- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peningkatan Kemampuan motorik Kasar melalui Permainan Hadrah pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5914Keywords:
kemampuan motorik kasar, pendidikan anak usia dini, permainan hadrahAbstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi alwal perkembangan anak usai dini dalam mempersiapkan kehidupan yang akan datang bagi anak. Tujuan penelitian ini. Media yang digunakan adalah bermain Hadrah atau Rabana. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menunjukan perkembangan morik kasar pada anak usia dini di TK Sulthoni sudah terselenggara dengan baik. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesilpulan bahwa perkembangan motorik di TK Sulthoni dapat membantu anak dapat memegang alat musik hadrah dengan menggunakan satu tangan dan satu tangannya lagi memukul alat tersebut, kemampuan mengkoordinasikan lagu dan gerakan sesuai dengan ritmenya, perkembanagn motorik kasar pada anak dapat membantu dan melatih keseimbangan pada anak, dan meningkatkan kemampuan fisik bagi anak.
Downloads
References
Agung, A. D., Sandi, P. A., & Darumoyo, K. (n.d.). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana Jurnal Porkes ( Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi ). 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1
Aguss Rachmi Marsheilla, Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. 8(1), 46–56. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1368
Ailwood, J. O. (2003). Governing Early Childhood. Contemporary Issues in Early Childhood, 4(3), 286–299. https://doi.org/10.2304/ciec.2003.4.3.5
Aliriad, H., Da’i, M., S, A., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4149
Aljupri, S. M. (2023). Peran Permainan Egrang Dalam Melatih Keseimbangan Tubuh Anak. Keterampilan Teknik Dasar Passing Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Pada Sekolah Menengah Pertama, 12, 13–21. https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.33677
Arisanti, K., Tarbiyah, F., Islam, U., & Hasan, Z. (2022). Penguatan nilai – nilai karakter siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler hadrah. 12(01), 70–77. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186.
Aye, T., Oo, K. S., & Khin, M. T. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar. June 2016, 1772–1778. https://doi.org/10.1589/jpts.29.1772
Azzahra, N. N. (2024). Perancangan Kids Small Playground untuk Melatih Motorik Anak Pra-Sekolah (3 – 6 Tahun). Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour, 3(1), 1. https://doi.org/10.36262/dpj.v3i1.978
Basyiroh Iis. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. 3(2). https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646
Bawono, Y., & Wahidah, S. (2015). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1807
Br, S. J., Damaiwaty R, & Lubis, M. S. (2020). Pengaruh Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5 – 6 Tahun di Tk Melbourn. 6(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19159
Dalila, S., Suyono, Ratika, B., & Hafni, S. N. (2024). Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Di Sd Amir Hamzah Sastri. 10. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3260
Eka Aditiya Agustina, Syifa Nadya Salsabila Agatha, & Novita Widiyaningrum. (2022). Mengembangkan Motorik Kasar Aud Dengan Bermain Permainan Tradisional. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 92–97. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.583
Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Aá¹fÄlunÄ: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1284
Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta, 7, 195–200.
Ilmi Azizah, A. N. (2023). Melatih Kemampuan Motorik Halus Dan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Tahta Media, 4. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/368
Iwo, A., Sukmandari, N. M. A., & Prihandini, C. W. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Balita di Puskesmas Tampaksiring II. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(1), 1. https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.92
Kasar, M., Anak, P., Permainan, M., & Sodor, G. (2024). Kegiatan Olahraga Untuk Melatih Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Melalui Permainan Gobak Sodor Dinda. 2. https://doi.org/10.6732/jayabama.v2i1.3390
Lita, L., Gilar Jatisunda, M., Salim Nahdi, D., Nurlatifah, I., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2023). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Outbond Kids. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1133–1140. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5274
Mahmud, B., Studi, P., Islam, P., & Usia, A. (2018). Urgansi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. 12, 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Maulina, S. (2022). Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kidal (Studi Kasus Pada Anak Kidal Usia 6-7 Tahun Di Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur). Al Hanin, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.38153/alhanin.v1i1.79
Mof, Y., Amin, B., Ramadan, W., & Pranajaya, S. A. (2023). Terapi Motorik Anak: Studi Awal Terapi pada Anak Autisme di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Kalsel. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 8328–8338. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5003
Mukhlisa, N., & Kurnia, selia dwi. (2020). Penerapan permainan papan titian dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini. Educhild, 2(1), 65–75. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1312
Munawaroh, M., Suroso, S., & Farid, M. (2019). Pengaruh Tari Rodad Hadrah Terhadap Religiositas Remaja. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 11(1), 25–42. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol11.iss1.art3
Okely, A. D., Booth, M. L., & Chey, T. (2013). Relationships between Body Composition and Fundamental Movement Skills among Children and Adolescents. Research Quarterly for Exercise and Sport, 75(3), 238–247. https://doi.org/10.1080/02701367.2004.10609157
Paudia, J. P. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Paudia, 1(1), 59–74. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Rozzaq, U. H. N., & Sutapa, P. (2022). Upaya Guru dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2777
Sanenek, A. K., Nurhafizah, N., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Analisis Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1391–1401. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4177
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaf, Kualitatif, Rnd, dan Penelitian pendidikan (nuryanto Apri (ed.); 3rd ed.). Alfabeta. www.cvalfalbeta.co.id
Sumiyati, S. (2018). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 78. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2509
Susanti, Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 80–89. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39690
Trisnawati, I., & Attamimi, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Dadu. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(1), 75–95. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i1.513
Wardoyo, A. S., & Wicaksono, A. P. (2021). Perspektif Seni dalam Islam: Pelatihan Hadrah pada Anak-Anak di Dusun Kalitelon RT 03 RW 04 Kaligentong, Gladaksari, Boyolali. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(09), 53–57.
Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Yosinta, S. I., Nasirun, M., & Syam, N. (2016). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok Septi Islinia Yosinta. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 56–60. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.57-61
Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. 4(2252), 11–24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p11-24.569
Yuliantini, S., & Melaty, P. (2023). Penerapan Permainan Maze dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Kasar. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 275–287. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1676