- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5869Keywords:
Persepsi Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Diferensiasi Profil Pancasila, Kurikulum Merdeka.Abstract
Guru PAUD harus dapaat memahami dan mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi dan profil Pancasila sesuai tuntutan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru PAUD menggali dan menganalisis persepsi guru pendidikan anak usia dini terhadap pembelajaran diferensiasi profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi dalam PAUD adalah melalui bermain secara eksplorasi, bermain konstruksi, bermain peran, bermain games, bermain menstimulasi. Dalam pembelajaran diferensiasi Profil Pancasila mengembangkan kognitif, psikomotorik, dan afektif anak yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan disesuaikan dengan peserta didik. Studi kasus ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian ini memanfaatkan analisis Miles & Huberman. Penelitian ini melibatkan 30 guru PAUD, dengan 5 guru PAUD sebagai sampel. Metode purposive sampling digunakan untuk melakukan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang melibatkan wawancara dan a ngket Penelitian ini menemukan dan menyimpulkan bahwa pandangan guru PAUD tentang pembelajaran diferensiasi profil pancasila dalam kurikulum merdeka adalah untuk memahami betapa pentingnya materi yang terkait dengan lingkungan belajar yang berkualitas.
Downloads
References
Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I.
Hikmah, D. N. (2022). Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Yayasan Bait Qur'any At-Tafkir.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka: Persepsi guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197-210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Lestariningrum, A. (2022, August). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 5, pp. 1179-1184). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2504
Nannela, R., & Zulminiati, Z. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Telkom School Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 54-62. http://dx.doi.org/10.53398/arraihanah.v3i1.239
Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2022, September). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 412-417). https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1504
Munawaroh, I. (2023). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Ditinjau dari Nilai-nilai Religius dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka. FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/75226
Rizal, M. N., & Ali, M. (2023). Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Yang Berpusat Pada Murid Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 77-88. https://jurnal.unupurwokerto.ac.id/index.php/tumbang/article/view/183
Ramadhan, I. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat Dan Proses Pembelajaran. Academy of Education Journal, 14(2), 622-634. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/1835
Zahroh, F. A. (2023, June). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kurikulum Merdeka. Prosiding National Conference For Ummah (Vol. 2, No. 1, pp. 307-312). https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1144