- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Flipbook Digital Terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5974Keywords:
Kemampuan Membaca, Flipbook Digital, Anak Usia DiniAbstract
Berdasarkan latar belakang penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan membaca anak usia dini, dimana yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Padang, terhadap kemampuan membaca menggunakan pembelajaran masih secara manual. Akibatnya anak kurang tertarik dan merespon pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan flipbook digital terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji-t, namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelas eksperimen adalah 14,2 dan skor post-test adalah 19,2. Hasil pre-test rata-rata kelas kontrol 11,73 dan hasil post-test kelas kontrol 12,87. Kumpulan data akhir bersifat homogen dan tersebar secara teratur. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
References
Ahmad Rohani. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka cipta.
Amalia, E.R., & Hasana. (2020). Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Jurnal Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 11(1) https://core.ac.uk/download/pdf/229442549.pdf
Ana Widyastuti. (2017). Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Dhieni, Nurbiana, dkk. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
https://repository.ut.ac.id/4695/
Fitri, N. D. (2020). Pengembangan media buku digital flipbook untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD
https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850
Hamalik, O, 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8, 2. 10.21831/jpai.v8i2.949
Munasti, K. (2012). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876-885) 10.31004/obsesi.v6i2.1567
Satria, G. T. (2017). “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV Jakarta Baratâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 10, Nomor 2 https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.114-120
Sohibun, & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.
https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/2177
Oktaviana, Winda. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Penggunaan Media Flipbook. Jurnal Iasisambas. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/1859/1418