Pengaruh Flipbook Digital Terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Kota Padang

Authors

  • Raytasya Gifara Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Saridewi Saridewi Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5974

Keywords:

Kemampuan Membaca, Flipbook Digital, Anak Usia Dini

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan membaca anak usia dini, dimana yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Padang, terhadap kemampuan membaca menggunakan pembelajaran masih secara manual. Akibatnya anak kurang tertarik dan merespon pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan flipbook digital terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji-t, namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelas eksperimen adalah 14,2 dan skor post-test adalah 19,2. Hasil pre-test rata-rata kelas kontrol 11,73 dan hasil post-test kelas kontrol 12,87. Kumpulan data akhir bersifat homogen dan tersebar secara teratur. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rohani. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka cipta.

Amalia, E.R., & Hasana. (2020). Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Jurnal Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 11(1) https://core.ac.uk/download/pdf/229442549.pdf

Ana Widyastuti. (2017). Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Dhieni, Nurbiana, dkk. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

https://repository.ut.ac.id/4695/

Fitri, N. D. (2020). Pengembangan media buku digital flipbook untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD

https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850

Hamalik, O, 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8, 2. 10.21831/jpai.v8i2.949

Munasti, K. (2012). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876-885) 10.31004/obsesi.v6i2.1567

Satria, G. T. (2017). “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV Jakarta Baratâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 10, Nomor 2 https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.114-120

Sohibun, & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.

https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/2177

Oktaviana, Winda. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Penggunaan Media Flipbook. Jurnal Iasisambas. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/1859/1418

Downloads

Published

25-07-2024

How to Cite

Gifara, R., & Saridewi, S. (2024). Pengaruh Flipbook Digital Terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Kota Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5974

Issue

Section

Articles