Sastra Ekologis sebagai Media Akselrasi Kemampuan Menyimak Anak

Authors

  • Septi Yulisetiani Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5990

Keywords:

kemampuan menyimak, sastra ekologis, cinta lingkungan

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan bagian penting dalam pengembangan intelektual anak. Sastra ekologis dapat dipilih sebagai media untuk mengembangkan kemampuan menyimak. Artikel ini bertujuan untuk menginformasikan peran sastra ekologis sebagai media akselrasi kemampuan menyimak pada anak. Gagasan dikonstruksi melalui desain mixed methods dengan fase kuanitatif dan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang fenomena yang diteliti. Fase kuantitatif dengan eksperimen. Sumber data peserta didik sekolah dasar kelas rendah di Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan menyimak cerita.  Peserta didik di kelas kontrol belajar dengan media cerita rakyat Banyumas. Peserta didik di kelas ekperimen belajar dengan media audiobook cerita ekologis. Uji hipotesis terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan paired sample t-test. Fase kualitatif dilaksanakan dengan teknik observasi dan wawancara dan validitas data triangulasi teknik. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,0003<0,05. Nilai rata-rata skor post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingan kelas kontrol yaitu 80,3>74,2. Cerita ekologis lebih unggul sebagai media untuk mengembangkan kemampuan menyimak karena di dalamnya menggambarkan peristiwa-peristiwa yang dekat dengan kehidupan anak. Akselrasi kemampuan menyimak dengan media sastra ekologis dilakukan dengan mendengarkan, memahami, menginterpretasi, mengevaluasi, dan menanggapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara. Al Izzah : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 48–62.

Arifa, T. R., Barsihanor, B., Kumala, S., & Jumiati, J. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Madrasah Ibtidaiyah. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 107. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.7974

Aris, A., & Kusumaningrum, A. T. (2017). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2), 150–151.

Aurélio, L., França, S., Sequeira, V., Chainho, P., & Chaves, L. (2021). Tell a Story to Save a River: Assessing the Impact of Using a Children’s Book in the Classroom as a Tool to Promote Environmental Awareness. Frontiers in Marine Science, 8(1), 177–184.

Baldini, M. H., Tiefenbacher, R., Terzoglou, E., Strand, J., Hällqvist, V., Holmbom Strid, E., Anatoli, O., Sparrman, A., & Tesar, M. (2024). Listening to children and young people in Sweden: Practices, possibilities, and tensions. Global Studies of Childhood, 14(2), 214–226. https://doi.org/10.1177/20436106241246065

Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 131. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.

Cusnaki, A., & Syamsudin, A. (2022). Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini melalui Permainan Blind Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2544–2552. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1994

Defi, S., Setyawan, A., Usman, M., & Rahbini, M. (2022). Improving Story Listening Skill of Class 5 Students Through The Word Square Learning. Maktab: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 13(1), 788–796.

Güldenpfennig, J., Bartel, A., & Arlt, S. (2023). Listening, reading, writing - Which method leads to the best learning outcome? Journal Tierarztliche Praxis, 51(4), 242–251. 10.1055/a-2136-7599

Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.†ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963

Hidayanti, N., Abidin, Z., & Susilaningsih, S. (2018). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sdn Lowokwaru 2 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p106

Horowitz-Kraus, T., Farah, R., DiFrancesco, M., & Vannest, J. (2017). The involvement of speed-of-processing in story listening in preschool children: A functional and structural connectivity study. Neuropediatrics, 48(1), 19–29.

Hutton, J. S., Dudley, J., DeWitt, T., & de Moraes, C. G. (2024). Neural Signature of Rhyming Ability During Story Listening in Preschool-Age Children. Brain Connectivity, 14(5), 294–303.

Hutton, J. S., Phelan, K., Horowitz-Kraus, T., Dudley, J., Altaye, M., DeWitt, T., & Holland, S. K. (2017). Shared Reading Quality and Brain Activation during Story Listening in Preschool-Age Children. Journal of Pediatrics, 19(1), 204–211.

Indiaswari, T. K., & Katoningsih, S. (2023). Evaluasi Peran Guru dalam Pembelajaran Bercerita Guna Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3675–3683. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4675

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813

Kurniawan, H. (2012). Pembelajaran Cerita Untuk Anak Usia Dini: Suatu Pendekatan Kontekstual Berbasis Cinta Lingkungan. Jurnal Insania, 17(2), 133–147.

Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.

Miller, G. ., & Spoolman, S. (2018). Essentials of Ecology. Unitet States: Cengage Learning.

Moriarty, S. (2021). Modeling Environmental Heroes in Literature for Children: Stories of Youth Climate Activist Greta Thunberg. Lion and the Unicorn, 45(2), 192–210.

Mubayyamah, M., & Prasetyoningsih, L. S. A. (2023). Faktor Ekologi dalam Kegiatan Menyimak Cerita pada Anak Usia Dini : Studi Kasus Bimbingan Belajar Nathania. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5643–5653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5219

Munawaroh, H., & Retyanto, B. D. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Cinta Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kabupaten Wonosobo. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 13–24. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1264

Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press.

Nurmawati, F., & Yulisetiani, S. (2023). Literasi Ekologi dalam Fabel Anak Tupai Yang Jera dan Kisah Lainnya Karya Yudhistira Ikranegara. Deiksis, 15(2), 166. https://doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.10588

Nursalim, A., Nurillah, D., Zuhro, N. S., & Susanti, M. (2023). Pengaruh Media Wayang Kertas terhadap Kemampuan Mendengar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7019–7029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5672

Purnami, W., Sarwanto, S., Suranto, S., Suyanti, R. D., & Mocerino, M. (2021). Investigation of Science Technology Ecocultural Society (STEcS) Model to Enhance Eco Critical Thinking Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 2(2), 77–85. https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i2.40

Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Sarumpaet, R. K. T. (2012). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Yaysan Pustaka Obor Indonesia.

Sembiring, M. M., Simanungkalit, E., Ambarita, D. F. P., & Handayani, D. (2022). Mahasiswa Membandingkan Teori dengan Mahasiswa Mampu merancang Model ,. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 12(3).

Siskawati, I. (2023). Komunikasi Positif Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.197

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Syah, E. F. (2020). Representasi Kerusakan Lingkungan Pada Cerita Anak The Time Travelling River Karya Parinita Shetty: Kajian Ekokritik Sastra. Forum Ilmiah, 17(3), 295–315. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-20198-11_1341.pdf

Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384

Wulandari, Rifa, S., & Hurustyanti, H. (2016). Character Building Anak Usia Dini Melalui. Journal Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 22–31.

Yeldham, M., & Gao, Y.-J. (2021). Examining whether learning outcomes are enhanced when L2 learners’ cognitive styles match listening instruction methods. Journal System, 97(1), 137–150.

Yulisetiani, S., & Sutrisno, D. N. A. (2023). the Ecological Wisdom of Banyumas Folklor As Literacy Material for Children. Jurnal Javanologi, 6(1), 1097. https://doi.org/10.20961/javanologi.v6i1.71408

Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581

Downloads

Published

22-07-2024

How to Cite

Yulisetiani, S. (2024). Sastra Ekologis sebagai Media Akselrasi Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 491–504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5990

Issue

Section

Articles