan Tren Penelitian di Era Digital (Kodri, Ed.; 1st ed.). Penerbit Adam. https://books.google.co.id/books?id=tZLQEAAAQBAJ Permatasari, A., Prodi, D., Pemerintahan, I., Universitas, F., & Yogyakarta, M. (2015). Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB. Putri, S. A., Winoto, Y., & Rohanda, R. (2023). Pemetaan penelitian information retrieval system menggunakan VOSviewer. Informatio: Journal of Library and Information Science, 3(2), 93. https://doi.org/10.24198/inf.v3i2.46646 Rahman, T., & Nurani, Y. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). In Desember (Vol. 7, Issue 2). https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia Sihombing, R. E., Rachmatin, D., & Dahlan, J. A. (n.d.). PROGRAM APLIKASI BAHASA R UNTUK PENGELOMPOKAN OBJEK MENGGUNAKAN METODE K-MEDOIDS CLUSTERING. Suci, Y. T. (2018). MENELAAH TEORI VYGOTSKY DAN INTERDEPEDENSI SOSIAL SEBAGAI LANDASAN TEORI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3. Suggate, S., Schaughency, E., McAnally, H., & Reese, E. (2018). From infancy to adolescence: The longitudinal links between vocabulary, early literacy skills, oral narrative, and reading comprehension. Cognitive Development, 47, 82–95. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2018.04.005 Sulaiman Kurdi, M., Sulaiman Kurdi, M., Islam Negeri Antasari Banjarmasin, U., Yani Km, J. A., Timur, B., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2021). Analisis Bibliometrik dalam Penelitian Bidang Pendidikan: Teori dan Implementasi. Journal on Education, 03(04), 518–537. Tim Redaksi, C. I. (2024). Warga RI Sudah Kecanduan Parah, Juara Satu Sedunia! CNBC. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240225175344-37-517428/warga-ri-sudah-kecanduan-parah-juara-satu-sedunia Untung, S. H., Pramono, I. A., Khasanah, L., Awwaluddin, A., Kholis, N., Muddin, M. I., Asnawi, A. R., & Maulana, A. R. M. (2023). The Gold Age of Childhood: Maximizing Education Efforts for Optimal Development (pp. 261–269). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-052-7_30 UU SISDIKNAS. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. Velasco, B., Eiros, J. M., Ma Pinilla, J., & Román, J. A. S. (2012). La utilización de los indicadores bibliométricos para evaluar la actividad investigadora. Aula Abierta, 40(2), 75–84. Whitehurst, G. J., & Lonigan, C. J. (1998). Child Development and Emergent Literacy. 69(3), 848–2. Yusuf Fazri Affandi. (n.d.). Dampak Penggunaan Perangkat Elektronik Berlayar pada Anak. RRI. Retrieved October 5, 2024, from https://www.rri.co.id/kesehatan/868327/dampak-penggunaan-perangkat-elektronik-berlayar-pada-anak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.