Dampak Kompetensi Pedagogis terhadap Pemahaman Penggunaan Alat Permainan Edukatif di PAUD

Authors

  • Theresia Alviani Sum Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-5502-9295
  • Katarina Awul Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5928

Keywords:

kompetensi pedagogi, pemahaman guru PAUD, alat permainan edukatif

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak kemampuan mengajar guru PAUD terhadap pengetahuan mereka tentang penggunaan APE di wilayah Langke Rembong, Manggarai pada tahun 2023. Pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi sederhana digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak dua puluh lima guru PAUD dipilih sebagai sampel melalui metode cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif yang telah melalui proses validasi. Temuan penelitian mengungkapkan adanya pengaruh yang signifikan dari kompetensi pedagogis guru terhadap pemahaman mereka dalam menggunakan APE, dengan persamaan regresi diperoleh sebagai berikut: Y = 26,483 + 0,553X. Hasil ini menunjukkan adanya hubungan positif dengan tingkat kekuatan sedang, di mana koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,476. Kemampuan mengajar guru berkontribusi terhadap pemahaman penggunaan APE, meskipun kontribusi ini dianggap rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa walaupun terdapat faktor-faktor lain yang turut memengaruhi, kompetensi pedagogis guru PAUD terbukti memiliki pengaruh yang penting terhadap pemahaman dalam penggunaan APE.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007

Firda, T. F., Novianti, R., Padillah, Andriani, D., Jaya, M. P. S., Intan, F. R., & Idayana, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Ramah Lingkungan (Bahan Bekas) Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.51529/kjpm.v3i2.460

Fransiska, F. (2022). Kompetensi pedagogik guru tk dalam penggunaan alat permainan edukatif (ape). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), 23. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.1198

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Kalmpourtzis, G. (2018). Educational Game Design Fundamentals. In Educational Game Design Fundamentals (1st Editio). A K Peters/CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781315208794

Kuswandi, D., Thaariq, Z. Z. A., Ramadhani, L. R., Wijanarko, D. A., Hamudi, R. W. D., Sinaga, M. N. A., Diana, R. C., Nurdiansa, E. S., & Khoirunnisa. (2020). The Role of Educational Technologists in Building the Skills of Early Childhood Teachers With TRINGO Ki Hadjar Dewantara Approach. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 487(November). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.026

Lena, H., Rukiyah, R., Syafdaningsih, S., Rantina, M., Utami, F., Karnita, A., Karnita, A., Munawaroh, A., & Munawaroh, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Pendekatan Saintifik bagi Guru PAUD di Kota Palembang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 332. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.2480

Maravelakis, P. (2019). The use of statistics in social sciences. Journal of Humanities and Applied Social Sciences, 1(2), 87–97. https://doi.org/10.1108/jhass-08-2019-0038

Marienda, W. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Meizharini, S. A., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Mengenai Keamanan Pada Alat Bermain Anak Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7698

Mosalanejad, L., Razeghi, B., & Ifard, S. A. (2018). Educational Game: A Fun and team based learning in psychiatric course and its effects on Learning Indicators. Bangladesh Journal of Medical Science, 17(4), 631–637. https://doi.org/10.3329/bjms.v17i4.38328

Muhammad, A. S., & Abubakar, A. (2019). Development of Early Childhood Education Teachers in the Teaching and Learning Process by Inspectors in an Attempt of Improving Teacher Performance. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 258(Icream 2018), 69–73. https://doi.org/10.2991/icream-18.2019.15

Petelin, A. S., Galustyan, O. V, Prosvetova, T. S., Petelina, E. A., & Ryzhenkov, A. Y. (2019). Application of educational games for formation and development of ICT competence of teachers. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(15), 193–201. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i15.10572

Rianti, Masitoh, I., Andriani, T. A., Solihat, I., & Istrianti, D. (2022). Socialization and Training of Making Educational Game Tools from Waste in Tunggilis Village. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang776

Setyowati, C. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Bahan Bekas. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 80–91. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1696

Sugiyono. D. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta.

Sukani, M. A., & Karim, A. H. A. (2018). Competency Teaching and Learning 21st Century Education: Preschool Teacher. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 274, 163–169. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.37

Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177

Tang, S. Y. F., Wong, A. K. Y., & Cheng, M. M. H. (2016). Examining professional learning and the preparation of professionally competent teachers in initial teacher education. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 22(1), 54–69. https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1023028

Tayler, C., Cloney, D., Adams, R., Ishimine, K., Thorpe, K., & Nguyen, T. K. C. (2016). Assessing the effectiveness of Australian early childhood education and care experiences: Study protocol. BMC Public Health, 16(1). https://doi.org/10.1186/s12889-016-2985-1

Vygotsky, L. S. (1967). Play and Its Role in the Mental Development of the Child. Soviet Psychology, 5(3), 6–18. https://doi.org/10.2753/rpo1061-040505036

Zomer, N. R., & Robin H. Kay. (2016). Technology Use in Early Childhood Education : A Review of Literature Technology Use in Early Childhood Education : A Review of Literature. March.

Downloads

Additional Files

Published

18-10-2024

How to Cite

Sum, T. A., & Awul, K. (2024). Dampak Kompetensi Pedagogis terhadap Pemahaman Penggunaan Alat Permainan Edukatif di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1167–1173. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5928

Issue

Section

Articles