Implementasi Layanan Asah, Asih, Asuh sebagai Komitmen Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Author


Annisa Aliyanti(1Mail), Reni Pawestuti Ambari Sumanto(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 410KB]

Published : 2023-12-16

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 183 times PDF Downloaded: 117 times

Abstract


Perhatian, stimulasi, dan kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang optimal dibutuhkan oleh anak usia dini, yang meliputi rentang usia 0 hingga 6 tahun. Pentingnya pemenuhan kebutuhan dasar anak seperti asuh, asih, dan asah tercermin dalam implementasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi layanan asah, asih, dan asuh sebagai komitmen pengembangan anak usia dini Holistik Integratif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan data yang digunakan bersumber dari hasil observasi dan wawancara yang terdiri dari satu bidan desa, dua guru PAUD, dua orang tua murid, satu kepala yayasan PAUD desa, dan satu kepala desa. Teknik analisis menggunakan analisis Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan conclusions (penarikan kesimpulan & verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa PAUD HI penting dan diperlukan komitmen dalam pemenuhan kebutuhan anak. Meskipun masih memerlukan peningkatan khususnya dalam layanan asah.


Keywords


anak usia dini; holistik integratif; kebutuhan dasar anak

References


Abdullah, A. (2018). Kemitraan Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua Dalam Pembinaan Keagamaan Siswa. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 6(2), 16–28. https://journal.lsamaaceh.com/index.php/kalam/article/view/45

Amalia, R., & Simatupang, N. D. (2022). Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 di Tk Insan Cendekia. Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 19–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/44126

Ambariani, A., & Suryana, D. (2022). Hambatan Implementasi PAUD Berbasis Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5200–5208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599

Asmawati, L., Karyati, A., Azmi, U., Maryana, M., Masniah, M., Badriah, S., & Isnayati, I. (2022). Implementasi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada Anak Usia 4-6 Tahun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 284–291. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.11481

Aulia, R., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD tentang Pendidikan Holistik Integratif di Nagari Taram. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2363–2372. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1117

Ayunda, Y., Simanjuntak, J., & Virganta, A. L. (2020). Studi Tentang Perhatian Orang tua terhadap Pengembangan Konsep Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Kerasaan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 44–52. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19165

Azzahra, R., Fitriani, W., Desmita, D., & Warmansyah, J. (2022). Keterlibatan Orang Tua di Minangkabau dalam PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1549–1561. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1796

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Febdinanty, P. A., Luthfillah, F., Haristawati, R. F., & Nurhidayah, F. (2023). Program Posyandu Sekolah Terhadap Anak Usia Dini Di TK Joy Kids National Plus. Journal PENA PAUD, 4(1), 1–5. https://ejournal.unib.ac.id/penapaud/article/view/27742

Fidesrinur, F., Riza, E., & Fitria, N. (2022). Pola Katerlibatan Orang Tua Dalam Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Jakarta Selatan Dan Depok. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 127–144. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/21082

Fitriyah, F., Formen, A., & Suminar, T. (2022). Implementasi PAUD Holistik Integratif dalam Upaya Penguatan Sumber Daya Manusia Unggul. Prosiding Seminal Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 418–422. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1505

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17–24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Haslip, M. J., & Gullo, D. F. (2017). The Changing Landscape of Early Childhood Education: Implications for Policy and Practice. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0865-7

Hijriyani, Y. S., & Machali, I. (2017). Pembelajaran Holistik – Integratif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Cashflow Quadrant di RA Al Muttaqin Tasikmalaya. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 119–134. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-02

Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra (Kependidikan Dan Kemasyarakatan), 5(1), 31–37. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/64

Ismawaty, Q. (2023). Persepsi Orang Tua Tentang PAUD dan Motivasi Menyekolahkan Anak di Lembaga PAUD. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 12–25. https://doi.org/http://doi.org/10.19105/kiddo.v4i1.8397

Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20(2), 90–98. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/61

Jannah, D. F., & Setiawan, R. (2022). Evaluasi Implementasi Program PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7163–7172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2970

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87/91

Kusdi, S. S. (2018). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–111. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6253

Laila, L. Z. I. (2013). Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Di Paud Siwi Kencana Kota Semarang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 2(1), 73–83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/2802/2598

Laporan Kinerja Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2022. (2023). In Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20230220_200952.pdf

Ligina, B. D. A., Suarta, I. N., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi PAUD HI (Holistik Integratif) Pada TK di Kabupaten Lombok Barat Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1197–1127. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.733

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346–355. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Malika, J. I., Suarta, I. N., & Rachmayani, I. (2023). Implementasi PAUD HI (Holistik Integratif) Pada TK di Kota Mataram Tahun 2022. Jurnal Mutiara Pendidikan, 3(3), 54–66. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/article/view/3775/3200

Mamik, M. (2014). Metodologi Kualitatif. In Zifatama PUBLISHER. Kualitatif.pdfhttp://repo.poltekkesdepkes-sby.ac.id/5047/1/Metode

Marinta, R., & Syur’aini, S. (2023). Relationship Between Parenting and Social Emotional Development of Children Aged 3-4 Years in Tenam Village, Muara Bulian District. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 11(2), 282–291. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i2.121809

Mazdayani, M., Setiowati, H., & Sugiratu, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 1 Air Bakoman Kabupaten Tanggamus. Borobudur Education Review, 2(2), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/bedr.6519

McKee, B. E., & Dillenburger, K. (2012). Effectiveness of child protection training for pre-service early childhood educators. International Journal of Educational Research, 53, 348–359. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2012.04.008

Miawaty, F. (2021). Mengungkap Dampak COVID-19 pada UMKM Sektor Kuliner (Studi Kasus: UMKM Kuliner di Wilayah Rawamangun) [Diss. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta]. 3.pdfhttp://repository.stei.ac.id/4853/3/BAB

Na’immatussholilah, N., Hartatiana, H., & Sartika, I. D. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Kelas Awal. Journal of Education Research, 2(4), 147–150. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/67/60

Perdana, N. S. (2020). Analisis Biaya Satuan Operasional Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 187–200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.501

Permatasari, E., & Kusumawardani, D. A. (2022). Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak dengan Status Gizi Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. The Indonesian Journal of Health Science, 14(2), 110–119. https://doi.org/10.32528/ijhs.v14i2.7267

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, (2013). https://jdih.kemenpppa.go.id/peraturan/perpres_no.60-2013.pdf

Purnama, S., & Hidayati, L. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.391

Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2933

Putri, A., Widyani, K. N., Mazida, Z., Husna, A. B., Sari, Y. P., Putri, M. Y., & Wahyuni, Y. T. (2021). Analisis Pemahaman Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini selama Masa Pandemi COVID-19 berdasarkan Karakteristik Ibu. BIOGRAPH-I: Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic, 1(2), 72–80. https://doi.org/10.19184/biograph-i.v1i2.23522

Rahimah, R., & Koto, I. (2022). Implications of Parenting Patterns in the Development of Early Childhood Social Attitudes. International Journal Reglement & Society (IJRS), 3(2), 129–133. http://www.jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/ijrs/article/view/226

Ramadina, A. R., Yuliana, Y., & Yulastri, A. (2023). Dampak Gizi dan Kesehatan Terhadap Perkembangan Anak: Impact of Nutrition and Health on Childrens Development. JOURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 15(1), 99–106. https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/382

Ratnasari, T., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). Pelaksanaan Program Paud Holistik Integratif Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak. PAUD Teratai, 9(2), 1–16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/37954

Rispoli, K. M., McGoey, K. E., Koziol, N. A., & Schreiber, J. B. (2013). The relation of parenting, child temperament, and attachment security in early childhood to social competence at school entry. Journal of School Psychology, 51(5), 643–658. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2013.05.007

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353

Sayekti, T., Boeriswati, E., & Yetti, E. (2022). Teacher’s Educational Knowledge Ability to Implement Holistic and Integrated Learning in Paud Lesson Plan. Journal of World Englishes and Educational Pratices, 15–17. https://al-kindipublisher.com/index.php/jweep/article/view/3118/2680

Scaramella, L. V., & Leve, L. D. (2004). Clarifying Parent-Child Reciprocities During Early Childhood: The Early Childhood Coercion Model. Clinical Child and Family Psychology Review, 7(2), 89–107. https://doi.org/10.1023/B:CCFP.0000030287.13160.a3

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/48/47

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Suhendro, E., & Syaefudin, S. (2020). Nilai-Nilai Kemanusian Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3430

Tamblyn, A., Sun, Y., May, T., Evangelou, M., Godsman, N., Blewitt, C., & Skouteris, H. (2023). How do physical or sensory early childhood education and care environment factors affect children’s social and emotional development? A systematic scoping review. Educational Research Review, 41(100555), 1–25. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2023.100555

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3450683

Watini, S., Sari, D. A., Yuanita, S. I., Rohmawati, O., Indriyatama, F., Juwita, T., Alawiyah, Y. F., Helmi, H., Rachmawati, R. D., Christina, Y., Kalipah, K., & Hamdiah, R. T. (2023). Penyuluhan Kebijakan Hukum dan Perlindungan Hak Anak pada Satuan PAUD se-Jakarta Barat Bersama KPAI. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), 3(1), 1–10. http://almufi.com/index.php/AJPKMhttp://almufi.com/index.php/AJPKM

Wu, T. C., & Chen, P. H. (2009). Health Consequences of Nutrition in Childhood and Early Infancy. Pediatrics and Neonatology, 50(4), 135–142. https://doi.org/10.1016/S1875-9572(09)60051-6

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Sari, H. M. (2021). Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/1641

Zahro, I. F., & Navisa, D. M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Sd Nurul Hikmah Babat. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 128–133. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/download/6627/3774


Refbacks

  • There are currently no refbacks.