Author
Rina Setyaningsih(1),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Annur Lampung, Indonesia(1)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-12-27
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1046 times PDF Downloaded: 393 timesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran permainan edukatif dalam pengembangan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada anak usia dini. Metode studi literatur digunakan untuk menyelidiki berbagai aspek literatur terkait, terutama yang berkaitan dengan integrasi permainan edukatif. Fokus utama penelitian ini adalah pada konteks pendidikan anak usia dini. Dengan menggunakan metode ini, penelitian dapat menggali wawasan mendalam mengenai bagaimana permainan edukatif dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pendidikan anak usia dini. Dalam penelitian ini, temuan utama mengungkap bahwa permainan edukatif memiliki dampak positif yang signifikan terhadap motivasi, pengembangan kosakata, dan keterampilan sosial anak-anak. Sebagai langkah konkrit, integrasi permainan edukatif ke dalam kurikulum telah menunjukkan peningkatan yang berarti dalam konteks pembelajaran sehari-hari di lingkungan pendidikan. Para peneliti menyoroti bahwa efek positif ini tidak hanya bersifat sementara, tetapi juga berkelanjutan seiring berjalannya waktu. Dengan memasukkan permainan edukatif, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini mendukung penerapan strategi pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan. Kesimpulannya, permainan edukatif berperan penting dalam mendukung pengembangan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada anak usia dini.
Keywords
References
(Information and Communication Technology) pada Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 23–30. https://gifted.or.id/index.php/gifted/article/view/5
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/897
Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/588
Guru, P. P., & Al-Hilal, S. (2022). How to Improve the quality of learning for early childhood? An implementation of education management in the industrial revolution era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437–5446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2979
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13536
Hartanti, D., & Kurniawan, M. (2022). Buku Literasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran Aspek Keaksaraan AUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3100–3110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2042
Herdiyanti, A., & Suparno, S. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1063–1072. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3876
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Hidayati, D., & Rifa’i, A. A. (2020). Factors Influencing Parents’ Decisions on Choosing an Islamic Primary School in Bandung Indonesia. Randwick International of Social Science Journal, 1(1), 121–126. https://doi.org/10.47175/rissj.v1i1.15
Karunia, P. E., Rosidah, I., Vebruary, R. D., Oktafisari, A., & Vedianty, A. S. A. (2023). Improving English Language Skills in Early Childhood at SPS Mawar Kebonagung Through English Day Activities. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–41. https://www.journal.assyfa.com/index.php/jip-dimas/article/view/192
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813
Kuang, Y. (2017). Creating a Curriculum for Preschool Educators in Asia: How to Teach Kindergarteners Speaking and Listening Skills in English through Games. University of San Francisco. https://repository.usfca.edu/capstone/494
Kumala, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 5(4), 191–196. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/331
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361
Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916
Nikolopoulou, K., Akriotou, D., & Gialamas, V. (2019). Early reading skills in english as a foreign language via ict in greece: early childhood student teachers’ perceptions. Early Childhood Education Journal, 47, 597–606. https://link.springer.com/article/10.1007/s10643-019-00950-8
Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2022). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1323–1330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209
Omar, S. F., Nawi, H. S. A., Shahdan, T. S. T., Mee, R. W. M., Pek, L. S., & Yob, F. S. C. (2020). Interactive Language Learning Activities for Learners’ Communicative Ability. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1010–1016. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1274774.pdf
Rosalianisa, R., Purwoko, B., Nurchayati, N., & Subrata, H. (2023). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Teknologi pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1996–2010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843
Runggo, Y., & Hendriyani, H. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Menggunakan Flashcard pada Anak-anak Panti Asuhan Al-Hidayah Kota Palu. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 109–116. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/khidmatul/article/view/2501
Santyasa, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Undiksha Pres.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/37606
Syamsiyah, L., & Diana. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 262–272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1803
Wani, A. S., Lubis, Y., & Rizky, S. (2023). The Influence of Learning Media Flash Card and Picture in the Development of English to Improve Childhood Speaking Skills. Journal of Multidisciplinary Science: MIKAILALSYS, 1(2), 100–107. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/mikailalsys/article/view/1349
Refbacks
- There are currently no refbacks.