Author
Sri Utaminingsih(1), Shella Rachmawaty(2),
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pamulang, Indonesia(1)
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pamulang, Indonesia(2) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 293KB]
Published : 2023-12-13
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 867 times PDF Downloaded: 459 timesAbstract
Budaya organisasi memainkan peran sentral di lingkungan pendidikan. Tak terkeculai peran budaya organisasi dalam mebentuk sikap tanggung jawab sosial. Tanggung jawab sosial bagi guru merupakan komitmen integral untuk memimpin dan memengaruhi perkembangan moral serta kesejahteraan siswa. Guru PAUD memiliki peran yang krusial dalam membentuk karakter, nilai-nilai, dan perilaku anak-anak pada tahap awal perkembangan mereka. Penilian ini bertujuan untuk mengaitkan peran budaya organisasi dalam pembentukan siakap tanggung jawab sosial PAUD. Metode penelitian kali ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana data diperoleleh melalui hasil observasi langsung dan wawancara. Hasil dari peneilitian kali ini menunjukkan bahwa peran budaya organisasi memliki keterikatan dalam membentuk sikap tanggung jawab sosial guru PAUD dengan aspek pembentuknya yakni model peran dan teladan, pangajaran dan pendidikan karakter, hubungan keluarga dan penerapan nilai-nilai organisasi. Aspek tersebut tentunya memberikan kontribusi yang penting dalam membentuk sikap tanggung jawab sosial yang kuat di antara para guru PAUD.
Keywords
References
Adnyani, N. K. S., Mandriani, N. N., & Putus Asrini, N. K. (2019). Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Sikap Tanggung Jawab Sosial Siswa. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v1i1.18
Anggreni, M. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 49–56. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4101
Bolat, Y., & Korkmaz, C. (2021). Social Values and Life Skills as Predictors of Organizational Culture: A Study on Teachers. SAGE Open, 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211023179
Clark, J. T. (2019). The Impact of School Culture Upon an Educational Institution. Master of Education Applied Research Project, 9, 1–34. https://digitalcommons.cedarville.edu/
Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649–660. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074
Fahrudin, S. (2020). Pengaruh Perilaku Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri. Edum Journal, 3(1), 59–71. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i1.55
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and Development, 10(2), 315–318. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3671
Ferine, K. F., Aditia, R., Rahmadana, M. F., & Indri. (2021). An empirical study of leadership, organizational culture, conflict, and work ethic in determining work performance in Indonesia’s education authority. Heliyon, 7(7), e07698. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07698
Fibrianto, A. S., & Yuniar, A. D. (2020). Peran Budaya Organisasi Dalam Pembentukkan Karakter, Etika Dan Moral Siswa Sma Negeri Di Kota Malang. Jurnal Analisa Sosiologi, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jas.v9i1.41372
Firnando, H. G. (2023). Strategi Keunggulan Kepribadian Efektif Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Sebagai Fondasi Pendidikan Berkualitas. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7096
Fitriana, R., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). The Role of Organizational Culture in the Effort of Improving Teachers’ Performance. Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021), 565(INCoEPP), 373–379. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.067
Hanifah, A. Z., Bunga, N., Putri, T., & Hakim, I. (2023). Pentingnya Pengenalan Calistung Terhadap Anak Usia Dini Oleh Pola Asuh Orang Tua Di Desa Cicangkanggirang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 3(2), 265–276. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3021https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3021
Hayati, F., & Junani, B. L. (2023). Daya Guna Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah (Studi di MIS Nurus Salam, Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang). Journal on Education, 05(03), 9183–9188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1722
Hidayah, F. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7942–7956. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5783
Husnah, A., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38599
Illahi, F. F., Fahri, M., & Hamdani, I. (2022). Peran Adab Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa MA Negeri 2 Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7572
Jabri, U., Naro, W., & Yuspiani. (2023). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Edupsycouns Journal : Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 5(1), 120–131. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i1.5805
Jazuli, S. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Organisasi Di Sdit Al Madani Tapin. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2439
Jufrizen, J., & Rahmadhani, K. N. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.26533/jmd.v3i1.561
Mlinarević, V., Zec, R. T., & CvjetiÄanin, A. (2022). A Model of Transformational Leadership in the Organisational Culture of Preschool Institution. Center for Educational Policy Studies Journal, 12(3), 103–126. https://doi.org/10.26529/cepsj.1159
Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
Rachmah, D. N., Zwagery, R. V., Widyawati, W., Munajat, R. H., & Noor, M. I. N. I. (2022). Penyuluhan ke Orangtua Mengenai Dampak dan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Dini. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1), 71. https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.6818
Rahmawati, A., Rosdiana, D., & Novitasari, D. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru: Narrative Literature Review. Journal of Information Systems and Management, 2(3), 41–48. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i3.319
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendi (ed.); 1st ed.). Cipta Media Nusantara.
Rantauwati, H. S. (2020). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sd. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 116–130. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30951
Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374–383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106
Uçar, R., & İpek, C. (2019). The Relationship Between High School Teachers’ Perceptions of Organizational Culture and Motivation. Journal of Education and Training Studies, 7(7), 102. https://doi.org/10.11114/jets.v7i7.4198
Wahyudin, W., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Al-Isra Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. As-Sabiqun, 4(3), 682–694. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1987
Wira, I. A. D., & Trisdyani, N. L. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Sekolah Insan Prestasi School. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v1i2.927
Yenti, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) : Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9814–9819. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2238
Refbacks
- There are currently no refbacks.