Peran Permainan Edukatif dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Author


Rina Setyaningsih(1Mail),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Annur Lampung, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 221KB]

Published : 2023-12-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 220 times PDF Downloaded: 86 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran permainan edukatif dalam pengembangan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada anak usia dini. Metode studi literatur digunakan untuk menyelidiki berbagai aspek literatur terkait, terutama yang berkaitan dengan integrasi permainan edukatif. Fokus utama penelitian ini adalah pada konteks pendidikan anak usia dini. Dengan menggunakan metode ini, penelitian dapat menggali wawasan mendalam mengenai bagaimana permainan edukatif dapat diintegrasikan secara efektif dalam proses pendidikan anak usia dini. Dalam penelitian ini, temuan utama mengungkap bahwa permainan edukatif memiliki dampak positif yang signifikan terhadap motivasi, pengembangan kosakata, dan keterampilan sosial anak-anak. Sebagai langkah konkrit, integrasi permainan edukatif ke dalam kurikulum telah menunjukkan peningkatan yang berarti dalam konteks pembelajaran sehari-hari di lingkungan pendidikan. Para peneliti menyoroti bahwa efek positif ini tidak hanya bersifat sementara, tetapi juga berkelanjutan seiring berjalannya waktu. Dengan memasukkan permainan edukatif, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini mendukung penerapan strategi pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan. Kesimpulannya, permainan edukatif berperan penting dalam mendukung pengembangan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada anak usia dini.


Keywords


permainan edukatif; bahasa inggris; anak usia dini; keterampilan berbicara.

References


(Information and Communication Technology) pada Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 23–30. https://gifted.or.id/index.php/gifted/article/view/5

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/897

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games edukasi bahasa inggris untuk pengembangan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/588

Guru, P. P., & Al-Hilal, S. (2022). How to Improve the quality of learning for early childhood? An implementation of education management in the industrial revolution era 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437–5446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2979

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13536

Hartanti, D., & Kurniawan, M. (2022). Buku Literasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran Aspek Keaksaraan AUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3100–3110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2042

Herdiyanti, A., & Suparno, S. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1063–1072. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3876

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hidayati, D., & Rifa’i, A. A. (2020). Factors Influencing Parents’ Decisions on Choosing an Islamic Primary School in Bandung Indonesia. Randwick International of Social Science Journal, 1(1), 121–126. https://doi.org/10.47175/rissj.v1i1.15

Karunia, P. E., Rosidah, I., Vebruary, R. D., Oktafisari, A., & Vedianty, A. S. A. (2023). Improving English Language Skills in Early Childhood at SPS Mawar Kebonagung Through English Day Activities. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–41. https://www.journal.assyfa.com/index.php/jip-dimas/article/view/192

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Khotimah, S., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Pengaruh Storytelling Berbantu Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2020–2029. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813

Kuang, Y. (2017). Creating a Curriculum for Preschool Educators in Asia: How to Teach Kindergarteners Speaking and Listening Skills in English through Games. University of San Francisco. https://repository.usfca.edu/capstone/494

Kumala, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 5(4), 191–196. https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/331

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Nikolopoulou, K., Akriotou, D., & Gialamas, V. (2019). Early reading skills in english as a foreign language via ict in greece: early childhood student teachers’ perceptions. Early Childhood Education Journal, 47, 597–606. https://link.springer.com/article/10.1007/s10643-019-00950-8

Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2022). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1323–1330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209

Omar, S. F., Nawi, H. S. A., Shahdan, T. S. T., Mee, R. W. M., Pek, L. S., & Yob, F. S. C. (2020). Interactive Language Learning Activities for Learners’ Communicative Ability. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1010–1016. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1274774.pdf

Rosalianisa, R., Purwoko, B., Nurchayati, N., & Subrata, H. (2023). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Teknologi pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1996–2010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843

Runggo, Y., & Hendriyani, H. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Menggunakan Flashcard pada Anak-anak Panti Asuhan Al-Hidayah Kota Palu. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 109–116. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/khidmatul/article/view/2501

Santyasa, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Undiksha Pres.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/37606

Syamsiyah, L., & Diana. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 262–272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1803

Wani, A. S., Lubis, Y., & Rizky, S. (2023). The Influence of Learning Media Flash Card and Picture in the Development of English to Improve Childhood Speaking Skills. Journal of Multidisciplinary Science: MIKAILALSYS, 1(2), 100–107. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/mikailalsys/article/view/1349


Refbacks

  • There are currently no refbacks.