Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi PG-PAUD melalui Pendekatan Saintifik

(1) Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Copyright (c) 2020 Sance A Lamusu
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.609
Download Full Text:

Received : 2020-06-19 | Published : 2020-06-25
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan mahasiswa PG-PAUD dalam menulis resensi buku pendidikan anak usia dini melalui pendekatan saintifik. Subjek penelitian mahasiswa program studi PG-PAUD di Universitas Negeri Gorontalo yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keberhasilan secara klasikal dari 66,41 pada siklus I, menjadi 86,77 % pada siklus II terjadi peningkatan sekitar 20,36 %. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi buku pendidikan anak usia dini pada mahasiswa program studi PG-PAUD.
Keywords
References
Agustin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas. Jurnal DIKSATRASIA, 1(April), 2010–2012.
Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 95. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767
Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Pembuatan Media Story Board. AKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 29–46. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020103
Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 63–71.
Gereda, A. (2014). Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Musamus. MAGISTRA, 2(1), 125–137. https://doi.org/doi.org/10.35724/magistra.v2i1.325
Helmawati, Raja, P., & Samhati, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik SMA. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya).
Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 851–861. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468
Jayaningrum, M., Djumahana, N., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis ejaan bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(II), 14–25. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20558
Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). The Action Research Planner (Third Edit). Deakin University.
Komaidi, D. (2007). Aku Bisa Menulis (Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap). Sabda Media.
Laia, A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Ajaran. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 3(3), 99–106. https://doi.org/10.37081/ed.v3i3.497
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Miles, M., & Huberman, M. (2007). Analisis Data Kualitatif. UI Press.
Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru : Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665
Musaffak. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Pengambilan Matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM Semester II 2012 dengan Strategi Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 354–366.
Nugraha, J., Fuad, N., & Jakarta, U. N. (2019). Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learning di kelas iv sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 118–124. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37
Nugraha, V., Permana, I., & Permana, A. (2018). Pembelajaran Menulis Resensi Novel Pertemuan Dua Hati dan Laskar Pelangi Menggunakan Teknik. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p55-61.966
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34
Persadha, D. A. K. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis. MUADDIB, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n1.2016.1-20
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2), 34–46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683
Sulistia-dewi, E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa dengan Pengintegrasian Powers dalam Asessmen Portofolio Elektronik. Pendidikan Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2169
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). BP3SD Dirijen Dikti Depdikbud.
Wakhidah, N. (2018). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 150. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2950
Zubaidi, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Profesionalisme Guru dan Efektivitas Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 1060–1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.