Upaya Pengembangan Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila Anak Usia Dini

Authors

  • Titi Kusrina Universitas Panca Sakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5872

Keywords:

anak usia dini, nilai pendidikan pancasila, nilai ketuhanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana membentuk nilai Pendidikan Pancasila pada TK dalam mengkonstruksi identitas Nilai-Nilai Pancasila pada anak usia dini sesuai dengan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan misi. Penelitian deskriptif ini menggunakan obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi dengan analisis data bersifat induktif. Laporan penelitian berisi kutipan-kutipan yang berasal dari hasil wawancara, catatan lapangan, foto, rekaman, dokumen, dan catatan atau memo. Hasil penelitian di TK Harapan Bunda Wotgalih Jatinegara Kabupaten Tegal sebagai subjek. menunjukkan bahwa pembentukan nilai-nilai Pendidkan Pancasila Anak Usia Dini di Sekolah untuk mengembangkan sesuai dengan nilai-nilai Pendidikan Pancasila yaitu antara lain bisa menghafalkan ke lima Pancasila dan menanamkan kepribadian anak meliputi nilai keagamaan, tanggung jawab, disiplin, kebiasaan, kerja sama siswa, saling menghargai, dan aktivitas spontan. Menggunakan budaya sekolah untuk membentuk kepribadian siswa. Untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Pancasila pada anak-anak, guru harus memiliki sikap yang kuat dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro’, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430.

Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Badu, R. (2019). Family as the Key of Children Character Building. Internasional Journal of Innovative Science and Research Technology., 4(5), 337–340 https://ijisrt.com/wpcontent/uploads/2019/05/IJISRT19MY337.pdf

Chasanah, R. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Percobaan Sains Sederhana untuk Anak Usia Dini. Kreasi Wacana. https://opac.uin-antasari.ac.id/index.php?p=show_detail&id=28331

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (alih bahasa, Achmad Fawaid). Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Golden Age, 4(1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2002). Naskah Akademik Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. Direktorak Pendidikan Anak Usia Dini (2006) Buletin PADU Jakarta: Depdiknas.

Dyah M., Wahyaningsih, S. S., & Wayan Wijania, I. W. (2021). Projek Penguatan Pelajar Profil Pancasila, Cetakan pertama. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/420/289

Harefa, A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 271–277. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.37.

Hasan, Basri. (2009). Remaja Berkualitas (Problematika Remaja dan Solusinya). Pustaka Pelajar

Herminastiti, R., Mapappoleonro, A. M., & Jatiningsih, R. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Instruksional, 1(1), 43. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.43-55

Loloagin, G., Rantung, D., & Naibaho, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona Ditinjau dari Peran Pendidik PAK. Journal on Education, 5(3), 6012-6022. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1365

Moeslichatoen, R. (2003). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan & Kebudayaan Kerjasama dengan Rineka Cipta.

Moleong, J, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Papalia, D.E.,Olds, S.W., Feldman, R.D. (2010). Human Development (Perkembangan Manusia), Edisi 10, Buku 1. Salemba Humanika

Prasetyo, N. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Kemendiknas.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Sistem Pendidikan Nasional

Republik Indonesia. (2023). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabetha.

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini (3rd ed.). Kencana.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara

Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Edisi Ketiga. Bumi Aksara.

Yuliani Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274-285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Kusrina, T. (2023). Upaya Pengembangan Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7873–7882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5872

Issue

Section

Articles