Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Permainan Eduktif Puzzle

Authors

  • Ahmadin Ahmadin Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Hendra Hendra Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Lukman Lukman Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Nurfidianty Annafi Pendidikan Kimia, STKIP Bima, Indonesia
  • Muslim Muslim Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5905

Keywords:

anak usia dini, motorik halus, permainan edukatif puzzle

Abstract

Keterampilan motorik halus sangat penting bagi perkembangan Anak Usia Dini. Cara untuk mengembangkan keterampilan motorik halus pada Anak Usia Dini salah satunya adalah melalui permainan edukatif, salah satunya adalah puzzle. Permainan ini dapat mengasah perkembangan mototik halus pada anak. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari kegunaan mainan edukatif khususnya puzzle terhadap perkembangan keterampilan motorik halus Anak Usia Dini. Metode penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini terdiri dari 15 anak di TK Al-Mahasin Kota Bima. Cara mengumpulkan data melalui observasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan puzzle pada Anak Usia Dini di TK Al-Mahasin Kota Bima sesuai langkah-langkah yang sudah ditetapkan dengan kriteria Baik. Aktivitas anak saat mengikuti kegiatan pembelajaran pengembangan aspek motorik halus dalam dalam kegiatan meniru bentuk mengalami peningkatan dengan mencapai kriteria Seluruhnya Aktif, begitu juga dengan kreativitas anak saat mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan dengan mencapai kriteria Seluruhnya Kreatif sehingga hasil pengembangan aspek motorik halus mengalami perkembangan dengan kriteria seluruhnya berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmadin Ahmadin, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Bima

Semoga Cepat Respon

References

Abristiana, P. O., Kristanti, A., & Aisyatul W., A. (2020). Pengenalan Angka Menggunakan Permainan Puzzle dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi dan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Play Group Se-Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 70–86. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.314

Akollo, J. G., Tarumasely, Y., & Surur, M. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Teknik Kolase Berbahan Loleba. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 358–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3748

Al Hakim, R. M., & Rahmah, L. (2019). Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 269–286. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-05

Andriani, J., & Daryati, M. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Ape Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini: Studi Literatur. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(1). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/12315/0

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Azizah, I., & Abd Jabar, C. S. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1733–1744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4194

Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 6. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & ‘Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72.https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Ilato, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menyusun Sebuah Gambar Melalui Permainan Puzzle Bagi Anak Usia Dini 3-4 Tahun di RA AT-TAQWA Matayanagan. Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–23. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/12368/8937

Izzaty, R. E. (2017). Perilaku anak prasekolah. Elex Media Komputindo. https://www.amazon.com/-/es/Rita-Eka-Izzaty/dp/6020420612

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media. https://prenadamedia.com/product/ebook-perkembangan-fisik-motorik-anak-usia-dini-teori-dan-praktik/

Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55.https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488

Mansur, M. A. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 14. 10.31004/obsesi.v7i5.5165

Melliana, P. S., Widyantoro, W., & Oktiawati, A. (2019). Permainan Puzzle Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang Kelas 1-3 Sdlb Negeri Slawi. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 10(2), 9. https://doi.org/10.36308/jik.v10i2.162

Murtining, H. (2019). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Tawangrejo. Jurnal CARE, 9(2), 38–46. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3094

Nikmah, N., Qomari, S. N., & Zainiyah, H. (2023). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 24-36 Bulan. Indonesian Journal of Professional Nursing, 4(1), 52. https://doi.org/10.30587/ijpn.v4i1.5773

Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434

Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai., 3(4), 808. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39857

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02. https://doi.org/10.21831/jigcop.v0i2.2913

Rahayu Khoerunnisa, S., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–58. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.279

Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13

Rezieka, D. G., Munastiwi, E., Na’imah, N., Munar, A., Aulia, A., & Bastian, A. B. F. M. (2022). Memfungsikan Jari Jemari melalui Kegiatan Mozaik sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4321–4334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2501

Utami, R. F. (2023). Terapi Bermain Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Down Syndrome Di Slb Kota Bukittinggi. Human Care Journal, 7(3), 734. https://doi.org/10.32883/hcj.v7i3.2097

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020). Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 50–63. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.17

Wulan, W. M., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ASYIK dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di KB Inklusi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 323–335. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3107

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Ahmadin, A., Hendra, H., Lukman, L., Annafi, N., & Muslim, M. (2023). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Permainan Eduktif Puzzle. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 8041–8048. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5905

Issue

Section

Articles