Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Edukatif Papan Telur

Author


Azlin Atika Putri(1Mail), Reswita Reswita(2), Yesi Novitasari(3), Siti Fadillah(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 330KB]

Published : 2023-12-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 119 times PDF Downloaded: 68 times

Abstract


Kecerdasan Logika Matematika merupakan kemampuan anak dalam mengolah angka dan kemahiran dalam menggunakan logika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui persentase peningkatan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun dalam berhitung melalui bermain dengan menggunakan papan telur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bermain menggunakan papan telur mampu meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil penelitian pra siklus dengan rata-rata persentase 36,52 %, hasil tindakan pada siklus I meningkat dengan rata-rata persentase 53,62 % dan siklus II meningkat dengan persentase rata-rata 83,06 %, dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yang telah ditetapkan sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan bermain permainan edukatif papan telur dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika 


Keywords


kecerdassan logika matematika; alat permainan edukatif; papan telur

References


Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Fadlillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 2016 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.”

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 07(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Ira, R. S. (2012). Upaya Meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B Tk Pertiwi Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kurnia, R. (2009). Metodologi Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Islami.

Lestariningrum, A., & Handini, M. C. (2017). Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 215–225. https://doi.org/10.21009/jpud.112.02

Maimunah, Jaya, M. T., & Haenilah, Y. E. (2016). Aktivitas Bermain Konstruktif terhadap Peningkatan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/12087

Mudjito. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar.

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Nabighoh, N. W., Mustaji, & Hendratno. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410

Nindriyati, D. (2022). Hubungan Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Instruksional, 3(2), 187–196. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/16183

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nurunnisa, R., Nuraeni, L., & Andrisyah. (2020). Penyuluhan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Berbasis Child Center pada Pendidik di Taman Kanak-Kanak Kota Purwakarta. Abdimas Siliwangi, 3(1), 94–103. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3393

Purwaningtyastuti, E. (2012). Mingkatkan kecerdasan logika-matematika anak Melalui Bermain Balok Kelompok A di TK An Nisa’ Marditani Celep Kedawung Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19926

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. (W. Kuswanti, Ed.) (11th ed.). Erlangga.

Sudarna. (2014). PAUD pendidikan anak usia dini berkarakter : melejitkan kepribadian anak secara utuh (kecerdasan emosi, spirit, dan sosial). (Fint, Ed.). Genius Publisher.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif berbasis kecerdasan jamak. Indeks. R

Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.

Suripatty, P. J. P., Nadiroh, & Nurani, Y. (2020). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 100. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Paud : Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA: Pustaka Insan Madani.

Swastrini, K. ., Antara, P. ., Tirtayani, L. ., & Psi, S. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 Di TK Widya Sesana Sangsit. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7764

Veronika, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1939

Weningtyastuti, K. (2020). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kecemasan Praoperasi Pada Anak Usia Sekolah Di Rs Pku Muhammadiyah Gamping. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Alat Permainan Edukatif, 5(1), 654–664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yildiz, M., Öntürk, Y., & Efek, E. (2020). The Investigation of Multiple Intelligence Modalities of University Students Receiving Sports Education. Asian Journal of Education and Training, 6(2), 246–255. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.62.246.255


Refbacks

  • There are currently no refbacks.