Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi PG-PAUD melalui Pendekatan Saintifik

Sance A Lamusu(1Mail),
(1) Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Sance A Lamusu

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.609

Download Full Text:   [File Size  : 1MB]  Language : ID
Received : 2020-06-19  |  Published : 2020-06-25

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan mahasiswa PG-PAUD dalam menulis resensi buku pendidikan anak usia dini melalui pendekatan saintifik. Subjek penelitian mahasiswa program studi PG-PAUD di Universitas Negeri Gorontalo yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keberhasilan secara klasikal dari 66,41 pada siklus I, menjadi 86,77 % pada siklus II terjadi peningkatan sekitar 20,36 %. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi buku pendidikan anak usia dini pada mahasiswa program studi PG-PAUD.


Keywords


kemampuan menulis; pendekatan saintifik; mahasiswa pg-paud

References


Agustin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas. Jurnal DIKSATRASIA, 1(April), 2010–2012.

Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 95. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767

Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Pembuatan Media Story Board. AKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 29–46. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020103

Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 63–71.

Gereda, A. (2014). Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Musamus. MAGISTRA, 2(1), 125–137. https://doi.org/doi.org/10.35724/magistra.v2i1.325

Helmawati, Raja, P., & Samhati, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik SMA. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya).

Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 851–861. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468

Jayaningrum, M., Djumahana, N., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis ejaan bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(II), 14–25. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20558

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). The Action Research Planner (Third Edit). Deakin University.

Komaidi, D. (2007). Aku Bisa Menulis (Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap). Sabda Media.

Laia, A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Ajaran. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 3(3), 99–106. https://doi.org/10.37081/ed.v3i3.497

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Miles, M., & Huberman, M. (2007). Analisis Data Kualitatif. UI Press.

Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru : Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665

Musaffak. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Pengambilan Matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM Semester II 2012 dengan Strategi Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 354–366.

Nugraha, J., Fuad, N., & Jakarta, U. N. (2019). Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learning di kelas iv sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 118–124. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Nugraha, V., Permana, I., & Permana, A. (2018). Pembelajaran Menulis Resensi Novel Pertemuan Dua Hati dan Laskar Pelangi Menggunakan Teknik. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p55-61.966

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.34

Persadha, D. A. K. (2016). Studi Kompetensi Kemampuan Menulis. MUADDIB, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n1.2016.1-20

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2), 34–46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683

Sulistia-dewi, E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa dengan Pengintegrasian Powers dalam Asessmen Portofolio Elektronik. Pendidikan Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2169

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). BP3SD Dirijen Dikti Depdikbud.

Wakhidah, N. (2018). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 150. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2950

Zubaidi, M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Profesionalisme Guru dan Efektivitas Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 1060–1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505


Article Metrics

 Abstract Views : 111 times
 PDF Downloaded : 27 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.