Perspektif Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus terhadap Pelaksanaan Pendidikan Inklusi: Temuan dari Tinjauan Literatur

Authors

  • Ray Rafiqin Qistan Psikologi, Universitas Udayana, Indonesia
  • Ni Luh Indah Desira Swandi Psikologi, Universitas Udayana,

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5946

Keywords:

pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus, perspektif orang tua

Abstract

Perspektif orang tua anak berkebutuhan khusus menjadi salah satu integral yang memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif. Penelitian ini mencari tahu tentang bagaimana perspektif orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus terhadap sekolah inklusi. Studi literatur ini meninjau 8 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Scholar dan Pubmed. Hasil analisis menunjukkan bahwasanya orang tua mempunyai perspektif positif dan negatif terhadap sekolah inklusi. Perspektif positif orang tua berupa keyakinan mereka bahwa sekolah inklusi akan dapat mendukung interaksi sosial anak, mengoptimalkan potensi anak, serta memberikan dukungan yang positif bagi anak. Sebaliknya, perspektif negatif berupa kekhawatiran orang tua akan bullying, kualifikasi guru yang kurang kompeten, serta fasilitas yang tidak memadai. Temuan ini menekankan pentingnya responsivitas terhadap perspektif orang tua untuk restrukturisasi kebijakan didasarkan pada keterlibatan orang tua dalam pengambilan keputusan dan evaluasi. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam pengambilan keputusan dan evaluasi perlu diperhatikan agar kebijakan yang diterapkan menciptakan lingkungan aman, inklusif dan mendukung perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainnayyah, R., Maulida, R. I., Ningtyas, A. A., & Istiana, I. (2019). Identifikasi komunikasi anak berkebutuhan khusus dalam interaksi sosial. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 48-52. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p48-52

Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Aprilia, R. R. (2020). Layanan pendidikan pada siswa hiperaktif: studi kasus 2 siswa kelas V MI’Ma’arif NU 1 Ajibarang Wetan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 15(1). https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/3307

Arista, E. N., Istiningsih, S., & Safruddin, S. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran berbasis literasi numerasi di sekolah inklusi SDN 1 Sangkawana. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2453-2459. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.990

Attard, N., & Booth, N. (2023). Autism and mainstream education: The parental perspective. International Journal of Educational Research, 121, 102234. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.102234

Bahdanovich Hanssen, N., & Erina, I. (2022). Parents’ views on inclusive education for children with special educational needs in Russia. European journal of special needs education, 37(5), 761-775. https://doi.org/10.1080/08856257.2021.1949092

Baroroh. E & Rukiyati(2022). Pandangan guru dan orang tua tentang pendidikan inklusif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3944-3952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510

Brydges, C., & Mkandawire, P. (2020). Perceptions and experiences of inclusive education among parents of children with disabilities in Lagos, Nigeria. International Journal of Inclusive Education, 24(6), 645-659. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1480669

Collins, A., Azmat, F., & Rentschler, R. (2019). Bringing everyone on the same journey’: revisiting inclusion in higher education. Studies in Higher Education, 44(8), 1475-1487. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1450852

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus.

Dhoka, F. A., Poang, F., Dhey, K. A., & Lajo, M. Y. (2023). Pendidikan inklusi sebagai upaya mengatasi permasalahan sosial bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 20-30. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2109

Ekawati, D., & Lian, B. (2022, December). Peran orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi pada SD Negeri 4 Koba Kabupaten Bangka Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/307

Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam menjalani pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473-483. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3905452

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2019). Kesiapan sekolah dalam melaksanakan pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 90-95. https://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p90-95

Hidayati, W. R., & Warmansyah, J. (2021). Pendidikan inklusi sebagai solusi dalam pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 207-212. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.147

Ishartiwi, I. (2023). Fungsi unit layanan disabilitas dalam mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 19(1), 7-19. https://doi.org/10.21831/jpk.v19i1.61202

Islam, A. D., Timorochmadi, F., Fakhrudin, M. Y., Yoseptry, R., Ratnawulan, T., & Rahayu, N. S. (2024). Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan bagi Penyandang Disabilitas di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 362-377. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1175

Kasman, K. (2020). Pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Education and Development, 8(2), 561750.

Khairuddin, K. (2020). Pendidikan inklusif di lembaga pendidikan. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i1.751

Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, A. F., Khayati, N. A., Muna, F., ... & Hidayatullah, A. F. (2020). Peranan guru dalam pendidikan inklusif untuk pencapaian program tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 55-61. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440

Mahandi, F. A., Rahmi, A., Iswantir, I., & Syam, H. (2022). Interaksi sosial anak Berkebutuhan Khusus di SMA N 2 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11126-11132. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4201

Mulyah, S., & Khoiri, Q. (2023). Kebijakan pemerintah terhadap pendidikan inklusif. Journal on Education, 5(3), 8270-8280. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1615

Nawati, S., Loren, H., & Andriani, O. (2024). Fasilitas yang sesuai untuk anak yang ber kebutuhan khusus di sekolah inklusi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 221-231. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2412

Ndasi, A. A. R., Iko, M., Meo, A. R., Bupu, M. Y., Dhiu, M. I., Inggo, M. S., ... & Wogo, R. (2023). Peran guru dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 173-181. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2106

Nurhakim, Y. F., & Furnamasari, Y. F. (2023). Sikap guru dalam menghadapi siswa yang berkebutuhan khusus di kelas 2 SDN Jelegong 01 Rancaekek. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 155-176. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1814

Nuriza, K. I. (2023). Interaksi sosial antara siswa reguler dengan berkebutuhan khusus dalam meningkatkan motivasi belajar (Studi kasus di MIT Ar-Roihan Lawang–Malang). Ebtida': Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 342-349. https://doi.org/10.33379/ebtida.v4i02.3819

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Prosiding Ilmu Pendidikan. Solo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Ribbany, E. T. (2016). Bullying pada pola interaksi anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusif. Paradigma, 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16755

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar Pancasila: sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sakinah, D. N., & Marlina, M. (2018). Perilaku bullying terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif Kota Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 1-6. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101497

Samadi, S. A., & McConkey, R. (2018). Perspectives on inclusive education of preschool children with autism spectrum disorders and other developmental disabilities in Iran. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(10), 2307. https://doi.org/10.3390/ijerph15102307

Sanisah, S. (2022). Persepsi dan Social Support Wali Murid dalam Pendidikan Karakter dan Inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9135-9147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3547

Sari, C. N., & Hendriani, W. (2021). Hambatan pendidikan inklusi dan bagaimana mengatasinya: telaah kritis sistematis dari berbagai negara. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 97-116. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.14154

Sidiq, Z., Latif, A., & Nurfaidah, N. (2022). Pendidikan inklusif: suatu strategi menuju pendidikan untuk semua. Journal of Disability Studies and Research (JDSR), 1(2), 101-115. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jdsr/article/view/1532

Tejaningrum, D. (2017). Perspektif orang tua terhadap implementasi pendidikan inklusif di taman kanak-kanak. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 1(1), 63-90.

Tryfon, M., Anastasia, A., & Eleni, R. (2021). Parental perspectives on inclusive education for children with intellectual disabilities in Greece. International journal of developmental disabilities, 67(6), 397-405. https://doi.org/10.1080/20473869.2019.1675429

Ummah, U. S., Tahar, M. M., & bin Mohd Yasin, M. H. (2021). Parents’ perspective towards inclusive education for children with intellectual disabilities in indonesia. International Conference on Information Technology and Education (ICITE). https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.006

Utama, D. G., & Heldisari, H. P. (2021). Pembelajaran dinamika pada ansambel gitar ditinjau dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Journal of Music Education and Performing Arts (JMEPA), 1(1), 16–22. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMEPA/article/view/22741

Wibowo, G. V., & Suyadi, S. (2021). Penerapan permainan bahasa guessing games berbasis powerpoint dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 7-18. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.31060

Downloads

Published

23-10-2024

How to Cite

Qistan, R. R., & Swandi, N. L. I. D. (2024). Perspektif Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus terhadap Pelaksanaan Pendidikan Inklusi: Temuan dari Tinjauan Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1257–1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5946

Issue

Section

Articles