- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Sastra Ekologis sebagai Media Akselrasi Kemampuan Menyimak Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5990Keywords:
kemampuan menyimak, sastra ekologis, cinta lingkunganAbstract
Kemampuan menyimak merupakan bagian penting dalam pengembangan intelektual anak. Sastra ekologis dapat dipilih sebagai media untuk mengembangkan kemampuan menyimak. Artikel ini bertujuan untuk menginformasikan peran sastra ekologis sebagai media akselrasi kemampuan menyimak pada anak. Gagasan dikonstruksi melalui desain mixed methods dengan fase kuanitatif dan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang fenomena yang diteliti. Fase kuantitatif dengan eksperimen. Sumber data peserta didik sekolah dasar kelas rendah di Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan menyimak cerita. Peserta didik di kelas kontrol belajar dengan media cerita rakyat Banyumas. Peserta didik di kelas ekperimen belajar dengan media audiobook cerita ekologis. Uji hipotesis terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan paired sample t-test. Fase kualitatif dilaksanakan dengan teknik observasi dan wawancara dan validitas data triangulasi teknik. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,0003<0,05. Nilai rata-rata skor post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingan kelas kontrol yaitu 80,3>74,2. Cerita ekologis lebih unggul sebagai media untuk mengembangkan kemampuan menyimak karena di dalamnya menggambarkan peristiwa-peristiwa yang dekat dengan kehidupan anak. Akselrasi kemampuan menyimak dengan media sastra ekologis dilakukan dengan mendengarkan, memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, dan menanggapi.Downloads
References
Arianto. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara. Al Izzah : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 48–62.
Arifa, T. R., Barsihanor, B., Kumala, S., & Jumiati, J. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Madrasah Ibtidaiyah. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 107. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.7974
Aris, A., & Kusumaningrum, A. T. (2017). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2), 150–151.
Aurélio, L., França, S., Sequeira, V., Chainho, P., & Chaves, L. (2021). Tell a Story to Save a River: Assessing the Impact of Using a Children’s Book in the Classroom as a Tool to Promote Environmental Awareness. Frontiers in Marine Science, 8(1), 177–184.
Baldini, M. H., Tiefenbacher, R., Terzoglou, E., Strand, J., Hällqvist, V., Holmbom Strid, E., Anatoli, O., Sparrman, A., & Tesar, M. (2024). Listening to children and young people in Sweden: Practices, possibilities, and tensions. Global Studies of Childhood, 14(2), 214–226. https://doi.org/10.1177/20436106241246065
Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 131. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.
Cusnaki, A., & Syamsudin, A. (2022). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini melalui Permainan Blind Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2544–2552. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1994
Defi, S., Setyawan, A., Usman, M., & Rahbini, M. (2022). Improving Story Listening Skill of Class 5 Students Through The Word Square Learning. Maktab: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 13(1), 788–796.
Güldenpfennig, J., Bartel, A., & Arlt, S. (2023). Listening, reading, writing - Which method leads to the best learning outcome? Journal Tierarztliche Praxis, 51(4), 242–251. 10.1055/a-2136-7599
Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.†ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963
Hidayanti, N., Abidin, Z., & Susilaningsih, S. (2018). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sdn Lowokwaru 2 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p106
Horowitz-Kraus, T., Farah, R., DiFrancesco, M., & Vannest, J. (2017). The involvement of speed-of-processing in story listening in preschool children: A functional and structural connectivity study. Neuropediatrics, 48(1), 19–29.
Hutton, J. S., Dudley, J., DeWitt, T., & de Moraes, C. G. (2024). Neural Signature of Rhyming Ability During Story Listening in Preschool-Age Children. Brain Connectivity, 14(5), 294–303.
Hutton, J. S., Phelan, K., Horowitz-Kraus, T., Dudley, J., Altaye, M., DeWitt, T., & Holland, S. K. (2017). Shared Reading Quality and Brain Activation during Story Listening in Preschool-Age Children. Journal of Pediatrics, 19(1), 204–211.
Indiaswari, T. K., & Katoningsih, S. (2023). Evaluasi Peran Guru dalam Pembelajaran Bercerita Guna Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3675–3683. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4675
Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813
Kurniawan, H. (2012). Pembelajaran Cerita Untuk Anak Usia Dini: Suatu Pendekatan Kontekstual Berbasis Cinta Lingkungan. Jurnal Insania, 17(2), 133–147.
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.
Miller, G. ., & Spoolman, S. (2018). Essentials of Ecology. Unitet States: Cengage Learning.
Moriarty, S. (2021). Modeling Environmental Heroes in Literature for Children: Stories of Youth Climate Activist Greta Thunberg. Lion and the Unicorn, 45(2), 192–210.
Mubayyamah, M., & Prasetyoningsih, L. S. A. (2023). Faktor Ekologi dalam Kegiatan Menyimak Cerita pada Anak Usia Dini : Studi Kasus Bimbingan Belajar Nathania. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5643–5653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5219
Munawaroh, H., & Retyanto, B. D. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kabupaten Wonosobo. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 13–24. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1264
Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press.
Nurmawati, F., & Yulisetiani, S. (2023). Literasi Ekologi dalam Fabel Anak Tupai Yang Jera dan Kisah Lainnya Karya Yudhistira Ikranegara. Deiksis, 15(2), 166. https://doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.10588
Nursalim, A., Nurillah, D., Zuhro, N. S., & Susanti, M. (2023). Pengaruh Media Wayang Kertas terhadap Kemampuan Mendengar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7019–7029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5672
Purnami, W., Sarwanto, S., Suranto, S., Suyanti, R. D., & Mocerino, M. (2021). Investigation of Science Technology Ecocultural Society (STEcS) Model to Enhance Eco Critical Thinking Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 2(2), 77–85. https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i2.40
Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Sarumpaet, R. K. T. (2012). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Yaysan Pustaka Obor Indonesia.
Sembiring, M. M., Simanungkalit, E., Ambarita, D. F. P., & Handayani, D. (2022). Mahasiswa Membandingkan Teori dengan Mahasiswa Mampu merancang Model ,. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 12(3).
Siskawati, I. (2023). Komunikasi Positif Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.197
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Syah, E. F. (2020). Representasi Kerusakan Lingkungan Pada Cerita Anak The Time Travelling River Karya Parinita Shetty: Kajian Ekokritik Sastra. Forum Ilmiah, 17(3), 295–315. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-20198-11_1341.pdf
Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384
Wulandari, Rifa, S., & Hurustyanti, H. (2016). Character Building Anak Usia Dini Melalui. Journal Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 22–31.
Yeldham, M., & Gao, Y.-J. (2021). Examining whether learning outcomes are enhanced when L2 learners’ cognitive styles match listening instruction methods. Journal System, 97(1), 137–150.
Yulisetiani, S., & Sutrisno, D. N. A. (2023). the Ecological Wisdom of Banyumas Folklor As Literacy Material for Children. Jurnal Javanologi, 6(1), 1097. https://doi.org/10.20961/javanologi.v6i1.71408
Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581