Author
Tuti Andriani(1), Ahmad Ansori(2), Zuhairansyah Zuhairansyah(3),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Indonesia(2)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 766KB]
Published : 2024-10-12
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 47 times PDF Downloaded: 18 timesAbstract
Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang efektif dapat memengaruhi kinerja guru, staf, serta lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan hasil penelitian tentang fungsi manajemen sumber daya manusia di taman kanak-kanak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Systematic Literature Review (SLR). Objek penelitian yaitu manajemen SDM di taman kanak-kanak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi pada beberapa artikel yang dikumpulkan dari jurnal yang ada di Google Scholar terbitan tahun 2019 sampai 2023. Data dianalisis dengan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa artikel paling banyak mengkaji mengenai manajemen SDM di taman kanak-kanak menggunakan metode kualitatif, sedangkan lokasinya menyebar di beberapa taman kanak-kanak dan daerah. Materi penelitian manajemen SDM lebih banyak membahas tentang manajemen sumber daya manusia secara operasional. Sedangkan penelitian tentang fungsi manajemen sumber daya manusia secara manajerial belum diteliti secara keseluruhan. Oleh karena itu masih ada peluang untuk melakukan penelitian manajemen sumber daya manusia secara manajerial.
Keywords
References
Aldiani, I., & Nelisma, Y. (2022). Penguatan Sumber Daya Manusia Melalui Reformasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Sumatera Barat. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 100–114. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.305
Ansori, A., Husarida, H., & Hasirah, H. (2022). Student’s Religious Character (Viewed From the Human Resource Management Perspective). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4306–4314. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2737
Ansori, A., Suyatno, S., & Sulisworo, D. (2021). School principal’s role in increasing teachers’ pedagogical and professional competence in elementary schools in Indonesia. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 98–112. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35635
Aulia, N. A., Amirudin, & Muzaki, I. A. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Rekrutmen Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SDN Mekar Mukti 01 Cikarang Utara Bekasi. Idaarah, 6(2), 370–379. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/29406 https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/29406
Basari, D. J., Sebgag, S., Noval, S. M. R., Mudrikah, A., & Mulyanto, A. (2023). Human Resource Management Model in Islamic Boarding School-Based Private Madrasah Tsanawiyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 14–30. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.2884
Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29
Diantoro, F. (2020). Implementasi Manajemen Personalia Pendidikan Islam Berbasis Pengabdian di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar, Jawa Timur. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 137–154. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-08
Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997
Fadlilah, Fitriani, S., Ansori, A., Chaniago, F., Oktariana, Y., Firdaus, H., & Jesica, M. (2023). Penguatan Kompetensi Calon Guru Dalam. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(10), 3814–3822. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3791255
Handayani, F., & Nurfuadi. (2023). Manajemen Sumber Daya Pendidik Taman Kanak-Kanak Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. JKIP: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 74–86. https://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/134
Hasanah, L., Syafira, P., Oktaviani, N., & ... (2023). Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Taman Kanak Kanak Nurul Hasanah. Jurnal Ilmiah Pesona …, 10(1). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/119955
Hijrawan, R. (2019). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Manajemen Di Madrasah ALiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Al-Fahim, 1(2), 5–10. https://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/alfahim/article/view/61
Imania. (2019). Strategi Knowledge Sharing Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Madrasah Diniyah Annafi’iyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 23. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i1.1405
Jamilah, Jesica, M., Fikri, A., Anwar, K., Ansori, A., & Anshori, S. (2024). Implementasi Metode Information Search pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2229–2237. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/6651
Jannah, Y. P. M., Mufidah, N., & Amrullah, A. M. K. (2022). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (Dosen) Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Bahasa Arab Ar-Raayah Sukabumi. Perspektif, 11(2), 185–194. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3369
Kusairi, K., St. Rodliyah, S. R., & Fauzi, I. (2023). The Role of Organizational Behavior in Creating Professional Human Resources. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 7(2), 357. https://doi.org/10.29240/jsmp.v7i2.6996
Kusuma, D. P. P., & Nasrulloh, A. (2022). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 142–157. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.286
Maghfiroh, & Santosa, S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Universitas Darussalam Gontor. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 16–23. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/110439
Mirela, T., & Santosa, S. (2022). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7(1), 44–54. https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i1.13981
Mubarok, R. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam Ramdanil Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.0118/alfahim.v3i2.183
Muktamar B, A., Kardini, N. L., Elshifa, A., Adiawaty, S., & Cicik Wijayanti, T. (2023). The Role of Quality Human Resources in Developing Missions of Future Universities in Indonesian Higher Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 49–59. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.342
Muslihat, M., & Ginanjar, M. H. (2019). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Smp Hasmi Islamic Boarding School Tamansari Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 103. https://doi.org/10.30868/im.v2i01.373
Noviandari, H., & Mujahada, K. S. (2023). Manajemen Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 239–251. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.567
Nurlindah, N., Mustami, M. K., & Musdalifah, M. (2020). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 40. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893
Rosdiana, R. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Cilegon Kota. Islamic Management: Jurnal …, 165–178. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.2809
Suarga. (2019). Tugas dan fungsi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Jurnal Idaarah, III(1), 164–174. https://www.neliti.com/publications/337954/tugas-dan-fungsi-manajemen-pendidik-dan-tenaga-kependidikan
Subaidi, S., Sudarmaji, S., Nasuka, M., & Munasir, M. (2021). The Implementation of Human Resource Management in Improving the Quality of Teacher’s Learning. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 579–586. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1554
Sulistiadi, A. (2021). Strategi Managemen Sdm Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 18(4), 233–242. https://doi.org/10.29259/jmbs.v18i4.9953
Syafaruddin, S., Susanti, E., & Hasana, W. (2021). Implementation of Teacher Career Development in Madrasah Aliyah Negeri. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 570–578. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1637
Syahbani, N., Nisa, K., Jalal, M., Nurhasanah, A., Junaidi, M., & Ansori, A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1186–1196. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6462
Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, F., & Fuad, M. I. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92–104. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350
Refbacks
- There are currently no refbacks.