
Author
Ramos Mardiansyah(1

Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(4)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(5)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(6)
Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia(7)

Published : 2025-03-03
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 0 times
PDF Downloaded: 0 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media Pop-Up Book berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan literasi awal anak usia dini pada materi budaya Nusantara. Sampel penelitian terdiri dari anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode one group pretest-posttest dan dianalisis menggunakan uji t-dependen dan uji N-Gain Score. Media pembelajaran ini dirancang untuk mengenalkan anak pada budaya Nusantara dengan menggunakan pendekatan Whole Language. Berdasarkan hasil paired sampel t-test dan uji N-Gain Skor, media pop-up book berbasis augmented reality dapat mengoptimalkan literasi awal anak pada materi budaya Nusantara secara efektif. Media ini memungkinkan anak untuk dapa berinteraksi secara lansung dengan materi pembelajaran melalui kombinasi visual pop-up book dan teknologi augmented reality, sehingga mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka terhadap budaya Nusantara. Dengan demikian, media pop-up book berbasis augmented reality merupakan inovasi yang mendukung pembelajaran yang lebih imersif, interaktif, dan menyenangkan bagi anak usia dini.
Keywords
References
Anggreani, C., & Satrio, A. (2021). Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5126–5135. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1639
Choirin Attalina, S. N., Efendi, A., Niswah, N., & Nugroho, V. A. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (Vr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa , 11(1 SE-Articles), 31–43. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2599
Etnawati, S. (2021). Teori Vygotsky Tentang Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan. Conference of Elementary Studies, 23–41.
Inda Hayati, F., & Yeni, I. (2023). Pengaruh Pop Up Book Dalam Mengenalkan Huruf Alphabet Di Taman Kanak-Kanak Bhakti Bunda Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2 SE-), 218–230. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v3i2.379
Istiqomah, E., ‘Aisyah, H. N., & Milati, N. (2020). Studi Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pop Up Kebudayaan Berbasis Audio Sebagai Penanaman Karakter Budaya Untuk Sd Kelas 4. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 21–28. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10215
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2021). Modul Literasi Baca Tulis di Sekolah.
Kirom, S., & Lestanti, S. (2022). Implementasi Media Smart Pop Up Book Untuk Meningkatkan Literasi Baca-Tulis Pada Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1507–1515. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.451
Mahardika, E. K., Nurmanita, T. S., Anam, K., & Prasetyo, M. A. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Usia Dini melalui Pengembangan Game Edukatif. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 80–93. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.287
Mawaddah, F. U., Safrina, R., & Hapidin. (2023). Buku Cerita Bergambar Digital “ Baso dan Pinisi yang Rusak ” untuk Meningkatkan Literasi Budaya Maritim Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 222–237. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.312
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Munawwarah, H., Dewi, R., & Menanti, A. (2023). Pengembangan media pop up book untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.29210/1202323375
Murti, I. G. W. P., & Handayani, D. A. P. (2022). Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 403–414. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49598
Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–39. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5616
Putri, V. M. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini di Kecamatan Lubuk Sikaping. Universitas Negeri Padang.
Rahmani, S. S., & Yaswinda. (2023). Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25193–25202. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10620
Salfiatika, N. (2021). Metode Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.