- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Perspektif Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus terhadap Pelaksanaan Pendidikan Inklusi: Temuan dari Tinjauan Literatur
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5946Keywords:
pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus, perspektif orang tuaAbstract
Perspektif orang tua anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu integral yang memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif. Penelitian ini mencari tahu tentang bagaimana perspektif orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus terhadap sekolah inklusi. Studi literatur ini meninjau 8 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar dan Pubmed. Hasil analisis menunjukkan bahwasanya orang tua mempunyai perspektif positif dan negatif terhadap sekolah inklusi. Perspektif positif orang tua berupa keyakinan mereka bahwa sekolah inklusi akan dapat mendukung interaksi sosial anak, mengoptimalkan potensi anak, serta memberikan dukungan yang positif bagi anak. Sebaliknya, perspektif negatif berupa kekhawatiran orang tua akan bullying, kualifikasi guru yang kurang kompeten, serta fasilitas yang tidak memadai. Temuan ini menekankan pentingnya responsivitas terhadap perspektif orang tua untuk restrukturisasi kebijakan didasarkan pada keterlibatan orang tua dalam pengambilan keputusan dan evaluasi. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam pengambilan keputusan dan evaluasi perlu diperhatikan agar kebijakan yang diterapkan menciptakan lingkungan aman, inklusif dan mendukung perkembangan anak.
Downloads
References
Ainnayyah, R., Maulida, R. I., Ningtyas, A. A., & Istiana, I. (2019). Identifikasi komunikasi anak berkebutuhan khusus dalam interaksi sosial. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 48-52. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p48-52
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241
Aprilia, R. R. (2020). Layanan pendidikan pada siswa hiperaktif: studi kasus 2 siswa kelas V MI’Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 15(1). https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/3307
Arista, E. N., Istiningsih, S., & Safruddin, S. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran berbasis literasi numerasi di sekolah inklusi SDN 1 Sangkawana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2453-2459. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.990
Attard, N., & Booth, N. (2023). Autism and mainstream education: The parental perspective. International Journal of Educational Research, 121, 102234. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.102234
Bahdanovich Hanssen, N., & Erina, I. (2022). Parents’ views on inclusive education for children with special educational needs in Russia. European journal of special needs education, 37(5), 761-775. https://doi.org/10.1080/08856257.2021.1949092
Baroroh. E & Rukiyati(2022). Pandangan guru dan orang tua tentang pendidikan inklusif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3944-3952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510
Brydges, C., & Mkandawire, P. (2020). Perceptions and experiences of inclusive education among parents of children with disabilities in Lagos, Nigeria. International Journal of Inclusive Education, 24(6), 645-659. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1480669
Collins, A., Azmat, F., & Rentschler, R. (2019). Bringing everyone on the same journey’: revisiting inclusion in higher education. Studies in Higher Education, 44(8), 1475-1487. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1450852
Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus.
Dhoka, F. A., Poang, F., Dhey, K. A., & Lajo, M. Y. (2023). Pendidikan inklusi sebagai upaya mengatasi permasalahan sosial bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 20-30. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2109
Ekawati, D., & Lian, B. (2022, December). Peran orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi pada SD Negeri 4 Koba Kabupaten Bangka Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/307
Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam menjalani pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473-483. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3905452
Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2019). Kesiapan sekolah dalam melaksanakan pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 90-95. https://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p90-95
Hidayati, W. R., & Warmansyah, J. (2021). Pendidikan inklusi sebagai solusi dalam pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 207-212. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.147
Ishartiwi, I. (2023). Fungsi unit layanan disabilitas dalam mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 19(1), 7-19. https://doi.org/10.21831/jpk.v19i1.61202
Islam, A. D., Timorochmadi, F., Fakhrudin, M. Y., Yoseptry, R., Ratnawulan, T., & Rahayu, N. S. (2024). Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan bagi Penyandang Disabilitas di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 362-377. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1175
Kasman, K. (2020). Pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Education and Development, 8(2), 561750.
Khairuddin, K. (2020). Pendidikan inklusif di lembaga pendidikan. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i1.751
Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, A. F., Khayati, N. A., Muna, F., ... & Hidayatullah, A. F. (2020). Peranan guru dalam pendidikan inklusif untuk pencapaian program tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 55-61. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440
Mahandi, F. A., Rahmi, A., Iswantir, I., & Syam, H. (2022). Interaksi sosial anak Berkebutuhan Khusus di SMA N 2 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11126-11132. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4201
Mulyah, S., & Khoiri, Q. (2023). Kebijakan pemerintah terhadap pendidikan inklusif. Journal on Education, 5(3), 8270-8280. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1615
Nawati, S., Loren, H., & Andriani, O. (2024). Fasilitas yang sesuai untuk anak yang ber kebutuhan khusus di sekolah inklusi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 221-231. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2412
Ndasi, A. A. R., Iko, M., Meo, A. R., Bupu, M. Y., Dhiu, M. I., Inggo, M. S., ... & Wogo, R. (2023). Peran guru dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 173-181. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2106
Nurhakim, Y. F., & Furnamasari, Y. F. (2023). Sikap guru dalam menghadapi siswa yang berkebutuhan khusus di kelas 2 SDN Jelegong 01 Rancaekek. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 155-176. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1814
Nuriza, K. I. (2023). Interaksi sosial antara siswa reguler dengan berkebutuhan khusus dalam meningkatkan motivasi belajar (Studi kasus di MIT Ar-Roihan Lawang–Malang). Ebtida': Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 342-349. https://doi.org/10.33379/ebtida.v4i02.3819
Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Prosiding Ilmu Pendidikan. Solo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Ribbany, E. T. (2016). Bullying pada pola interaksi anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusif. Paradigma, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16755
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar Pancasila: sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sakinah, D. N., & Marlina, M. (2018). Perilaku bullying terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif Kota Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 1-6. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101497
Samadi, S. A., & McConkey, R. (2018). Perspectives on inclusive education of preschool children with autism spectrum disorders and other developmental disabilities in Iran. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(10), 2307. https://doi.org/10.3390/ijerph15102307
Sanisah, S. (2022). Persepsi dan Social Support Wali Murid dalam Pendidikan Karakter dan Inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9135-9147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3547
Sari, C. N., & Hendriani, W. (2021). Hambatan pendidikan inklusi dan bagaimana mengatasinya: telaah kritis sistematis dari berbagai negara. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 97-116. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.14154
Sidiq, Z., Latif, A., & Nurfaidah, N. (2022). Pendidikan inklusif: suatu strategi menuju pendidikan untuk semua. Journal of Disability Studies and Research (JDSR), 1(2), 101-115. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jdsr/article/view/1532
Tejaningrum, D. (2017). Perspektif orang tua terhadap implementasi pendidikan inklusif di taman kanak-kanak. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 1(1), 63-90.
Tryfon, M., Anastasia, A., & Eleni, R. (2021). Parental perspectives on inclusive education for children with intellectual disabilities in Greece. International journal of developmental disabilities, 67(6), 397-405. https://doi.org/10.1080/20473869.2019.1675429
Ummah, U. S., Tahar, M. M., & bin Mohd Yasin, M. H. (2021). Parents’ perspective towards inclusive education for children with intellectual disabilities in indonesia. International Conference on Information Technology and Education (ICITE). https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.006
Utama, D. G., & Heldisari, H. P. (2021). Pembelajaran dinamika pada ansambel gitar ditinjau dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Journal of Music Education and Performing Arts (JMEPA), 1(1), 16–22. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMEPA/article/view/22741
Wibowo, G. V., & Suyadi, S. (2021). Penerapan permainan bahasa guessing games berbasis powerpoint dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 7-18. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.31060