Peningkatan Kemampuan motorik Kasar melalui Permainan Hadrah pada Anak Usia Dini

Authors

  • Naldien Syarran Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Sudaryanti Sudaryanti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5914

Keywords:

kemampuan motorik kasar, pendidikan anak usia dini, permainan hadrah

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi alwal perkembangan anak usai dini dalam mempersiapkan kehidupan yang akan datang bagi anak. Tujuan penelitian ini. Media yang digunakan adalah bermain Hadrah atau Rabana. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menunjukan perkembangan morik kasar pada anak usia dini di TK Sulthoni sudah terselenggara dengan baik. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesilpulan bahwa perkembangan motorik di TK Sulthoni dapat membantu anak dapat memegang alat musik hadrah dengan menggunakan satu tangan dan satu tangannya lagi memukul alat tersebut, kemampuan mengkoordinasikan lagu dan gerakan sesuai dengan ritmenya, perkembanagn motorik kasar pada anak dapat membantu dan melatih keseimbangan pada anak, dan meningkatkan kemampuan fisik bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. D., Sandi, P. A., & Darumoyo, K. (n.d.). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana Jurnal Porkes ( Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi ). 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1

Aguss Rachmi Marsheilla, Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. 8(1), 46–56. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1368

Ailwood, J. O. (2003). Governing Early Childhood. Contemporary Issues in Early Childhood, 4(3), 286–299. https://doi.org/10.2304/ciec.2003.4.3.5

Aliriad, H., Da’i, M., S, A., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4149

Aljupri, S. M. (2023). Peran Permainan Egrang Dalam Melatih Keseimbangan Tubuh Anak. Keterampilan Teknik Dasar Passing Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Pada Sekolah Menengah Pertama, 12, 13–21. https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.33677

Arisanti, K., Tarbiyah, F., Islam, U., & Hasan, Z. (2022). Penguatan nilai – nilai karakter siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler hadrah. 12(01), 70–77. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186.

Aye, T., Oo, K. S., & Khin, M. T. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar. June 2016, 1772–1778. https://doi.org/10.1589/jpts.29.1772

Azzahra, N. N. (2024). Perancangan Kids Small Playground untuk Melatih Motorik Anak Pra-Sekolah (3 – 6 Tahun). Desainpedia Journal of Urban Design, Lifestyle & Behaviour, 3(1), 1. https://doi.org/10.36262/dpj.v3i1.978

Basyiroh Iis. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. 3(2). https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646

Bawono, Y., & Wahidah, S. (2015). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1807

Br, S. J., Damaiwaty R, & Lubis, M. S. (2020). Pengaruh Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5 – 6 Tahun di Tk Melbourn. 6(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19159

Dalila, S., Suyono, Ratika, B., & Hafni, S. N. (2024). Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Di Sd Amir Hamzah Sastri. 10. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3260

Eka Aditiya Agustina, Syifa Nadya Salsabila Agatha, & Novita Widiyaningrum. (2022). Mengembangkan Motorik Kasar Aud Dengan Bermain Permainan Tradisional. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 92–97. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.583

Harahap, F., & Seprina. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Aá¹­fÄlunÄ: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1284

Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta, 7, 195–200.

Ilmi Azizah, A. N. (2023). Melatih Kemampuan Motorik Halus Dan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Tahta Media, 4. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/368

Iwo, A., Sukmandari, N. M. A., & Prihandini, C. W. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Balita di Puskesmas Tampaksiring II. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(1), 1. https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.92

Kasar, M., Anak, P., Permainan, M., & Sodor, G. (2024). Kegiatan Olahraga Untuk Melatih Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Melalui Permainan Gobak Sodor Dinda. 2. https://doi.org/10.6732/jayabama.v2i1.3390

Lita, L., Gilar Jatisunda, M., Salim Nahdi, D., Nurlatifah, I., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2023). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Outbond Kids. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1133–1140. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5274

Mahmud, B., Studi, P., Islam, P., & Usia, A. (2018). Urgansi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. 12, 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Maulina, S. (2022). Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kidal (Studi Kasus Pada Anak Kidal Usia 6-7 Tahun Di Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur). Al Hanin, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.38153/alhanin.v1i1.79

Mof, Y., Amin, B., Ramadan, W., & Pranajaya, S. A. (2023). Terapi Motorik Anak: Studi Awal Terapi pada Anak Autisme di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Kalsel. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 8328–8338. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5003

Mukhlisa, N., & Kurnia, selia dwi. (2020). Penerapan permainan papan titian dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini. Educhild, 2(1), 65–75. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1312

Munawaroh, M., Suroso, S., & Farid, M. (2019). Pengaruh Tari Rodad Hadrah Terhadap Religiositas Remaja. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 11(1), 25–42. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol11.iss1.art3

Okely, A. D., Booth, M. L., & Chey, T. (2013). Relationships between Body Composition and Fundamental Movement Skills among Children and Adolescents. Research Quarterly for Exercise and Sport, 75(3), 238–247. https://doi.org/10.1080/02701367.2004.10609157

Paudia, J. P. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Paudia, 1(1), 59–74. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Rozzaq, U. H. N., & Sutapa, P. (2022). Upaya Guru dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2777

Sanenek, A. K., Nurhafizah, N., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Analisis Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1391–1401. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4177

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaf, Kualitatif, Rnd, dan Penelitian pendidikan (nuryanto Apri (ed.); 3rd ed.). Alfabeta. www.cvalfalbeta.co.id

Sumiyati, S. (2018). Metode Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 78. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2509

Susanti, Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 80–89. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39690

Trisnawati, I., & Attamimi, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Dadu. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(1), 75–95. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i1.513

Wardoyo, A. S., & Wicaksono, A. P. (2021). Perspektif Seni dalam Islam: Pelatihan Hadrah pada Anak-Anak di Dusun Kalitelon RT 03 RW 04 Kaligentong, Gladaksari, Boyolali. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(09), 53–57.

Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Yosinta, S. I., Nasirun, M., & Syam, N. (2016). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok Septi Islinia Yosinta. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 56–60. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.57-61

Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. 4(2252), 11–24. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p11-24.569

Yuliantini, S., & Melaty, P. (2023). Penerapan Permainan Maze dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Motorik Kasar. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 275–287. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i2.1676

Downloads

Published

07-08-2024

How to Cite

Syarran, N., Sudaryanti, S., & Afiif, A. (2024). Peningkatan Kemampuan motorik Kasar melalui Permainan Hadrah pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 648–656. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5914

Issue

Section

Articles