Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age

Lely Suryani(1Mail), Stefania Baptis Seto(2),
(1) Pendidikan Matematika, Universitas Flores, Indonesia
(2) Pendidikan Matematika, Universitas Flores, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Mrs Lely Suryani, Mrs Stefani Baptis Seto

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Download Full Text:   [File Size  : 494KB]  Language : ID
Received : 2020-06-16  |  Published : 2020-09-11

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan perilaku cinta lingkungan menggunakan media audiovisual tentang kegiatan membuang sampah pada tempatnya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif kualitatif melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan 18 siswa/i kelas B2 TK Kartika Kodim Ende. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan video terkait kegiatan membuang sampah pada tempatnya di TK Kartika Kodim Ende berada pada kategori baik. Dalam hal ini langkah-langkah yang dilakukan guru berdasarkan perencanaan yang telah dibuat meliputi; a) pemberian pemahaman kegiatan memilah dan menempatkan sampah pada tempatnya b) menyedikan bak sampah terpilah jenis organik dan anorganik, serta c) memperaktekkan pemilahan dan penempatan sampah sesuai jenisnya ditempat yang benar, 2) Perilaku cinta lingkungan melalui kegiatan membuang sampah pada tempatnya berkembang sangat baik dan mengalami peningkatan sebesar 45%. Dimana siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 100% pada siklus ke II.


Keywords


perilaku, cinta lingkungan; video; tk kartika kodim ende

References


Annisa, E. N., Supriyati, Y., & Nurani, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Augusta. (2012). Pengertian Anak Usia Dini.

Barry.J. (2007). Enviroment and Social Theory. London.

Ekayanti, Y. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Tentang Lingkungan Prasekolahanak Usia 5-6 Tahun Tk Lkia Iii Pontianak. Artikel Ilmiah, 13.

Handayani Hilda, Yetri, & Ganda Putra ferdi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95

Irham, W. H., & Mahmud, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif dan Penggunaan Media Animasi Komputer. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 241–245. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.350

Ismail, A. (2018). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 16–29.

Kemmis,S & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin. University Press.

Kristanto. (2011). Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/TV Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Universitas Negri Surabaya, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vil11, N0. 1 April 2012.

Laurens, J. . (2012). Changing Behavior and Environment in a Community-Based Program of the Riverside Community.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Munir. (2012). Multimedia: Konsep dan Aolikasi dalam Pendidikan. Alpfabeta.

Otto Soemarwoto. (2001). No TitleEkologi Lingkungan Hidup. Djembatan.

Prananta, Yunina Resmi; Setyosari, Punandji; Santoso, A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 627–636. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.10332

Rupawati, D., Noviani, L., & Ariyanto, J. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 21–30.

Siti Aisyah. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Sudjoko, Maryam, Siti, S.Agung Wijaya, Setianingsih, Wita, Hidayanti, & Sukarni. (2014). Pendidikan Lingkungan Hidup. In: Perkembangan dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup. Universitas Terbuka.

Sue C. Wortham, & Belinda J. Hardin. (2005). Assessment in Early Childhood Education. Pea.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019

Sunanik, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Anak Usia Dini Di Tk Alam Alazhar Kutai Kartanegara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 81–110. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.71

Suryani, L., Tute, K. J., & Aje, A. U. (2019). Penumbuhan Karakter CInta Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan-Kegiatan Di Organisasi Anak Cinta Lingkungan Kabupaten Ende NTT. 4(2), 23–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v4i2.1082

Susilo, R. K. . (2012). Sosiologi Lingkungan. PT. Rajagrafindo Persada.

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 428–437. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358

Yulianti Dwi. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Kanak-Kanak. PT INdeks.


Article Metrics

 Abstract Views : 81 times
 PDF Downloaded : 34 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.