- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh E-modul Bermain Peran terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak di TK
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5572Keywords:
e-modul bermain peran, kemampuan berkomunikasi, anak ditaman kanak kanakAbstract
Anak mampu menjalin hubungan dengan temannya mengembangkan kepercayaan diri anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-modul bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi anak usia 5-6 tahun penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method menggunakan design explanatory research. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket, wawancara dan dokumentasi.sampel penelitian ini adalah 15 orang anak, analisis data kuanitatif menunjukkan bahwa variabel berdistribusi normal, reliabel, serta linear, maka e-modul bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan persenase anak yang mampu berkomunikasi dengan baik bahwa e-modul bermain peran terhadap kemampuan berkomunikasi sebanyak 10,2% analisis kualiatif menunjukkan bahwa e-modul bermain peran dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak. Berdasarkan analisis hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat diambil kesimpulan bahwa e-modul bermain peran berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi anak usia dini di taman kanak kanak.
Downloads
References
Afrianingsih, A. (2016). Komunikasi Positif Sebagai Sarana Untuk Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 17–26. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/589
Alucyana, A. (2018). Pendekatan Metode Bermain Peran Untuk Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2253
Anggraini, E. S. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 2502–7166. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/25783
Ardini, P. P. (2015). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905
Firdaus, A. J., Siregar, E. S. F., Pratiwi, T., & Sahputra, D. (2021). Peran Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Organisasi. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 3(2), 134–140. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v3i2.637
Handayani, M. (2016). Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 11(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/JIV.1101.8
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87
Manalu, G. M. (2014). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal INFORM. http://www.manuverzone.com/multimedia/mediaakuntansi/
Nurhafizah, N., & Kosnin, A. M. (2015). Implementasi Permainan Tradisional Indonesia Di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 85. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5249
Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852
Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153–159. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355