Pengembangan Reading Domino sebagai Media Belajar Membaca Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun

Dian Erilya Batmanlusy(1Mail), Mozes Kurniawan(2),
(1) Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 DIAN ERILYA BATMANLUSY, MOZES KURNIAWAN

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.615

Download Full Text:   [File Size  : 1MB]  Language : ID
Received : 2020-06-24  |  Published : 2020-08-10

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media reading domino sebagai media belajar membaca bahasa Inggris pada anak usia dini 5-6 tahun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan yang mengembangkan media reading domino yang berisi materi media belajar membaca bahasa Inggris bagi anak.Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 44 anak TK B Lab Kristen Satya Wacana.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara untuk mendapatkan informasi.Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji validitas media reading domino sebagai media belajar membaca bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun termasuk dalam kategori “sesuai” dan uji validitas media untuk materi termasuk dalam kategori “sangat sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi. Dengan demikian, media reading domino sebagai media belajar membaca bahasa Inggris dapat digunakan untuk tahap selanjudnya yaitu tahap uji coba produk.


Keywords


pengembangan media; belajar membaca bahasa inggris, anak usia dini

References


Flynn, T. M. (1991). Development of social, personal and cognitive skills of preschool children in Montessori and traditional preschool programs, Early Child Development and Care, 72:1, 117-124, DOI: 10.1080/0300443910720111.

Hawadi, R. A. (2001). Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat,. Bakat, Dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini PAUD.

Kurniawan, M. (2018).The Analysis of Interlingual and Intralingual Interference in Children’s Literature Translation Project.Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, Volume 12, issue 2, December 2018.

Kurniawan.M. (2020). Testing ICT-based Learning Model'CreativeReading’asA Trigger of Children’s Metalinguistic Awareness in Learning English. JurnalPendidikanUsiaDini, Vol.14, No.1, pp. 1-14.

Liyana, A. &Kurniawan, M.(2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun.Jurnal Obsesi, volume 3, Issue I (2019) page 225–232.

Nurlaela, L. (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. 2019. UIN Raden Intan Lampung.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan, Volume 12, No.1, Pascasarjana UGM, Yogyakarta Tahun 2003, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UN Alauddin Makasar.

Retnaningsih, I. (2017). Pengembangan Media Kartu Kuartet untuk Mengembangkan Kosa Kata Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak. Pendidikan Guru PAUD, Universitas Pendidikan Anak Usia Dini Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 3 Tahun ke-6.

Salnita, Y.E. dkk. (2019). Language Acquisition for Early Childhood.Jurnal Obsesi, Volume 3 Issue 1, Pages 119-126.

Sari, P.M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Kartu di Kelompok B TK Ibnu Sina Barabang Aceh Besar. Skripsi, Terbiyah dan Keguruan, Progdi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Suciati. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. STAIN Kudus, Jawa Tegah Indonesia, Volume 5, No.2. Juli-Desember.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Widiarina, W. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Bagian Rumah Dalam Bahasa Inggris. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 421 – INF.425.


Article Metrics

 Abstract Views : 100 times
 PDF Downloaded : 33 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.