Peran Parent Influencers Media Sosial pada Pola Asuh Orang Tua Milenial

Author


Salma Aulia Khosibah(1Mail),
State University of Semarang (UNNES), Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 332KB]

Published : 2024-10-02

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 61 times PDF Downloaded: 34 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pergeseran peran dan pola pengasuhan baru yang didapatkan dari parent influencers. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Subjek penelitian berjumlah 3 informan sebagai orang tua milienial yang sedang menjalani pengasuhan pada anak usia dini dan mengikuti parent influencers di media sosial. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, semi tersturuktur wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi data sebagai pengecekan keabsahan data. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri dengan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa parent influencers sebagai sumber informasi terpecaya, role model, guru, validator, dan trendsetter pengasuhan. Sumber informasi pengasuhan dahulu dimiliki oleh ahli, guru, atau orang tua terdahulu, kemudian bergeser kepada parent infleuncers media sosial. Munculnya pola asuh baru pada orang tua milenial yang mengikuti parent influencers, pola asuh demokratis cenderung permisif yang sangat menekankan nilai kemandirian dan kesehatan mental anak usia dini.


Keywords


orang tua milenial; parent influencers; pola asuh.

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 4, Issue 1). CV. Syakir Media Press.

Anjani, S., & Irwansyah. (2020). Peranan Influencer dalam Mengkomunikasikan Pesan di Media Sosial Instagram. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203.

Arindita, R. (2019). Personal Branding Mom-Influencer Dan Representasi Ibu Millenial Di Media Sosial. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.722

Dogra, K. (2019). The Impact of Influencer Marketing on Brand Loyalty Towards Luxury Cosmetics Brands: Comparison of Generation Z and Millennial. In Modul University (Issue June). Modul Vienna University.

Fatmawati, E. (2020). Kebebasan Informasi Kalangan Milenial Dalam Ber-media Sosial. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 10(2), 94. https://doi.org/10.20473/jpua.v10i2.2020.94-103

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group.

Hennessy, B. (2018). influencer : Building your Personal Brand in the Age of Social Media. Citade.

Hutagalung, H. (2021). Analisi Kualitatif Fenomenologi Interpretatif pada Kemandirian Masyarakat Desa Wisata di Yogyakarta, Indonesia. Analisi Kualitatif Fenomenologi Interpretatif Pada Kemandirian Masyarakat Desa Wisata Di Yogyakarta, Indonesia, 4, 781–800.

Jacksen, E. H. S., & Nigar, P. (2021). Key opinion leaders. Koneksi, 5, 90–97. https://doi.org/EISSN 2598-0785

John Noon, E. (2018). Interpretive Phenomenological Analysis: An Appropriate Methodology for Educational Research? Journal of Perspectives in Applied Academic Practice, 6(1), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.14297/jpaap.v6i1.304

Jorge, A., Marôpo, L., Coelho, A. M., & Novello, L. (2022). Mummy influencers and professional sharenting. European Journal of Cultural Studies, 25(1), 166–182. https://doi.org/10.1177/13675494211004593

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46

Luthfiyah, F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.

Madiistriyatno, H. & D. H. (2019). GENERASI MILENIAL. Indigo Media.

Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.823

Nugroho, A. D., Pamungkas, T. B., Nurfauziah, H. Z., & Lestari, T. (2021). Pola Asuh Si Kecil Di Era Digital Pada Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 132–142.

Ridwan;, & Bangsawan, I. (2021). Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula. Anugerah Pratama Press.

Sakitri, G. (2021). Selamat Datang Gen Z , Sang Penggerak Inovasi ! Forum Manajemen Prasetiya Mulya, 35(2), 1–10.

Setiawan, R. (2021). Keterlekatan Internet Dalam Aktivitas Keseharian Dan Pendidikan Generasi Milenial. Jurnal Sosioteknologi, 20(1), 66–79. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2021.20.1.7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.