- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Literasi Digital dalam Mendukung Perkembangan Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6166Keywords:
Anak Usia Dini, Literasi Digital, Media DigitalAbstract
Penggunaan teknologi digital pada anak usia dini tidak dapat dihindari, tetapi perlu dimanfaatkan dengan bijak untuk mendukung perkembangan anak melalui pemahaman literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran literasi digital dalam mendukung perkembangan anak usia dini melalui pemanfaatan teknologi. Metode yang digunakan adalah systematic literature review, penelitian ini mengkaji berbagai sumber yang membahas teknologi dalam mendukung perkembangan anak. Terdapat 16 artikel yang dipilih dan dianalisis dari rentang waktu antara 2017-2023 yang berasal dari jurnal terakreditasi sinta 1-5 dan konferensi Internasional. Penelitian ini menemukan bahwa literasi digital melalui teknologi memiliki manfaat dalam mendukung setiap aspek perkembangan anak, yaitu memahami perilaku baik dan buruk, melatih kemampuan berpikir anak secara analitis dan kreatif, berdampak positif pada perkembangan motorik, mendukung kemampuan bilingual sejak dini, mengajarkan anak-anak pentingnya kerjasama dan mampu mengekspresikan hal yang sedang dirasakan. Pendampingan dan keterlibatan orang dewasa berperan penting dalam penggunaan media agar anak berada dalam pengawasan dan pengarahan dalam aktivitas penggunaan media digital.
Downloads
References
Anggita, I. S., Yusuf, H., Naimah, N., & Putro, K. Z. (2022). Pedoman Literasi Digital Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4697–4704. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2752
Asmiarti, D., & Winangun, G. (2018). The role of youtube media as a means to optimize early childhood cognitive development. International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education (ICIEVE 2018) (Vol. 205). https://doi.org/10.1051/matecconf/201820500002
Aulia, R., Bahari, K., Pujiastuti, N., Astuti, E. S., Pertami, S. B., & Budiono, B. (2022). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Kebiasaan Menonton Video Kartun Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6983–6992. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3558
Badriyah, A. U., Ristyadewi, F., & Fitria, N. (2020). Gross Motor Ability In Early Childhood through Motion and Song Activities. In Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education. https://doi.org/10.1145/3452144.3452169https://doi.org/10.1145/3452144.3452169
BPS. (2022). Statistika telekomunikasi indonesia. Badan Pusat Statistika.
Budiarti, E., & Adar, S. Y. (2023). Impact of Digital Media on Social-Emotional Development In Early Childhood: A Case Study At Tk Kartika Xx-46 Kendari. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(2), 89–98. https://doi.org/10.14421/jga.2023.82-04
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Čokor, D. K., & Bernik, A. (2021). The Impact of Computer Games on Preschool Children’s Cognitive Skills. In Intelligent Computing, 3, 527–541. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-80129-8_37
Firdausya, I. (2021). Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos Sebelum 13 Tahun. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia-main-medsos-sebelum-13-tahun
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. Wiley Computer Pub. http:// www.ncsu.edu/meridian/jul99/diglit/index.html
Harjono, H. S. (2019). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706
Haura, F. M., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Peran Screen Time dan Gadget Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 396–401. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1485
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital Untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Ilat, I. P., Talangamin, S., & Wullur, K. A. (2021). Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Sekolah Minggu di Era Digital. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v2i2.737https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v2i2.737
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Khalifa, H. K. H., Samir, R., & Ebrahim, M. (2021). Uses and Gratifications Of Youtube Platform Among Young Children In Bahrain. International Journal of Media and Mass Communication, 3(2), 183–203. https://doi.org/10.46988/IJMMC.03.02.2021.07
Lestariningrum, A. (2019). Pengaruh Senam Bebek Berenang Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Efektor, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12606https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12606
Lindriany, J., Hidayati, D., & Muhammad Nasaruddin, D. (2022). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201
Linuwih, E. R., & Trihastutie, N. (2020). Digital Entertainment To Support Toddlers’ Language and Cognitive Development. TEKNOSASTIK, 18(1), 1. https://doi.org/10.33365/ts.v18i1.467
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Mayar, F., & Sriandila, R. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9769–9775. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2236https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2236
Mazdalifah, & Moulita. (2021). Model Pengawasan Orang Tua Terhadap Penggunaan Media Digital Anak. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1316
Miranda, D., R., M., Linarsih, A., & Amalia, A. (2022). Pengenalan Keterampilan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3844–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2767
Mita, M. L., & Widjayatri, D. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Generasi Alpha. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.33367/piaud.v3i1.2523https://doi.org/10.33367/piaud.v3i1.2523
Munasti, K., Purnama, S., Fitriani, D., & Aziz, A. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Alternatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7153–7162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/14448
Parkash, K. (2022). Utilizing Digital Games To Improve Cognitive, Social, and Learning Skills In Children. Research and Development Journal of Education, 8(1), 46–57. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.10332http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.10332
Putra, A. D., & Ahmadi, A. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Digital Pada Anak-Anak di Desa Ganti (Lombok). Jurnal Ilmiah Global Education, 147–150. https://doi.org/10.55681/jige.v2i2.118
Putro, A. N. S., Wajdi, M., Siyono, S., Perdana, A. N. C., Saptono, S., Fallo, D. Y. A., & Setiyatna, H. S. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital. Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia.
Rakiyah, S. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Bicara Anak Usia 3 Tahun Melalui Youtube. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 5(1), 56. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9467
Rimayanti, E. (2023). Cyber Counselling: Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Era Digital. PT. Asadel Liamsindo Teknologi.
Sabrina, A. R. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(2), 31. https://doi.org/10.37535/101005220183
Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312
Setiyani, L., Basir, S. D., Awalludin, D., & Purwani, S. (2023). Analisis Pengaruh Aplikasi Youtube Pada Perkembangan Kognitif Balita di Desa Tirtasari Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6722–6728. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2224
Snyder, H. (2019). Literature Review As A Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Sofiana, Muhammad, R., & Sartika, E. (2021). Digital Parenting Untuk Menumbuhkan Online Resilience Pada Remaja. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 4(1), 63–79. https://doi.org/10.37567/syiar.v4i1.1093
Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi Alpha: Saatnya Anak Usia Dini Melek Digital Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 1–9. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa/article/view/10
Thaharah, A., & Mayar, F. (2022). Dampak Game Online Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Al-Mukhlisin Pasaman Barat. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 389–404. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1110
Torres-Carrión, P. V., González-González, C. S., Aciar, S., & RodrÃguez-Morales, G. (2018). Methodology for Systematic Literature Review Applied To Engineering and Education. In 2018 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 10.1109/EDUCON.2018.8363388, 1364–1373.
Trimuliana, I. (2022). Pengenalan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. Paudpedia. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/pengenalan-literasi-digital-pada-anak-usia-dini?ref=NzI5LTRlZDgzNGM4&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=
Ulfah, M. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Orangtua Melindungi Anak-Anak Dari Bahaya Digital? Edu Publisher.
Westri, Z., & Pransiska, R. (2021). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Film Animasi Omar dan Hana. Jurnal Golden Age, 5(1), 221–232. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3497
Yudaninggar, K. S. (2021). Pola Komunikasi Orangtua dan Anak dalam Penggunaan Aplikasi Youtube. Journal Acta Diurna, 17(2), 46–59. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2021.17.2.4094
Yunita, Y., & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini Melalui Tv Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729