- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Optimasi Pola Pengasuhan Orang Tua: Fondasi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5673Keywords:
pengasuhan orang tua, pembentukan karakter, anak usia diniAbstract
Orang tua  yang pada dasarnya menginginkan yang terbaik bagi anak-anak, namun tanpa sadar juga melakukan kesalahan dalam penerapan pola asuh terhadap anak usia dini sehingga tidak mampu menanamkan karakter yang baik apada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk pengasuhan orang tua sebagai fondasi pembentukan karakter anak usia dini. Penelitian yang dilakukan adalah menggunakan penelitian lapangan (field research), hasil atau data yang bersifat deskriptif analitis. Adapun data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi dan wawancara yang dilakukan secara langsung kepada para ibu di Desa Sangadeto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan anak yang ada di desa Sangadeto terutama di dusun Zepe masih banyak kekurangan dimana masih adanya paradigma orang tua ibu sebagai penanggungjawab pengasuhan, dan ayah sebagai pencari nafakah. Selanjutnya hasil penelitian juga menemukan kebiasaan orang tua yang menyerahkan pendidikan anak usia dini pada Lembaga Pendidikan. Sehingga Peran keluarga sebagai madrasah utama untuk anak sangat minim. Hal ini tentunya menghambat terbentuknya karakter yang baik pada anak usia dini. Sebagai tindak lanjut, kegiatan parenting secara khusus bagi orang tua tentang pola pengasuhan yang baik perlu diberikan agar dapat mengoptimalisasikan pembentukan karakter anak sejak usia dini.
Downloads
References
Alwi, M. H., & Nurfaidah, K. (2022). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 13067–13075.
Astuti, S., Pramudiani, P., Masykuroh, Ulfah, K., & Syafika. (2021). Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Daring Di Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 117–133. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/38898
Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Castillo-DÃaz, M., & Padilla, J.-L. (2013). How Cognitive Interviewing can Provide Validity Evidence of the Response Processes to Scale Items. Social Indicators Research, 114(3), 963–975. https://doi.org/10.1007/s11205-012-0184-8
Dewi, K. S., & Ginanjar, A. S. (2019). Peranan faktor-faktor interaksional dalam perspektif teori sistem keluarga terhadap kesejahteraan keluarga. Jurnal Psikologi; Vol 18, No 2 (2019): October 2019, 18(2), 245–263. https://doi.org/10.14710/jp.18.2.245-263
Fahrudin, A. (2012). Keberfungsian Keluarga: Konsep Dan Indikator Pengukuran Dalam Penelitian (Family Functioning: Concept And Indicators Measurement In Research). Informasi : Permasalahan Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 17(2), 75–81. https://doi.org/10.33007/inf.v17i2
Farahita, A. P., & Setyowati, S. (2022). Studi Kasus Pola Asuh Otoriter Dan Permisif Pada Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4 Tahun Di Tk Pancasila 1 Surabaya ( Penelitian Pada Kelompok A Tk Pancasila 1 Surabaya ). Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 65–71. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/42369
Fatimaningsih, E. (2015). Memahami Fungsi Keluarga dalam Perlindungan Anak. Jurnal Sosiologi, 17(2), 77–88. https://jurnalsosiologi.fisip.unila.ac.id/index.php/jurnal/article/view/75
Fatmala, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Anak. Proceeding Conference of Elementary Studies “Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,†1(1), 599–611. https://doi.org/10.18326/dinamika.v4i1.63-73
Ginanjar, M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 230–242. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/27/22
Hardiningrum, A., Shari, D., Rihlah, J., & Rulyansah, A. (2023). Seminar Parenting Tentang Keterlibatan Ayah Dalam Mengasuh Anak Usia Dini. Indonesia Berdaya, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.47679/ib.2024635
Herawati, T., Krisnatuti, D., Pujihasvuty, R., & Latifah, W. E. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13, 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213
Hosokawa, R., & Katsura, T. (2018). Effect of socioeconomic status on behavioral problems from preschool to early elementary school – A Japanese longitudinal study. PLoS ONE, 13(5), 1–23. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0197961
Istiyati, S., Nuzuliana, R., & Shalihah, M. (2020). Gambaran peran ayah dalam pengasuhan. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 17(2), 12–19. https://journals.itspku.ac.id/index.php/profesi/article/view/22
Kamaliah, F., Prabawati, M., & Rusilanti, R. (2014). Perbedaan Pola Pengasuhan Anak Berdasarkan Tingkat Pendapatan Keluarga. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.21009/jkkp.011.07
Priasmoro, P. D., Widjajanto, E., & Supriati, L. (2016). Analisis faktor-faktor keluarga yang berhubungan dengan perilaku agresif pada remaja di kota malang: Pendekatan teori struktural fungsional keluarga. JNSU-Journal of Nursing Science Update, 4(2), 114–126. https://jik.ub.ac.id/index.php/jik/article/view/100
Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3994
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/1037
Rauf, A. H. F., Tarmidi, M., Omar, M., Yaaziz, R. N. N., & Zubir, M. D. I. N. (2013). Personal, Family and Academic Factors towards Emotional Intelligence: A Case Study. International Journal of Applied Psychology, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.5923/j.ijap.20130301.01
Richardson, R., & Gleeson, J. (2018). Family Functioning, Parenting Style, and Child Behavior in Kin Foster Care. Families in Society: The Journal of Contemporary Social Services, 93(2), 111–122. https://doi.org/10.1606/1044-3894.4196
Rochaniningsih, S. N. (2014). Dampak Pergeseran Peran dan Fungsi Keluarga pada Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 59–77. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/2618
Sunarti, E. (2015). Ketahanan Keluarga Indonesia. IPB PRESS.
Sunarti, E., Johan, I. R., & Haryati, C. (2010). Hubungan Fungsi AGIL dengan Kesejahteraan Keluarga Nelayan yang Rawan Terkena Bencana Alam. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 3(1 SE-Articles), 11–17. https://doi.org/10.24156/jikk.2010.3.1.11
Suswandari, M., Suryani, L., & Budiwan, J. (2022). Pola Asuh Orang tua Dalam Mendidik Karakter Tanggungjawab Sosial Anak Di Masa Pandemi. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 4(1), 23. https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2537
Syafitri, D. U., & Hadjam, M. N. R. (2017). Religiusitas: Faktor Protektif Pengasuhan Orang tua dengan Status Sosial Ekonomi Rendah. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 1–14. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art1
Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Wahyuni, A., Depalina, S., Wahyuningsih, R., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2021). Peran Ayah (Fathering) Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 055–066. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/726
Zulfa, M. Y. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Mau’izhah, 9(1), 75. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i1.18