Analisis Strategi dan Tantangan Program Literasi Numerasi Kampus Mengajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Dini Handayani Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Hariyanti Hariyanti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Riau, Indonesia
  • Saepudin Karta Sasmita Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6160

Keywords:

Strategi, Literasi Numerasi, Peserta Didik, Sekolah Dasar, Kampus Mengajar.

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan strategi literasi numerasi di sekolah mitra kampus mengajar dan tantangannya.  Penelitian dilakukan di SDN 011 Bukit Kapur Kota Dumai, pada rentang waktu Agustus-Desember 2023.  Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, majelis guru serta beberapa orang peserta didik .Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara maupun studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, verfikasi dan reduksi data, penarikan kesimpulan. Adapun Teknik triangulasi menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi penguatan literasi numerasi dilakukan dengan membuat media pembelajaran, menginisiasi program literasi numerasi di luar proses PBM seperti membuat pojok baca, pohon angka dan madding hingga mengadakan private membaca, sedangkan tantangan keberlanjutan strategi literasi terdiri dari minimnya inisiasi sekolah dalam memancing kreatifitas literasi numerasi peserta didik diluar rutinitas proses belajar mengajar dan kurangnya sarana prasarana sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hariyanti Hariyanti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Riau

ppkn

References

Akbar, A. (2017). Membudayaan Literasi dengan Program 6M. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Chandra, C., Kharisma, A., & Fitryona, N. (2023). Desain Dongeng Imajinatif dalam Pembelajaran Oral Reading Fluency di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2568

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar (The Role Of The Teacher In The Literacy Movement Elementary Schools). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 2021.

Dewi, P. Y. A. (2019). Gerakan Membaca Di Awal Pelajaran Guna Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 77–85. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/article/view/249

Dian Purnama Putri, R., Tutur Martaningsih, S., & Prabowo, M. (2023). Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 1–12. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas10.12928/fundadikdas.v6i1.7169

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2021). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.

Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, September, 86–94.

Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. ISBN 978-6 (Issue Sumatera Utara).

Hariyanti. (2023a). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnl Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133–146.

Hariyanti, et all. (2023b). Kampus mengajar angkatan 4 dan peningkatan literasi numerasi peserta didik berkebutuhan khusus. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1482–1496.

Hariyanti, et al. (2023c). Campus teaching: an effort to enhance the primary education quality in remote area. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(2), 122–138. http://www.journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/5145/2596

Hidayah, L. (2017). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. Jurnal Ketahanan Pangan, 1(2), 48–58. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791

Ifrida, F., Huda, M., Joko Prayitno, H., Purnomo, E., & Sujalwo. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37.

Lestari, S., & Fatonah, K. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438.

Luluk Makrifatul, A. M. N., & Madhani. (2022). Analisis Keberlanjutan Program Mahasiswa Pada Program Kampus Mengajar Di Yogyakarta. El-Tarbawi, 15(2), 335–360. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol15.iss2.art8

Mengajar, T. P. K. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023.

Net, W. W. W. P., Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “ Kampus Mengajar MBKM Program ” on Students ’ Social Skills. 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Pardede, S. D., Pardede, S., & Siregar, H. A. (2022). Analisis Kegiatan Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4(4), 5422–5431.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Satyahadewi, N., Amir, A., Ashari, A. M., Apindiati, R. K., & Hartanti, L. (2022). Penguatan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 622–628. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.962

Sukma, E., Indrawati, T., & Suriani, A. (2020). Penggunaan Media Literasi Kelas Awal di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 103. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107623

Thanzani, A. (2022). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan). PSHPM: Prosiding Seminar Hasil Kegiatan …, 213–222. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/scfp/article/view/742

Waldi, A., Putri, N. M., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi , Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. 5(3), 284–292.

Downloads

Published

04-04-2025

How to Cite

Handayani, D., Hariyanti, H., & Sasmita, S. K. (2025). Analisis Strategi dan Tantangan Program Literasi Numerasi Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(3), 797–808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i3.6160

Issue

Section

Articles