- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Self Regulated Learning Terhadap Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5699Keywords:
self regulated learning, capaian pembelajaran, anak usia diniAbstract
Pembelajaran pada anak harus disesuaikan tahapan usaianya, karena akan muncul umpan balik jika seseorang melakukan proses belajar, yang disebut capaian pembelajaran. Dalam capaian tersebut juga diperlukan adanya Kemandirian Belajar (Self regulated learning) yang menjadi faktor penting dalam suatu pembelajaran guna mengendalikan diri seseorang, seperti berpikir, bertindak dan anak akan memiliki rasa kesadaran lebih untuk belajar tanpa diperintah. Maka, penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui, dan meninjau efektivitas pemberian perlakuan self regulated learning terhadap capaian pembelajaran anak usia dini dengan bentuk penelitian one group pretest-postest. Dari hasil uji yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus uji T, paired sampel t-test dengan tingkat signifikansi = 95%. Banyaknya sampel yakni 30 anak. Maka dari Data tersebut dinyatakan bahwa nilai probabilitas 0,00 yakni < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat keefektivan yang singnifikan dari self regulated learning terhadap capaian pembelajaran anak usia dini di TK Kartini II Lamongan.
Downloads
References
Al-Afkar, R. N.-, Studies, J. F. I., & 2020, undefined. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar.Com, 3(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925
Aminah, M., & Maulida, I. (2020). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 132–138. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.702
Bagus Sudinadji, M., Kumaidi, K., Psikologi, F., & Muhammadiyah Surakarta, U. (n.d.). Pengalaman self regulated learning siswa untuk menghadapi ujian. Journals.Ums.Ac.Id. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Digital, K., Dalam, G., Meningkatkan, U., Pendidikan, C., Usia, A., Hibana, D., & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 607–615. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392
Harahap, D. P. (2023). Meningkatkan Self Regulated Learning pada Siswa Melalui Strategi Belajar Berdasar Regulasi Diri. Journal on Education, 5(3), 7056–7068. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1494
Harry, M. (2022). Pandemi Covid-19 Tonggak Rekontruksi Model Pembelajaran Mandiri Di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 37–51. https://doi.org/10.38073/jpidalwa.v12i1.696
Hasanah, U. (2023). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 23. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12368
Hidayat, Y., Nurlatifah, L., Putra, S., & Ciamis, G. (2023). Komparasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini (STPPA) berdasarkan permendikbud no. 137 tahun 2014 dengan permendikbudristek no. 5 tahun 2022. Jurnal Intisari, 1(1), 29. https://journal.putragaluh.ac.id/index.php/itsb/article/view/4
Hudaifah, F. (2020). The role of self regulated learning in the covid-19 pandemic era. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 76–84. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.773
Khasanah, A. ., & Panduwinata, L. F. . (2022). Pengaruh Locus Of Control dan Self Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8263–8274. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3695
Khoirudin, M., Darminto, E., & Hariastuti, R. T. (2022). Teknik Self-Regulated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Self-Regulated Learning dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Situasi Belajar Online Covid 19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 987–992. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.897
Latipah, E. (2015). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 37(1), 110 – 129. https://doi.org/10.22146/jpsi.7696
Musliha, M., & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82
Mukhid, Abd. (2008). Strategi Self-Regulated Learning (Perspektif Teoritik). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.19105/TJPI.V3I2.239
Mulyani, R. M., Chandra, Y., & Nita, R. W. (2023). Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 35 VII Koto Sungai Sarik. Human: Journal of Community and Public Service, 2(2). https://journal.haqipub.com/index.php/human/article/view/214
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133
Obsesi, J., Jurnal, :, Anak, P., Dini, U., & Watini, S. (2019). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar sains pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 82–90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Octora, M., Yusuf, A., Dan, D. M.-J. P., & 2016, undefined. (n.d.). Peningkatan kemandirian belajar melalui metode pemberian tugas pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal.Untan.Ac.Id. Retrieved November 24, 2023, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16656
Olahraga, G. P.-J., & 2017, undefined. (n.d.). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Journal.Upgris.Ac.Id. Retrieved December 14, 2023. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/viewFile/1292
Pendidikan, B. M.-I. J. M., & 2017, undefined. (n.d.). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id. November 24, 2023, https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/4269
Prasetyo, A., & Laili, N. (2023). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo pada Masa Pandemi. Emergent Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 2(3). https://doi.org/10.47134/emergent.v2i3.1
Rahman, A., & Safitri D. E. (2016). Implementasi kekuatan motivasi belajar dalam pendekatan andragogi. Empowerment Journal, 5(2). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/548
Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains Tematik menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 4101–4108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1391
Ranti, M. G., Budiarti, I., Nawa, B., Pendidikan, T., Stkip, M., & Banjarmasin, P. (n.d.-b). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Jurnal.Stkipbjm.Ac.Id. Retrieved December 13, 2023, from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/57
Rizqiyah, N. (2017). Pengaruh strategi regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar Siswa-Siswi SMP Hasanuddin sepanjang Gondanglegi. UIN Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6004
Sukatin, S. (2021). Psikologi Perkembangan Anak bagi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(02), 54–64. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.1117
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V0I1.1307
Andriani T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Sosial Budaya, 9(1). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/376
Wangid, M. N. (2005). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Self-Regulated Learning. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4858
Yumna, N., Sukarti, S., & Gusniarti, U. (2020). Efektivitas Pelatihan Self-Regulated Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Matematika Di Madrasah TsanawiaH “X†Sleman. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(1). https://doi.org/10.33024/JPM.V2I1.2429
Zahro, W. M., & Giyoto G. (2021). Analisis Regulasi Diri Santri dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada Sekolah Full Day. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/2017