- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Metode BCCT untuk Pengembangan Lingkungan Belajar Literasi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6052Keywords:
lingkungan belajar, literasi dini, Pendidikan Anak Usia Dini, BCCTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Metode Beyond Centers and Circle Time (BCCT) sebagai metode yang berkualitas untuk mengajarkan literasi kepada anak pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari observasi, wawancara dengan pendidik, jawaban dari kuesioner yang diberikan kepada pengajar PAUD, dan kajian pustaka guna memperkuat hasil penelitian. Metode yang dilakukan adalah kualitatif dengan menganalisis data yang didapatkan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa BCCT berkontribusi pada keterampilan literasi anak. Sebanyak 43 responden dari 22 lembaga PAUD di Bandung Raya secara dominan memberikan respons bahwa pengimplementasian BCCT mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan berekspresi anak, terutama mendukung literasi anak pada bidang dasar menyimak, berbicara, membaca, bahkan menulis. Dengan mengadakan pelatihan terhadap pendidik PAUD, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bekal para pendidik untuk menerapkan BCCT sebagai metode dalam menyiapkan anak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Meskipun ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sarana dan media pembelajaran, dan dukungan orang tua maupun pemerintah, pendidik direkomendasikan untuk menjawab kendala tersebut melalui kolaborasi dan kreativitas yang memang menjadi esensi dari BCCT.Â
Downloads
References
Aeni, S. Q., & Setiasih, O. (2024). Memfasilitasi keterampilan berpikir kritis pada anak usia dini: Strategi komunikasi guru. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 28–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18072
Andayani, S. (2021). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), 230–238. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700
Apriyani, N. (2021). Metode bermain dalam pembelajaran anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 126–140. https://doi.org/10.19109/ra.v5i2.8933
Armanila, A., Turtati, A., Siregar, A. S., & Skd, S. M. (2022). Hubungan interior belajar dan bermain terhadap perkembangan bahasa AUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 77–93. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1116
Asmawati, L., Novita, D., Amini, M., & Pujiastuti, S. I. (2008). Pengelolaan kegiatan pengembangan anak usia dini [Skripsi, Universitas Terbuka]. Universitas Terbuka Repository. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4719
Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Chairani, R., & Handayani, H. (2024). Analysis of writing skill stages of 5-6 year old children in learning with the BCCT (Beyond Center and Circle Time) Model. Indonesian Journal of Advanced Research (IJAR), 3(5), 641–652.
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi guru mengenalkan konsep dasar literasi di PAUD sebagai persiapan masuk SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673
Fikriyah, Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94–107.
Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi bahasa anak usia dini 5-6 tahun melalui metode bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. JCARE: Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 7(1). http://doi.org/10.25273/jcare.v7i1.4698
Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan kreativitas anak usia ini melalui bermain. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 625–630.
Hasannah, R. G. U. (2019). Efektifitas metode mendongeng dalam meningkatkan kemampuan literasi dini anak prasekolah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3), 360–368. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4793
Hidayat, A. K. (2023). Analisis kebutuhan pembelajaran aktivitas fisik pada siswa pendidikan anak usia dini (Paud) usia 4-5 tahun berbasis Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 26–33.
Islamiyah, R., & Munawiti, E. (2022). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu belajar anak usia dini. The 6th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 6, 29–34. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece
Juniarti, F., & Jumiatin, D. (2019). Mengembangkan kecerdasan interpersonal melalui metode bermain peran pada anak usia dini di RA Al Hidayah Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5). https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p1-6
Khomsiyatun, U. (2019). Pola pengembangan literasi bahasa pada anak studi kasus di PAUD Wadas Kelir. Jurnal Metabasa, 1, 29–34. Leny, Sari, V. I. P., & Priyanti, N. (2022). Implementasi model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) di TK Islam Al-Azhar BSD. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.992
Maharani, P., Siregar, M., Ramadhini, A. A., & Pangesti, F. Z. (2023). Persepsi guru tentang seni musik terhadap perkembangan otak anak usia dini. Asghar : Journal of Children Studies, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.28918/asghar.v3i1.970
Masrurah, E. (2020). Implementasi model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (Bcct) dalam upaya meningkatkan kreativitas anak. Jurnal Al-Ibanah, 5(1), 198–224.
McAllister, K. J. (2012). Classroom environment and literacy engagement: A case study of one pre-kindergarten classroom [Master's thesis, State University of New York at Fredonia]. State University of New York Digital Repository. http://hdl.handle.net/20.500.12648/396
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Muanifah, A. (2024). Mendirikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang berkualitas. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(5), 385–390. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i5.1568
Mumun, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim Journal of Islamic, I(2), 277–294. https://dx.doi.org/10.51275/alim.v1i2.150
Mursid, H. (2021). Aplikasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 13(1), 25–36. https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.461
Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2021). Manajemen pembelajaran melalui pendekatan BCCT dalam meningkatkan multiple intelligences anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781
Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang-Undang No.20 Tahun 2003 dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 3(2), 57–87. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123
Rapiatunnisa. (2022). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui metode bermain peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423
Roostin, E., Aprilianti, R., & Martini, A. (2022). Pelatihan media permainan tradisional dakuca terhadap guru Raudathul Athfal Kabupaten Sumedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5154–5164. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1890
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1566.
Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi serta peran orang tua dan guru terhadap pentingnya stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Wahyuni, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi berdasarkan gaya belajar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Wahyuningsih, D. (2020). Model pembelajaran BCCT bagi anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangan. Dunia Anak Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 58–69. https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.930
Wahyuningsih, D., Pgmi, S., Tinggi, S., Islam, A., Labuha, A.-K., & Yogyakarta, U. N. (2015). Implementasi kearifan lokal melalui model BCCT untuk pengembangan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 10–23.
Wilis Werdiningsih. (2022). Implementasi model pembelajaran PAUD berbasis sentra dan waktu lingkaran dalam meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.101
Wulansari, R., Huriyah, F. S., Mulyana, E. H., & Qonita, Q. (2023). Peran dan strategi orang tua dalam keterampilan berbahasa anak usia dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 07(02), 390–400.
Wulansari, W., & Iswantiningtyas, V. (2019). Penanaman pendidikan karakter pada model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110–116. https://repository.unpkediri.ac.id/3559/
Wuryani, W., & Nugraha, V. (2021). Pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. Semantik, 10(1), 101–110. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p101-110
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2021). Problematika lembaga PAUD dalam memenuhi kebutuhan tenaga pendidik sesuai kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491