Peran Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak

Authors

  • Elisabeth Tantiana Ngura Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Dimas Qondias Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Aurelia Mbali Ombong Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Citra Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.5933

Keywords:

Peran Komunikasi, Orang Tua, Bahasa anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum berkembangnya kecerdasan anak pada awal semester yang disebabkan oleh peran orang tua yang belum maksimal dalam memberikan motivasi dalam mengajak anak berkomunikasi agar anak memiliki kecerdasan bahasa yang dapat memberikan bekal dalam melanjutkan pembelajaran di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi orang tua terhdap kecerdasan bahasa anak. Menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif sampling yaitu enam keluarga anak usia dini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dan observasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode trianggulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi orang tua yang dapat membantu kecerdasan bahasa anak dapat melalui dua komponen yakni empati dalam komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, serta keterbukaan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka kepada orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813

Ardi P. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 19–24. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016

Bruno, L. (2019). Summary for Policymakers. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Cahyani, A. D. N., & Rasydah, A. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Yang Berkorelasi Dengan Tri Pusat Pendidikan. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 110–116. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.21927

Ganarsih, A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3), 186–195.

Hamia, Muhiddin, P., & Arsal, A. F. (2020). Keterampilan Komunikasi Peserta Didik : Studi Kasus Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Sidrap. Jurnal Pendidikan, 9(2), 2–3.

Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Stimulasi Sensori Pen- Dengaran Bagi Anak Toddler di TPA/PAUD. Early Childhood Education Journal, 2(1), 1–5.

Hasnawiah. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Desa Panincong Kec. Marioriawa Kabupaten Soppeng. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1–89.

Hasriyati, N. (2020). Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur ’ an Jakarta. 57.

Hery Qusyairi, L. A., Saipul Watoni, M., & Nurul Fatihi, Z. (2023). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Di Ra Sa’Adatul Ikhwan Nw Rensing Kecamatan Sakra Barat. Juni, 5(1), 1–11. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konsep Dasar Self Disclosure dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 110. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i1.2202

Indrajaya, T., Tetap, D., & Respati, U. (2015). 183-377-1-Sm. 6(2), 256–264.

Kim, T., & Sung, Y. (2019). Ceo’S Self-Disclosure on Social Media. Global Fashion Management Conference, 2019(12), 186–186. https://doi.org/10.15444/gfmc2019.02.03.04

Laely, K. (2013). Melalui Penerapan Media Kartu Gambar Paud PPs Universitas Negeri Jakarta Kalinegoro dengan cara dipaksakan yaitu anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 1–20. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/45

Mainizar, M. (2013). Peranan Orang Tua Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia 2-6 Tahun. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 91. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.516

Moon, K. A. (2011). Nathaniel J. Raskin: Encounters in Groups and in His Writings. The Person-Centered Journal, 18(2).

Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27195

Ngura, E. T. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini Di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. 5(1), 6–14.

Nursalim, A., Nurillah, D., Zuhro, N. S., & Susanti, M. (2023). Pengaruh Media Wayang Kertas terhadap Kemampuan Mendengar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7019–7029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5672

Pangestuti, L. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membina Ketrampilan Berkomunikasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Cabean Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. J+Plus Unesa, 7(2), 1–9.

Parapat, A., Munisa, & Novianti, R. (2023). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Social Science Research, 3(3), 9909–9918. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3327

Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567

Runtiko, A. G. (2022). Kajian Literatur Naratif Pendekatan Teoritis Komunikasi Keluarga. Jurnal Common, 5(2), 134–143. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.4780

Septiani, D., Azzahra, P. N., Wulandari, S. N., & Manuardi, A. R. (2019). Self Disclosure Dalam Komunikasi Interpersonal: Kesetiaan, Cinta, Dan Kasih Sayang. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(6), 265. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.4128

Setyaningsih, U., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340

Downloads

Published

09-08-2024

How to Cite

Ngura, E. T., Qondias, D., & Ombong, A. M. (2024). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4), 676–686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.5933

Issue

Section

Articles