- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini?
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728Keywords:
media pembelajaran, teknologi, kreativitas, anak usia dini.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh positif media pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan fokus pada analisis berbagai pendekatan pembelajaran berbasis teknologi yang telah diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi signifikan media pembelajaran berbasis teknologi dalam merangsang kreativitas anak melalui elemen visual, interaktivitas, dan keterlibatan personal. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan teknologi dengan metode tradisional, serta peran guru dalam mendukung pemanfaatan media pembelajaran. Simpulan penelitian menyoroti bahwa penggunaan bijak media pembelajaran berbasis teknologi dapat membentuk fondasi kuat untuk perkembangan kreativitas anak usia dini.
Downloads
References
Abdullah, D., Dewi, K. A. K., Sembiring, D., Nursyamsi, S. Y., & Hita, I. P. A. D. (2023). Analysis Of Online Learning Media On Pjok Learning Outcomes. Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 64–69. https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/JRREI/article/view/799
Anggraeni, D., & Na’imah. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3d Di Sma. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57–68. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/2854
Dewi, K. A. K., Rusmayani, N. G. A. L., Indrawan, I. K. A. P., & Hita, I. P. A. D. (2022). Perbandingan Pengaruh Pelatihan Calf Raise, Jump Rope, Dan Butt Kick Terhadap Peningkatan Kekuatan Dan Kecepatan Otot Tungkai Dalam Olahraga Renang. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(1), 56–63. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/1926
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep Dan Implementasi Pada Pendidikan. Swasta Nulus.
Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515
Hasmirati, H., Nursyamsi, S. Y., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Have An Influence On Pjok Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 70–78. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/JRREI/article/view/785
Hita, I. P. A. D. (2022). Kebugaran Jasmani Peserta Didik Dimasa Awal Full Day School. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.26418/jilo.v5i2.56325
Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., Pranata, D., & Widiyanto, W. (2021). Nutritional Status Of Bali Rugby Team Athletes Preparing For Pon Papua 2021. Jurnal Medikora, 20(1), 65–72. https://doi.org/10.21831/medikora.v20i1.38565
Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Media Kartu Bergambar: Apakah Berpengaruh Terhadap Peningkatan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Dalam Bermain Bola Basket? Jurnal Marathon, 2(1), 16–23. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/marathon/article/view/66267
Indriasari, R., Saputra, A. M. A., & Zarvianti, E. (2023). Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Swishmax Dalam Materi Hukum Newton Dan Penerapannya Kelas Viii Smp. Journal On Education, 6(1), 3494–3499. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3419
Iswatiningrum, & Sutapa, P. (2022). Pengaruh Senam Si Buyung Dan Senam Irama Ceria Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3369–3380. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2373
Kamaruddin, I., Susanto, N., Hita, I. P. A. D., Pratiwi, E. Y. R., Abidin, D., & Laratmase, A. J. (2023). Analysis Of The Influence Physical Education On Character Development Of Elementary School Students. At-Ta’dib, 18(1), 10–17. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/9749
Kuncoro, B., Nurulita, R. F., Pranata, D., Sukamto, A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Fisiologis Dalam Cabang Olahraga Bola Basket: Sistematik Literatur Review. Journal On Education, 5(4), 14601–14607. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2515
Lestari, N. A. P., Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Or, M., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-Model Pembelajaran Untuk Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0. Nilacakra.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2911
Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal On Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253
Pranata, D., Hita, I. P. A. D., Pratama, R. R., Ali, R. H., Suwanto, W., & Ariestika, E. (2023). The Role Of Coaches In Increasing Student Motivation Through Basketball Games In Schools (A Review Of Literature Studies). Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6(2), 568–580. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/article/view/11626
Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182
Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3830
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197
Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (Issue Januari). Um Press.