- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Peraga Multimedia Huruf untuk Pengenalan Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5877Keywords:
Multimedia pembelajaran, Pengenalan huruf, Anak usia 4-5 tahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan multimedia dalam kegiatan bermain sambil belajar untuk anak usia 4-5 tahun, khususnya dalam pengenalan huruf. Masalah yang diidentifikasi adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif, serta penggunaan lembar kerja yang membosankan. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan, implementasi, dan evaluasi multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia peraga huruf dari A hingga Z sangat efektif dan praktis digunakan. Uji kepraktisan menunjukkan skor tinggi, dengan respon anak 93,33% dan guru 95%. Uji efektivitas dengan N-Gain Score sebesar 82% mengkategorikan multimedia sebagai efektif. Uji Paired Samples Test juga menunjukkan bahwa multimedia ini berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan pengenalan huruf pada anak di PAUD An-Nisa. Hasil ini menunjukkan bahwa multimedia huruf dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Amalia, Eka Riski, D. (2014). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Daryanto. (2010). Konsep Multimedia (p. 51).
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini Modul 2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gustina, F., & Khadijah. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Islam Ibnu Qoyyim Medan Selayang. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 35–49. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5620
Karmeliya Firdaus, M., & Ayu Puteri Hadayani, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35719
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design: Computer-based Training, Web-based Training, Distance Broadcast Training, Performance-based Solutions. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=b1Giy2zCxlsC
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning Second Edition Multimedia. People Analytics in the Era of Big Data. https://doi.org/10.1002/9781119083856
Nurtaniawati. (2019). Peran guru dan media pembelajaran dalam menstimulasi perkembangan kognitif pada anak usia dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 15. https://doi.org/10.22460/ts.v3i1p1-20.315
Pangarti, W. M., & Yaswinda, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2589–2599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4407
Permendikbud. (2019). Permendikbud RI No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Standar.
Rahmah, A. N. (2018). Pengaruh interaksi sosial di lingkungan rumah terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di paud ayah bunda cililitan jakarta timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 03(1), 14. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/view/4453
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Vaughan, T. (2010). Multimedia: Making It Work, Eighth Edition. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=4IsDVgR4idsC
W., S. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953–3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418
Zulinnuha, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Playdough Di KB-TK Siti Khotijah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 1–5. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/920